Jadi Pengangguran Bukan Beban Jika Kamu Melakukan Hal Berguna Ini!

0
76

Lulus dari kuliah membuatmu ingin cepat dapat pekerjaan agar bisa menghasilkan uang dan membantu kebutuhaan hidup keluarga. Tapi apa daya, mencari pekerjaan zaman sekarang memang agak susah karena semakin sempitnya lapangan kerja sedangkan lulusan mahasiswa semakin tahun semakin bertambah. Jadi pengangguran bukan berarti Kamu bisa malas-malasan dan tidak melakukan apapun di rumah. Berikut adalah tips – tips Pengangguran Sukses ala Lucubux

Bangun pagi-pagi dan berolahraga

Menganggur bukan alasan untuk bermalas-malasan apalagi sampai molor bangun siang. Bangunlah pagi-pagi dan rasakan udara sejuk sambil berolahraga, misalnya jogging tau bersepeda. Setelah itu, bantulah pekerjaan rumah dan lakukan aktivitas sehari-hari tanpa mengeluh. Bangun lebih pagi akan membantu membuka pikiranmu untuk lebih siap menghadapi hari, atau merencanakan ide-ide baru dalam mencari pekerjaan.

Jadi freelancer

Meski masih berstatus sebagai pengangguran, bukan berarti Kamu hanya duduk diam tanpa menghasilkan uang. Zaman sekarang banyak sekali dibutuhkan freelancer pada bidang-bidang tertentu, misalnya jadi kurir, ojek online, jadi reseller, jual pulsa, dan lain-lain. Meskipun belum berpenghasilan tetap, setidaknya Kamu mempunyai penghasilan minimal untuk makan, beli bensin dan ngisi kuota.

Menambah wawasan lewat media informasi

Setelah lulus kuliah, bukan berarti Kamu selesai untuk belajar. Pada kenyataannya fase tersebut sangat penting untuk Kamu belajar mengenai dunia kerja atau informasi lain yang mendukung bidang pekerjaanmu ke depannya. Nggak cuma sebatas informasi itu saja, Kamu bisa search berita terkini mengenai politik, sosial, atau ekonomi agar semakin menambah wawasan lain. Intinya, Kamu harus update informasi terkini supaya nggak kudet, siapa tahu ada yang menginspirasi dan memotivasi hidup Kamu.

Perdalam passion dan mencari hobi baru

Ketika nganggur dan nggak tahu harus melakukan apa, kini saatnya Kamu mendalami passion untuk mengasah skill agar lebih kompeten. Misalnya, Kamu ada passion dalam hal mendesain, coba perdalam lagi ilmunya dengan cara latihan atau sharing dengan para master yang sudah berpengalaman di bidangnya. Jika memungkinkan buka sendiri usaha jasa desain, kan lumayan dapat uang tambahan. Selain itu menemukan hobi baru yang lain juga bisa jadi pertimbangan, misalnya hobi fotografi juga bisa dimanfaatkan untuk jadi fotografer dadakan di acara nikahan atau event-event tertentu. Jadi terus gali potensimu ya, Sob!

Mencari relasi baru

Cobalah cari teman-teman baru dari komunitas di daerahmu untuk menambah relasi. Siapa tahu mereka menjadi perantara informasi yang Kamu butuhkan termasuk lowongan pekerjaan. Karena percaya atau nggak, semakin banyak relasi, koneksimu juga akan semakin luas dan nggak stuck di situ-situ saja.

Nikmati waktu berkumpul dengan keluarga

Ketika jadi pengangguran, jangan buru-buru sedih. Ini karena Tuhan selalu punya rencana yang lebih indah untuk Kamu, misalnya mungkin dengan mengaggur sementara, Kamu jadi bisa lebih dekat dengan keluarga terutama orang tuamu. Karena setelah bekerja, waktu untuk keluarga bisa dibilang nggak terlalu banyak. Bayangkan saja Kamu harus berangkat pagi-pagi dan baru pulang sore atau malam hari, sampai rumah sudah capek, langsung aja menuju kasur buat tidur. Nggak ada waktu deh buat ngobrol sama keluarga di rumah, belum lagi kalau jadi anak rantau nantinya.

Jalan-jalan

Jangan terlalu stress dengan beban hidup saat menganggur. Kamu juga berhak bahagia lho! Kenapa nggak coba memanjakan diri dengan melakukan hal-hal yang diinginkan nih, misalnya travelling atau jalan-jalan. Nggak harus jauh kok, bisa aja jalan-jalan ke tempat wisata yang nggak terlalu merogoh kocek dalam seperti wisata alam atau keliling kota. Ingat, pengangguran butuh mengatur keuangan dengan bjak ya agar nggak kelabakan waktu uang tabungans emakin hari semakin menipis sebelum ada pemasukan.

 

Nah, kegiatan-kegiatan di atas sangat berguna untuk mengisi masa hiatus alias mengganggur setelah resmi mencopot status mahasiswa. Siapa tahu tips tersebut bisa membuatmu lebih semangat lagi meskipun jadi pengangguran. Tenang, Kamu masih muda dan hidupmu masih panjang. Jadi pengangguran bukanlah akhir dari segalanya, masih banyak kesempatan mendapat pekerjaan yang lebih mapan. So, jangan patah semangat ya, Sob!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here