Kisah Dua Ekor Kambing

0
93

Pada suatu ketika, Hiduplah dua ekor kambing yaitu kambing hitam dan kambing putih yang sangat sederhana di sebuah pegunungan di kota kecil di negara Brazil. Kedua kambing tersebut tak pernah hidup dengan damai dan keduanya tak bisa rukun. Kedua kambing tersebut memiliki gengsi yang sangat tinggi.

Di suatu pagi yang cerah seekor kambing hitam berjalan untuk mencari makan, di perjalanan ia bertemu dengan kambing putih dan menyapa dengan lembut “Halloo,, selamat pagi kawan”. Namun kambing putih cuek dan mengabaikannya. Merasa dicuekin si kambing hitam lantas pergi meninggalkan kambing putih untuk segera mencari makan.

Hingga suatu saat kambing putih dan kambing hitam berjalan dengan gagahnya dari arah yang berlawanan di jalan setapak di sebuah pegunungan yang curam, Di sebelah kiri terdapat jurang yang dalam dan di sebelah kanan ada sebuah sungai yang airnya sangat deras. mereka ingin ke tempat tujuan masing-masing, si kambing putih ingin mencari makan, sementara si kambing hitam ingin mencari anaknya. Karena jalan tersebut sangat sempit dan hanya bisa di lalui oleh satu kambing, jadi harus ada salah satu kambing yang mengalah.

Namun mereka berdua tidak mau mengalah, “Hey Mundur, dong! Aku mau lewat situ, aku ingin mencari makan, aku sudah sangat lapar.” ucap si kambing putih.

“tidak bisa, kau yang mundur duluan, aku ingin segera bertemu anakku”, ujar si kambing hitam.

Tiba-tiba di hadapan mereka ada sebuah pohon yang jatuh, sehingga jalan setapak tersebut tertutup pohon. Kedua kambing itu bingung.

“Waduh bagaimana ini.? Kalau seperti ini aku gak bisa bertemu dengan anakku”, Ucap si kambing hitam.

“Kalau seperti ini aku juga tidak bisa mencari makan, padahal aku sangat lapar sekali”. ucap si kambing putih.

Karena merasa gengsi dan tidak ada yang mau mengalah untuk mundur, Akhirnya kedua kambing tersebut berusaha untuk berjalan melewati jalan setapak dan melewati pohon yang menghalangi itu secara bersamaan. Mengingat jalannya yang sangat sempit dan tidak mungkin di lewati oleh dua ekor kambing secara bersamaan. maka terjadilah saling senggol di antara kambing putih dan kambing hitam.

Akhirnya si kambing putih yang berjalan dari arah timur terjatuh ke kiri dan jatuh ke dalam jurang yang sangat dalam, sementara si kambing hitam jatuh ke dalam sungai yang aliran sungainya sangat deras.

Hikmah dari cerita ini adalah Lebih baik mengalah untuk kebaikan, daripada keras kepala namun berujung pahit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here