Kisah Kancil dan Monyet

0
24

Pada suatu hari. Matahari bersinar cerah, daun-daun berembun dan udara sejuk. Ada seekor kancil yang berjalan di dalam hutan yang hijau tersebut. si kancil sangat menikmati pemandangan indah yang ada di sekitarnya, tanpa disadari jika ia kelaparan.

Kancil merasa perutnya lapar dan terdengar bunyi kyuk,kyuk,kyuuk”. rupanya si kancil belum makan pagi.

“Aduuuh lapar bangett… kemana aku harus cari makanan,,,kemana?. aku sedang malas cara makanan.” ujar si kancil.

tiba-tiba si kancil melihat rumah monyet. “Wah itu ada rumah monyet, coba aja aku kesana siapa tau ada makanan”.

Si kancil bergegas menggerakkan kakinya dan berjalan menuju rumah monyet dengan harapan ada makanan dirumah monyet.

Ketika tiba di rumah monyet, si kancil mengetuk pintu “Tookkk, tookkk, tokk,, halo apakah ada monyet di dalam ?”

“Siapa diluar?”, ganggu orang lagi sakit aja”. jawab si monyet.

Setelah pintu terbuka, si kancil menjumpai monyet yang lagi sakit.

“Ada apa kau kesini kancil?. tumben banget”. tanya si monyet.

“Aku butuh makanan, apakah kau punya makanan pisang monyet?” jawab si kancil.

Si monyet belum menjawab, si kancil udah duluan melihat ke arah meja makan, disana terdapat tiga buah pisang matang berwarna kuning.

Kancil segera menuju ke arah meja makan tersebut dan mengambil pisangnya. “tapiii….tunggu dulu kancil…” sergah si monyet.

“apa ? kamu cari pisang lagi aja monyet, kamu kan pintar memanjat, saya sudah tidak punya tenaga untuk mencari makanan. jadi kasihanilah saya monyet.” jawab si kancil.

“tapi itu buat makan pagi, siang dan malam kancil, hari ini saya sedang sakit, jadi tidak bisa mencari makanan.” jelas si Monyet.

Tapi dasar kancil yang licik, dia makan pisang tersebut dan hanya menyisakan satu pisang untuk si monyet. dia mengupas kulit pisang lalu memakan pisangnya dan membuang kulitnya sembarangan di depan rumah monyet. Dan tidak berapa lama kemudian terdengar suara si kancil “aduuhh monyet,, aduh,,, sakit,”.
Rupanya Kancil terpeleset oleh kulit pisang yang dia lempar di depan rumah lalu si kancil terjatuh dan menggelinding masuk ke dalam parit yang airnya sangat dingin pagi itu.

“Brrr, brrrr dingin sekali air ini. sudah jatuh tertimpa tangga pula”. kancil meratapi nasibnya setelah merebut pisang milik si monyet.

Melihat kejadian tersebut si monyet tertawa puas, “wkwkwk,, makan tuh ncil, makanya jadi orang jangan serakah, itu tuh akibatnya”.

Akhirnya si kancil pun pergi dengan muka yang malu dan tubuh yang basah.

Hikmah dari cerita ini adalah sebagai manusia tidak boleh serakah dan tidak boleh nakal kepada teman kita, apalagi teman kita sedang sakit. semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here