Jangan Simpan 5 Jenis Makanan Ini di Kulkas Karena Nutrisinya Bisa Hilang!

0
70
sorce: https://satujam.com/menata-isi-kulkas/

Semua orang tahu dan punya kulkas di rumah bahkan sengaja disediakan di tempat kerja ataupun kostan, tentunya memilih yang kapasitas atau ukuranya sesuai. Kulkas ini memang menjadi salah satu perabot rumah tangga yang punya peran penting sebagai tempat menyimpan makanan, baik yang mentah maupun yang matang. Suhu dingin di dalamnya mampu mencegah bakteri untuk berkembang sehingga kesegaran makanan terjaga lebih lama.

Eits, tapi kamu jangan berpikir bisa menyimpan makanan sampai berbulan-bulan sebab kulkas tidak berfungsi membuat makanan abadi. Hanya mempertahankan kesegaranya lebih lama sehingga perlahan kesegaranya pun akan hilang hanya lebih lama dibanding saat disimpan di suhu ruang. Fakta menarik lainya adalah tak semua makanan sampai bumbu cukup baik disimpan di perangkat dingin ini.

Rupanya ada beberapa makanan berikut yang baiknya tidak kamu simpan di kulkas atau nutrisi di dalamnya akan hilang.

1. Semua jenis roti
Roti adalah jenis makanan yang pasti kamu sediakan di rumah, soalnya bisa dibuat sarapan praktis misal cukup dioles mentega atau ditutup dengan telur ceplok. Bisa juga roti isi yang bisa dijadikan kudapan atau menu utama pengganti nasi. Walhasil stock roti kamu yang jenisnya beragam cukup banyak dan dijamin kamu simpan di kulkas.

Kebiasaan ini ternyata perlu diubah sebab semua jenis roti ini ternyata saat ditaruh kulkas malah menjadi lembek dan rasanya tidak sedap. Kamu akan merasa makan makanan yang rasanya sama persis dengan air tawar, selain itu juga membuatnya kering dan cenderung agak keras.

2. Kentang yang baiknya disimpan di luar kulkas
Yang menjalankan diet dijamin berusaha mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain yang lebih rendah gula maupun kalori. Salah satu pilihanya adalah kentang kemudian kamu membeli kentang dalam jumlah banyak sebagai persediaan. Seringnya kentang ini disimpan di dalam kulkas, namun tahukah kamu kentang justru menjadi rusak?

Menurut sebuah penelitian kentang ini jika berada di tempat yang suhunya dingin maka pati di dalamnya akan terpecah. Sehingga kentang ini akan memiliki rasa lebih manis ditambah teksturnya akan berpasir. Bagaimana dengan nutrisinya? Jika sudah berpasir cukup parah dipastikan kandungan nutrisinya sudah banyak berkurang. Maka simpan di suhu ruang saja meski lama dijamin tidak akan rusak namun buang kentang yang kulitnya muncul warna hijau.

3. Bawang bombay yang mudah busuk
Bawang bombay merupakan jenis bawang dengan aroma tajam yang rasanya sedap dan aromanya pun nikmat. Sering dipakai untuk bumbu tumisan maupun menu lain, bahkan dikonsumsi langsung atau digoreng deep fry usai dibalut dengan adonan tepung. Stock bawang bombay di rumah pasti lumayan namun jangan simpan di kulkas ya. Sebab malah akan lembek dan akhirnya berjamur sehingga cepat rusak dibanding disimpan di suhu ruang.

4. Tomat karena cepat kusam dan lembek
Tomat juga menjadi sayuran buah yang banyak diminati karena bisa dimasukan sebagai bumbu masakan apapun. Selain itu bisa dibuat jus, dimakan langsung, maupun sekedar dijadikan garnish dalam sajian. Namun stock tomat yang kamu punya baiknya simpan di wadah tertutup di suhu ruang. Kalau disimpan di kulkas nanti cepat kusam dan lembek alias busuk sehingga kualitas rasa maupun nutrisinya berkurang.

5. Madu karena bisa mengkristal dan memadat
Semua orang suka mengkonsumsi madu bahkan mencoba rutin minimal satu sendok makan setiap pagi. Bisa diminum begitu saja usai dituang ke sendok ataupun dilarutkan bersama minuman hangat yang dibuat sebagai teman sarapan. Rupanya persediaan madu kamu pun baiknya tidak disimpan di kulkas kalau tidak mau melihatnya menjadi padat karena mengkristal.

Madu baiknya disimpan dalam botol ataupun wadah tertutup lainya kemudian diletakan di suhu ruang. Nantinya bisa menjaga mempertahankan tekstur madu asli yakni agak kental dan warna jernih keemasan dengan rasa yang manis sedap. Kalau sudah mengkristal maka kualitas rasa dari madu ini ikut berubah, cenderung menjadi tidak enak.

Menyimpan makanan apapun bahkan bumbu memang lebih nyaman jika dimasukan ke kulkas sehingga aman dari hewan rumahan seperti kecoak, tikus, dan sebagainya. Namun kenali bahan makanan yang tidak baik ditaruh kulkas karena cepat rusak atau nutrisinya menguap begitu saja. Solusi agar aman sekaligus awet meski disimpan di suhu ruang adalah memasukanya ke dalam wadah kedap udara. jadi pastikan wadahnya tertutup rapat supaya tetap awet dan aman dari gangguan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here