Ini Nih yang Digosipin Emak-Emak Kalau Lagi Kumpul Belanja Sayur

0
13

Nge-ghibah atau bergosip menjadi salah satu kegiatan yang sudah sangat melekat bahkan mendarah daging dalam diri manusia. Bahkan sampai ada yang mengatakan jika sehari nggak gosip, hidupnya terasa ada yang kurang.

Salah satu elemen masyarakat yang nggak bisa lepas dari kegiatan tersebut adalah ibu-ibu. Bagi kaum ibu-ibu bergosip adalah aktivitas wajib saat berkumpul, meskipun saat berkumpul itu adalah saat sedang merubung tukang sayur.

Kira-kira apa aja sih yang digosipin sama ibu-ibu kalau lagi kumpul di abang sayur?

1. Ngomongin panitia yang ngurusin arisan

Bahan gosip pertama yang biasa diomongin sama ibu-ibu ya ini, ngomongin panitia yang ngurusin arisan. Gosip ini biasanya muncul saat ibu-ibu yang jadi peserta arisan ngerasa namanya nggak keluar-keluar.

Semacam pikiran “kok aku nggak dapet-dapet ya, jangan-jangan nggak ada namaku lagi”, kayak gitu, jadi dia merasa kalau panitia arisan nggak memasukkan namanya dalam kocokan.

Jadilah dia membahasnya sama teman-teman sepergosipannya.

2. Ngomongin prestasi anak

Gosip yang sering muncul di perkumpulan ibu-ibu saat belanja sayur ya ini, ngomongin prestasi anak, mungkin lebih tepatnya pamerin prestasi anak.

Biasanya dimulai dengan kalimat “Eh ibu-ibu, anak saya udah wisuda lho. Dan sekarang udah keterima jadi PNS.”

Kalau ibu-ibu yang positif sih pasti bakal kasih respon yang bagus juga kayak “wah selamat ya bu. Ikut seneng.” nah lain lagi kalau yang iri, responnya pasti berbeda.

Dan ujung-ujungnya malah akan melebar jadi saling pamer prestasi anak. Emak-emaknya nggak ada yang mau kalah.

Duh, emak-emak!

3. Nggosipin hal-hal berbau mistis

Nggak cuma manusia yang dijadiin bahan gosip, bahkan makhluk astral pun bisa jadi bahan obrolan yang seru.

Biasanya ada salah satu emak-emak yang bilang gini nih “eh tau nggak bu ibu, itu tuh mbak kunti di pohon mangganya bu maemunah dari kemarin muncul terus sambil cekikikan. Serem yah?”

Yang nggak tahu mah diem aja sambil nyimak, nah beda lagi sama yang tahu kejadiannya, dia berasa artis yang lagi ditanya-tanya di acara talk-show.

4. Ngomongin sinetron

Bahas sinetron pas lagi kumpul belanja sayur ternyata menjadi salah satu topik yang seru menurut emak-emak.

Apalagi kalau sinetronnya berisi tentang perselingkuhan dan rebutan harta. Beuh, rame banget pasti tuh.

Mereka yang ngikutin sinetron dari episode 1 akan sukarela menceritakan isi cerita dari sinetron yang menurut mereka bagus. Sedangkan yang nggak ngikutin yah diem aja, sambil nyimak.

Kalau udah selesai cerita sih, kadang emak-emak juga akan membanding-bandingkan antara sinetron satu dengan yang lainnya.

5. Rumah tangga orang

Duh duh, ini sih topik utama, dan wajib hukumnya. Biasanya si pembawa kabar berita ini akan dianggap sebagai pahlawan karena sudah memuaskan dahaga para penikmat gosip.

Dan gaya si pembawa gosip ini biasanya sok-sokan nggak mau kasih tahu, tapi pengen kasih tahu, semacam tarik ulur gitu.

Dan diawali dengan kata “Eh bu ibu, tau nggak. Maaf nih ya, bukannya suuzon, tapi apa bener si itu kemarin ketahuan selingkuh sama temen kantornya?”

Nah, udah ketebak deh tuh, apa yang mau diomongin.

