Kisah Buaya yang Serakah

0
14

Pada suatu hari, di pinggiran sungai hiduplah seekor buaya tua, ia hidup sebatang kara karena semua keluarganya sudah mati. Suatu ketika buaya tersebut kelaparan, “Aduh, aku lapar sekali. perutku jadi sakit..”. ujar buaya.

Ternyata sudah empat hari Buaya itu belum makan, perutnya sangat keroncongan. Mau tidak mau hari ini ia harus makan sebab kalau tidak bisa-bisa ia akan mati kelaparan. “Bagaimanapun juga hari ini aku harus makan, aku akan mencari mangsa yang bisa membuatku kenyang, hhahha.” ujar buaya ambisius.

Kemudian Buaya itu segera masuk ke dalam Sungai untuk mencari makan, ia berenang perlahan-lahan menyusuri sungai tersebut. Tiba-tiba Buaya itu melihat dua ekor bebek yang juga sedang berenang di sungai, Bebek itu tahu kalo dia sedang diawasi oleh sang Buaya, dia segera menepi.

“Coba lihat itu, ada buaya sedang melirik ke kita”, gumam bebek. “Iya, ayo sebaiknya kita menghindar biar tidak di mangsa buaya”, ujar bebek yang satunya.

Melihat mangsanya akan kabur Buaya segera mengejar, dengan kecepatannya akhirnya Bebek pun tertangkap.

“Hahahaha.. Mau kemana kau bebek? Aku ku mangsa kau hari ini.”. ujar buaya.

“Ampun Buaya,,, ampun, tolong jangan makan aku, dagingku sangat sedikit, kenapa kamu tidak memangsa kambing saja di dalam hutan, Kambing itu segar dan pasti dagingnya lebih banyak dari aku. ” ucap bebek seraya menangis ketakutan.

“Baiklah, sekarang kau antar aku ke tempat persembunyian Kambing-kambing itu,” perintah buaya dengan mengepakkan ekornya.

“Ok, baiklah, mari kami antar”. ujar bebek.

Sang buaya dan dua ekor bebek pun pergi mencari kambing. Berada tidak jauh dari sungai itu ada lapangan hijau tempat Kambing biasa mencari makan, dan benar saja di sana ada banyak Kambing yang sedang lahap memakan rumput.

“Pergi sana kau bebek, aku mau memangsa Kambing saja,”Ucap buaya. Bebek yang merasa senang, kemudian berlari dengan cepat untuk kembali ke sungai.

Melihat sang kambing, buaya langsung mencengkeram kaki kambing, “Tolong, tolong,, jangan makan aku buaya, dagingku tidak banyak, aku juga masih kecil, lebih baik kamu makan gajah saja yang dagingnya lebih banyak, aku bisa mengantarkan kamu ke sana”.Ucap kambing sambil menangis ketakutan.

Buaya pun tidak jadi memakan kambing, ia mengajak anak kambing untuk menemui gajah. “Ok, kalau begitu segera antarkan aku ke sana!”

Si anak kambing mengantar buaya ke tepi danau yang luas. Ternyata di sana ada anak Gajah yang besar. Buaya langsung mengejar dan menggigit anak gajah itu, walaupun badannya besar dan dagingnya banyak, namun karena kulit gajah tersebut tebal jadi buaya tidak bisa melukainya.

Buaya terus berusaha untuk menjatuhkan anak Gajah itu, tapi sayang tetap tidak bisa. kemudian anak gajah tersebut berteriak minta tolong pada orang tuanya, “Tolong,, tolong ada buaya mau memangsa saya”.

Mendengar teriakan anaknya, sekumpulan Gajah mendatangi dan menginjak Buaya itu sampai tidak bisa bernafas, Buaya itu berusaha melawan, tapi tidak bisa karena ukuran orang tua Gajah itu sangat besar, di tambah sang buaya juga lemas karena belum makan selama empat hari. Akhirnya Buaya itu kehabisan tenaga dan mati.

Hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil dari cerita ini adalah kalau kita sudah menerima apapun meskipun kecil atau meskipun sedikit berterima kasihlah dan bersyukurlah dengan apa yang sudah kita dapat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here