Kehidupan Kita Sebelum dan Sesudah 30 Tahun

0
22

Dari kamu masih berusia dalam hitungan hari sampai sekarang, kamu pasti pernah mengalami berbagai fase kehidupan. Dari fase nggak bisa apa-apa sampai fase kamu bisa kemana-mana sendiri.

Tapi, kamu pasti bisa merasakan bedanya saat kamu masih berusia 20-an dengan setelah melewati fase umur 30-an. Baik nggak disadari atau disadari, kamu pasti akan bertemu dengan fase berikut ini.

Seperti apa?

Yuk simak yuk!

1. Masa Muda

Masa muda sebelum berusia 30 tahun, kita akan cenderung bersikap sesuka hati. Seperti misalnya, kamu dan pacarmu yang nggak merasa risih saat bermesraan di tempat umum. Meski sikap itu membuat orang-orang yang melihatmu jadi nggak nyaman, tapi kamu tetap cuek bebek, karena menurutmu ini adalah hidupmu.

Berbeda saat kamu udah berusia 30 tahun, saat kamu melihat orang pacaran yang bermesraan di tempat umum, kamu akan merasa bahwa sikap orang pacaran itu memalukan dan bikin kamu enek, serta merasa bahwa selagi muda seharusnya lebih bisa menjaga sikap.

Duuuh, nggak inget dulu waktu muda juga begitu. 😀

2. Metabolisme

Sebelum kamu berusia 30 tahun, kamu akan merasa tubuhmu akan tetap ramping karena metabolisme tubuh masih bagus. Hal itu jadi membuatmu merasa bebas makan sebanyak apa yang kamu mau.

Berbeda saat kamu kamu sudah memasuki usia 30 tahun, kamu baru menyadari kalau metabolisme tubuhmu makin melambat dan mulai sadar kalau kamu udah nggak bisa makan sebanyak yang kamu mau lagi. Karena jika memaksakan, akibatnya baju-baju yang kamu punya jadi makin sempit saat dikenakan.

Makanya, banyak saran kalau masih muda harus melakukan banyak hal positif kayak olahraga, ya salah satu alasannya karena ini.

3. Definisi kata ‘terlambat’

Sebelum kamu berumur 30 tahun, ‘terlambat’ adalah saat kamu pulang terlalu malam.

Lain cerita kalau udah 30 tahun, kamu akan memiliki definisi kata ‘terlambat’ yang berbeda, ‘terlambat’ adalah saat kamu tidur kemaleman.
Makin dewasa, artinya makin bergeser ya. 😀

4. Isi chat dengan suami/istri

Sebelum berumur 30 tahun, isi chat-mu dengan suami atau istrimu akan berisi kalimat-kalimat romantis.

Berbeda saat umurmu sudah 30 tahun lebih, isi chat-mu hanya akan berisi pesan-pesan penting seperti daftar belanjaan.

Fase ini kayaknya emang hampir akan selalu dialami semua orang, ya nggak sih?

5. Aktivitas sore hari

Sebelum kamu berusia 30 tahun, aktivitasmu di sore hari bisa seputar persiapan hang out bareng temen-temenmu, kayak dandan maksimal dan berpikir “penampilanku harus oke”

Namun saat kamu sudah melewati umur 30 tahun, kamu akan mulai merasa lebih nyaman enggak keluar rumah dan memilih untuk membersihkan diri dan istirahat di rumah, karena merasa aktivitasmu selama seharian penuh sudah cukup membuatmu lelah.

6. Pendapat orang lain

Sebelum umurmu menginjak usia 30 tahun, kamu akan sangat memikirkan pendapat orang lain padamu. Dan membuatmu merasa bahwa hidupmu sangat menyebalkan.

Berbeda saat usiamu udah 30-an lebih, kamu mulai bisa bersikap dewasa dan berpikir bahwa orang lain bebas mengeluarkan pendapat mereka, meski pendapat mereka bisa dibilang cukup menyakitkan untukmu. Tapi, pola pikirmu yang makin dewasa mulai memahami bahwa kamu juga punya hak untuk nggak peduli dengan opini-opini tersebut, dan menurutmu menghabiskan waktu memikirkan pendapat orang lain sangat membuang waktu dan menyakiti diri sendiri.

Yeah, emang bener sih, kan kita nggak bisa menyenangkan hati semua orang.

7. Sikap untuk menjadi dewasa

Menua itu pasti, tapi dewasa adalah pilihan. Kamu pasti sering denger kalimat ini. Tapi kebanyakan orang sebelum berumur 30 tahun, masih berpikir bahwa dewasa adalah menjadi tua dan membuat mereka jadi takut jadi tua.

Namun, saat kamu mulai memasuki usia kepala tiga, pola pikirmu akan berubah, dan merasa bahwa hidup yang sebenarnya dimulai dari umur 30 tahun. Dan kamu juga merasa bahwa itu bukan masalah.

8. Jumlah teman

Di fase sebelum berumur 30 tahun, kamu memiliki banyak teman. Bahkan, saking banyaknya kamu sampai susah mengatur jadwal kumpul bareng mereka.

Namun, seiring berjalannya waktu, teman-temanmu akan berkurang dan kamu mulai sadar saat usiamu sudah 30 tahun, kamu mulai menyadari kalau kamu nggak butuh banyak teman yang datang hanya untuk sekedar kenal dan senang-senang. Buatmu, 2-3 teman sudah cukup asal mereka baik dan nggak menghilang seperti yang lainnya.

9. Jalan-jalan

Sebelum berumur 30 tahun, biasanya kita melepaskan penat dengan jalan-jalan. Nah, dari kegiatan ini biasanya kita seneng banget traveling bareng teman dan mencari tempat menginap yang murah, buatmu, nggak masalah tempat nginepnya murah, asal bisa seneng-seneng bareng temen-temen dan bikin kamu lupa sama penatmu, itu oke-oke aja.

Berbeda, saat kamu sudah berusia 30 tahun lebih, kamu akan menemukan fase dimana kalau mau jalan-jalan nggak harus selalu bareng temen-temenmu, kalau bisa sendiri kenapa enggak? Dan kalau kamu merasa punya uang cukup untuk nginep di tempat yang mahal asal kamu nyaman, juga kenapa nggak. Di saat itu, kamu mulai memasuki fase bahwa ini adalah hidupmu, kamu yang pegang kendali atas hidupmu.

Nah, itulah, 9 perbedaan kehidupan kita sebelum berusia 30 tahun dan sesudah 30 tahun. Kalau kamu udah melewati fase yang mana nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here