Kalian Harus Tahu Bahwa 7 Fakta dari Planet Mars Ini Mirip dengan Bumi

0
82
Source : https://science.howstuffworks.com

Dalam sistem Tata Surya, planet Bumi dan Mars adalah tetangga yang sebenarnya mempunyai banyak kesesuaian satu sama lain. Meskipun sudah di anggap demikian, tetap saja kita harus menyadari secara pasti bahwa dunia masih perlu melakukan lebih banyak penelitian terkait dengan planet Mars. Untuk apa? Ini bertujuan supaya pengetahuan dan klarifikasi menjadi semakin bertambah.

Nah, berkat adanya penelitian yang sudah di lakukan, kini kita semua bisa melihat penjelasan secara langsung mengenai 7 fakta dari planet Mars yang memiliki kemiripan dengan bumi. Wow! Apa saja sih kemiripannya? Kalau sudah penasaran, lihat langsung di bawah ya!

1. Memiliki 4 Musim

Source : http://redplanet.asu.edu

Seperti planet Bumi, planet Mars pun menerapkan sistem 4 musim. Bedanya, kalau kita melihat bahwa musim di bumi berlangsung sekitar 3 bulan, di Mars kita bisa memperhatikannya selama berbulan-bulan berikutnya. Dengan kata lain, musim yang berada di Mars tersebut bisa bertahan lebih dari 3 bulan dan semuanya itu bergantung pada letak permukaan.

Contoh, jumlah hari dalam 1 tahun di Mars kan sekitar 687 hari. Nah, selama hari-hari tersebut berlangsung, bagian utara dari permukaan Mars bisa terkena 4 musim dengan jangka waktu sebagai berikut.

Panas : +/- 6 bulan.
Dingin : +/- 4 bulan.
Gugur : +/- 5 bulan.
Semi : +/- 7 bulan.

2. Mengalami Fenomena Aurora

Source : http://blogs.discovermagazine.com

Kalau kita menganggap bahwa cahaya aurora yang terdapat di belahan planet Bumi yang lain itu spesial, ternyata planet Mars juga memilikinya lho! Hanya saja, jika kita sedang berada dalam permukaan Mars, kita tidak akan melihat apapun. Mengapa? Karena aurora di Mars mengeluarkan cahaya UV yang terkenal tidak kasat mata sehingga hanya bisa terlihat oleh alat khusus.

3. Terdapat Kandungan Air

Source : https://www.nasa.gov

Tahun 2008, NASA sukses menemukan aliran air di permukaan Mars. Air tersebut hanya mengalir di musim panas dan akan membeku pada saat musim dingin tiba. Teman-teman, perlu kita ketahui bahwa musim panas yang terjadi di permukaan Mars jauh lebih dingin di bandingkan dengan musim panas yang terjadi dalam planet Bumi karena suhu yang mencapai -23 derajat Celcius.

Lalu, bagaimana air bisa mengalir di musim panas dengan suhu sedingin itu? Para ahli masih memperdebatkannya dan mengeluarkan salah satu teori bahwa air Mars tersebut mempunyai kandungan garam yang tinggi sehingga bisa mencair di saat tertentu.

4. Ideal untuk di Tinggali Makhluk Hidup

Source : https://www.express.co.uk

Salah satu ide yang paling ambisius dalam sejarah manusia adalah mendirikan tempat tinggal dan hidup di planet Mars. Nah, kenapa sejumlah pihak tertentu bisa berpikir untuk berbuat demikian? Karena planet Mars memang merupakan satu-satunya planet di Tata Surya kita yang ideal untuk di tempati meskipun masih ada kekurangan dan perbedaannya sehingga seluruh peneliti harus memutar otak.

5. Tumbuhan Bisa Bertumbuh di Sana

Source : https://www.myrecipes.com

NASA mengklaim bahwa kita bisa menumbuhkan tanaman di planet Mars. Melalui kerja sama dengan sebuah organisasi kentang internasional di Peru, NASA berhasil menanam kentang dalam sebuah kotak khusus yang bertujuan untuk menggambarkan iklim keras di Mars meskipun pada akhirnya terbukti bahwa hasil dari eksperimen tersebut masih di anggap tidak menentu sehingga para peneliti harus mempelajarinya kembali.

6. Mendapatkan Perhatian Signifikan dari Para Ahli

Source : https://science.howstuffworks.com

Seperti penjelasan sebelumnya, para ahli dari berbagai belahan dunia turut mengamati perkembangan dalam penelitian terkait dengan Mars karena selain keindahannya, mereka pun memperhatikan potensi kehidupan di dalamnya dengan harapan bahwa suatu saat nanti manusia benar-benar pergi dan melakukan sesuatu di sana. Tidak ada yang tidak mungkin, bukan?

7. Lama 1 Hari di Mars Tidak Jauh Berbeda dengan Lama 1 Hari di Bumi

Source : https://www.washingtonpost.com

Di planet Bumi, kita mengalami waktu sebanyak 24 jam dalam 1 hari. Sedangkan Mars, apabila kita bisa tinggal di dalamnya suatu saat, kita akan mengalami waktu sebanyak 24 jam 40 menit. Wah, kebetulan atau bukan nih? Bedanya tidak terlalu jauh lho!

 

Demikianlah informasi mengenai 7 fakta terkait dengan planet Mars yang mempunyai kemiripan dengan planet Bumi. Semoga bermanfaat bagi kalian semua! Silakan bagikan dan berikan masukan apabila ada yang harus di perbaiki ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here