Katak dan Tikus

0
26

Pada suatu hari, hiduplah seekor katak yang bahagia, katak tersebut hidup sebatang kara karena semua keluarganya sudah tidak ada. Katak tersebut tinggal di sebuah lubang kecil berair di dekat sebuah kolam di persawahan yang airnya berwarna hijau. Suatu ketika pada siang hari katak tersebut lapar dan ingin mencari makanan.

“Aduh Lapar nih, aku cari makan dulu ah,”, Ujar si katak.

Ketika katak tersebut keluar mencari makanan, kemudian ada seekor tikus muda yang sedang mencari petualangan baru, tikus muda tersebut berjalan menyusuri pinggiran kolam di mana di kolam tersebut ada seekor katak. Si tikus muda tersebut akhirnya bertemu dengan katak, keduanya saling menyapa.

“Hey katak, sedang apa kau disitu.?. tanya si tikus.

“Sedang mencari makan siang.”. jawab katak.

Tiba-tiba si katak tersebut mendekati tikus, dan berkata, “Maukah kau berteman dengan ku?, aku jamin kau akan senang dan menemukan pengalaman baru.”

Mendapat tawaran dari si katak, sang Tikus tidak berpikir panjang lagi, karena dia sangat ingin berpetualang ke seluruh dunia dan melihat segala sesuatu dari penjuru dunia. sang tikus ingin menjelajahi dunia di perairan, ia ingin melihat dunia air, tapi ia sadar ia tidak memiliki kemampuan berenang yang baik seperti katak. kemudian ia meminta bantuan kepada sang si katak, “Hey katak, aku ingin kau menjadi pendamping ku untuk berenang di dalam kolam”.

Si katak mengiyakan,kemudian si katak berpikir bagaimana agar si tikus tidak lepas dari jangkauan si katak saat berenang nanti dan menjamin agar si tikus tetap bersamanya, akhirnya dia mengikat kaki tikus tersebut ke kakinya sendiri dengan seutas tali. Lalu dia melompat ke dalam kolam, sambil menarik tikus yang bodoh itu. Akhirnya sang tikus dan si katak berenang bersama-sama.

Sang tikus yang terbawa-bawa berenang bersama katak akhirnya merasa cukup dan ingin kembali ke pinggiran kolam, tetapi si Katak yang jahat memiliki rencana lain. Dia kemudian menarik sang Tikus masuk ke dalam air dan menenggelamkannya hingga tikus mati. Kemudian si katak berusaha menuju ke pinggiran kolam dan melepaskan tali yang terikat dengan tikus.

Namun, sebelum katak sempat melepaskan seutas tali yang mengikat dengan tikus yang sudah mati tersebut, seekor burung elang terbang menyambar ke bawah, menangkap tikus dan membawanya pergi, bersama dengan sang Katak yang tergantung-gantung pada kaki tikus. Saat itulah, Sang Elang sadar bahwa dengan sekali sambar mampu mendapatkan dua makanan sekaligus.

Hikmah dari cerita ini adalah janganlah menyakiti dan berbuat jahat kepada orang lain. karena jika hal itu dilakukan akan berakibat celaka bagi dirinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here