Inilah Alasan Mengapa Kamu Tak Boleh Ngecas HP di Tempat Umum

0
6

Jaman sekarang, kalau ditanya lebih serem mana antara baterai tinggal 10% dan ketemu mbak kunti, jawabannya pasti kebanyakan baterai tinggal 10%.

Hal itu bukan tanpa alasan sih, karena kebanyakan manusia jaman sekarang memang nggak bisa atau lebih tepatnya nggak bisa jauh-jauhan dengan yang namanya smartphone. Gimana bisa jauh ya gaes, kalau semuanya ada dalam genggaman. Dari komunikasi sama gebetan, shopping, hiburan, sampai mau bayar-bayar BPJS tinggal di tap-tap aja.

Oleh karena itu, kebanyakan dari kita nggak akan tahan kalau smartphone-nya mati gara-gara baterai yang habis. Baterai habis, itu artinya hiburan mereka mati. Makannya, sekarang, banyak banget yang selalu bawa charger, bahkan bisa dibilang charger adalah benda wajib yang harus dibawa kemana-mana. Alasannya sederhana, kita nggak mau smartphone kita kehabisan baterai.

Kita juga sering banget kan, melihat fenomena orang-orang yang panik saat HP mereka kehabisan baterai dan ribut cari tempat buat ngecas. Hal ini jelas dimanfaatkan oleh para pebisnis, khususnya pebisnis kuliner. Colokan menjadi salah satu fasilitas wajib yang harus mereka adakan untuk menarik customer. Bahkan ada lho, orang yang bilang “eh makan di resto A aja, disana colokannya banyak”, meski rasa makanannya biasa aja, asal ada colokan sepertinya bisa dimaafkan.

Hal itu nggak cuma disadari oleh para pebisnis kuliner, bahkan di tempat-tempat umum kayak stasiun, bank, dan kantor-kantor pemerintahan lainnya menyediakan tempat untuk ngecas HP.

Tapi, tahukah kamu kalau ngecas HP di tempat umum itu berbahaya?

Alasannya, si peretas sudah menginstal software khusus di public charging station atau tempat pengisian umum, lalu saat kalian menghubungkan HP ke USB, maka secara otomatis software khusus tadi terunggah ke HP.

Coba deh, perhatikan lagi, kebanyakan pengisi daya itu punya 4 pin, dan dari 4 pin itu hanya 1 yang digunakan untuk mentransfer energi ke HP kalian.

Sedangkan, 3 lainnya, untuk transfer data dan informasi.

Untuk smartphone keluaran terbaru bisa dikatakan cukup aman, karena biasanya sudah memiliki mode transfer data yang dinonaktifkan secara otomatis. Hanya saja, untuk para pengguna smartphone dengan versi android yang lebih lama rentan akan peretasan.

Waktu kita menyambungkan kabel ke komputer, akan muncul kotak dialog yang isinya menanyakan apakah kita harus mempercayai perangkat yang terhubung dengan HP kita, tapi sayangnya, kita nggak sadar kalau transfer data sudah dilakukan sesudah adanya koneksi.

Tahukah kalian saat HP kita terhubung dengan ke colokan yang nggak kita ketahui tingkat keamanannya, ada 2 risiko utama, yaitu:

Yang pertama ialah, adanya pencurian data yang dilakukan oleh penjahat dunia maya alias peretas. Si peretas akan menyerang dan mencuri data-data yang ada dalam smartphone-mu.

Setelah itu terjadi, ada kemungkinan mereka akan mengakses file dan aplikasi, informasi kartu kredit, kata sandi, dan informasi pribadi lainnya.

Berbekal data-data yang mereka curi, kemungkinan buruk lainnya yang akan menimpa kita adalah mereka bisa mendapatkan akses penuh ke akun keuangan kita.

Pastinya kalian nggak mau dong, udah nabung capek-capek, eh saldo dalam rekening ludes tanpa kita tahu penyebabnya.

Yang kedua, yaitu adanya pemasangan malware dan adware. Malware adalah software yang bisa mengkloning seluruh data yang dalam smartphone kita ke perangkat si peretas.

Adanya malware dalam smartphone kita, si peretas akan tahu pergerakan GPS, pembelian, aktivitas di medsos, foto, pesan dan panggilan telepon.

Sedangkan, adware adalah kondisi dimana kamu akan melihat iklan yang tidak kamu inginkan di setiap situs yang kamu kunjungi melalui smartphone.

Tentu, jenis risiko yang paling menakutkan adalah yang diunduh ke komputer, ketika kamu menyambungkan smartphone ke komputer.

Jadi, kesimpulannya, kalau kamu kehabisan baterai, jangan buru-buru langsung ngecas pakai kabel USB secara langsung di public charging station atau stasiun pengisian umum, gunakan charger alami bawaan dari smartphone, atau untuk lebih amannya, selalu bawa powerbank aja.

Demi keamanan pribadi, usahain deh untuk menghindari ngecas HP di tempat umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here