John Terry Beberkan Rahasia Kesuksesannya Menjadi Kapten Tim. Ini 7 Resepnya!

0
177

John Terry pemain bola yang terkenal karena kepemimpinan luar biasa. Terlepas dari segala kontroversi yang sering dibuatnya, kepemimpinan dari bek ini memang sangat terasa oleh para penggawa Chelsea. Tetapi tahukah anda bahwa kesuksesan Terry sebagai pemimpin tidak didapat secara Cuma Cuma.

Menurut Terry, terdapat sebuah rahasia tersendiri yang membuat ia berhasil meraih kesuksesan besar. Berikut resep kepemimpinan ala john terry yang mungkin bisa berguna bagi anda.

1. Mendapatkan Hormat

Ada perbedaan antara mendapatkan dengan mencari. Terry sangat menekankan bahwa rasa hormat bukan lah suatu hal yang perlu dicari oleh seorang pemimpin. Tetapi, seorang pemimpin yang hebat akan bisa mendapatkan rasa hormat secara natural.

Jika seseorang menekankan kepada orang lain bahwa mereka harus hormat pada orang tersebut, rasa hormat mungkin saja didapatkan. Tetapi, rasa hormat yang didapatkan dengan cara tersebut tidak akan bergabung dengan respect yang akan bisa menjadi awal dari persatuan.

2. Bersikap Jujur

Dalam sebuah tim sepakbola, kejujuran memang sangat lah perlu dimiliki oleh keseluruhan tim. Ketika kejujuran tidak ada, segala hal yang dibicarakan akan terkesan datar dan perkembangan tim pun tidak akan pernah terjadi.

Hal inilah yang menurut Terry perlu dihindari. Jika seseorang berkata Jujur, mungkin akan ada kata kata yang tidak diinginkan keluar. Tetapi, kata kata seperti itu lah yang seharusnya perlu dikeluarkan karena awal dari kesuksesan tim berada pada pendapat yang diaplikasikan di dunia nyata.

3. Pahamilah Rekan

Menurut Terry, seorang pemimpin tidak bisa memperlakukan setiap orang dengan cara yang sama. Dengan memahami rekan, seorang pemimpin akan lebih tau tentang cara terbaik untuk mengatasi pemasalahan dari rekan tersebut. Sebagai contoh, bisa dilihat ketika terry harus melakukan kritik pada 2 orang berbeda.

Menurutnya, ada beberapa orang yang akan menerima dengan kritikan langsung. Tetapi, hal tersebut tidak bisa dilakukan pada sebagian yang lain. Ketahuilah bahwa ada beberapa orang yang akan terpuruk ketika mendapatkan kritikan di depan orang banyak. untuk itu, perlakukan berbeda tentulah perlu dilakukan pada orang orang dengan karakteristik seperti itu.

4. Teladan Bagi Pemain Muda

Seorang pemain muda memang membutuhkan teladan sempurna dengan menjadi pribadi lebih baik. Hal ini merupakan poin kepemimpinan yang sangat ditekankan oleh John Terry. Seorang pemain muda membutuhkan teladan karena potensi maksimal nya hanya akan bisa muncul ketika pemain tersebut memiliki teladan dengan pemahaman yang sempurna.
Hal inilah yang menurut terry merupakan tugas utama dari seorang pemimpin. Berilah pengertian pada mereka dan yang paling utama, berikan lah pemahaman bahwa ketegangan ketika bermain bola merupakan sebuah hal wajar.

5. Tenang dan Patuh

Hal inilah yang sering kali tidak dilakukan oleh para pesepakbola. Ketika tim dalam kondisi kalah, seluruh isi tim akan semraut dan konsentrasi pun akan mulai terpecah.
Merupakan tugas utama seorang kapten untuk membuat pemain lain menjadi lebih tenang ketika dalam kondisi tertekan. Selain itu, patuh kepada perkataan pelatih juga merupakan suatu bukti kepercayaan bahwa pelatih memang akan selalu memberikan instruksi terbaik.

6. Semangat Sampai Akhir

Hal inilah yang sering kali menjadi kesalahan utama dari seorang pesepakbola. Ketika skor telah menunjukkan kemenangan hingga 5-0, para pesepakbola akan bermain lebih santai dan malas.

Hal tersebut juga akan berlaku ketika sedang tertinggal dalam kondisi jauh karena merasa bahwa tidak akan berguna lagi walaupun melakukan segala hal. Oleh karena itu, Terry mengatakan bahwa seorang pemimpin perlu menekankan kepada anggotanya untuk berjuang sampai akhir karena tidak ada yang tidak mungkin dalam sepakbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here