6. Status pernikahan anak orang

Nggak tahu kenapa, status seorang perempuan yang udah diatas 20 tahun tapi belum nikah juga menjadi salah satu topik utama. Meski berada di urutan kedua dari atas setelah rumah tangga orang, pembahasan ini cukup menarik minat ibu-ibu.

“Eh kok si itu belum nikah-nikah ya? Padahal kan dia umurnya udah cukup. Nungguin apa lagi sih dia ibu-ibu. Pemilih banget kayaknya.”

Kurang lebih kayak gitu deh awal mula mereka membahas status perkawinan orang.

7. Ngomongin kehamilan orang

Nah nah, emak-emak nih kadang suka jadi dektektif ala-ala. Apalagi kalau di sekitar dia ada sepasang suami istri yang baru meresmikan pernikahan selama beberapa bulan dikabarkan udah punya bayi.

Mereka yang terlalu kepo dengan urusan orang laian akan langsung menghitung kapan mereka nikah, karena menurut mereka . Dan saat hitungan mereka sesuai dengan ekspetasi, mereka akan bahagia, karena punya bahan gosip baru.

Biasanya sih gini “Eh bu ibu, anaknya bu itu kok udah lahiran aja yah. Padahal kan baru nikah 7 bulan.”

8. Nggak punya anak vs punya banyak anak

Jadi manusia emang serba salah. Nggak tahu kenapa emak-emak juga suka ngegosipin orang yang nggak punya anak sama punya banyak anak.

Dan yang memulai obrolan biasanya akan mengucapkan “eh bu ibu, si itu kok udah nikah 3 tahun belum punya anak yah?” atau “Duh bu ibu, tahu nggak sih aku itu suka kasihan sama bu A, dia anaknya banyak banget, disuruh KB nggak mau sih.”

Nah kan, punya anak salah, anak banyak makin salah.

9. Ngomongin anak kecil

Nggak cuma rumah tangga dan aib orang, emak-emak juga biasanya suka banget ngegosipin anak kecil.

Biasanya kayak gini nih “Aduh bu ibu, saya tuh kadang suka prihatin sama anaknya bu itu. Kok bisa ya bajunya itu-itu mulu. Padahal kan, orangtuanya orang berada.”

Bisa ketebak kan gimana kelanjutannya?

10. Kesuksesan orang

Bahan obrolan emak-emak emang nggak ada habisnya ya. Ada aja yang mereka bahas. Bahkan karir orang juga bisa jadi bahan gosip lho, kalau ada salah satu tetangga yang sukses mereka biasanya akan mengatakan “Kok bisa ya, orang kayak gitu keterima di perusahaan segede itu” atau “aduh anaknya si ibu itu kok belum-belum kerja ya, padahal dia lulusan univeristas ternama lho”

Dan nanti yang lain bakal menimpali dengan ditambahi bumbu-bumbu penguat rasa yang akan menambah topik bahasan mereka makin seru.

11. Kaya mendadak = pakai pesugihan

Bahan gosip yang juga sering jadi pembahasan seru saat emak-emak lagi kumpul adalah saat salah satu dari mereka datang dan berkata “eh ibu-ibu kok bu itu bisa beli mobil sama rumah mewah ya? Padahal kan kerjaan suaminya cuma gitu doang. Jangan-jangan pesugihan, ya nggak sih ibu-ibu.”

Ketebak deh apa lanjutannya. Padahal orang kaya mendadak bisa disebabkan oleh banyak hal ya gaes.

Nah gaes, itu tadi adalah 11 hal yang biasa digosipin emak-emak waktu lagi ngumpul belanja sayur di kang sayur keliling. Dan percaya nggak percaya kadang yang jadi sumber informannya malah kang sayur itu sendiri :D. Meski nggak semua ibu-ibu kayak begini, hanya saja memang sebagian besar ibu-ibu senang dengan aktivitas yang satu ini.

Tapi, gaes sebisa mungkin kalau kita lihat emak kita mau ikutan gosip, kita tarik aja emak-emak kita dari kerumunan itu, supaya nggak keterusan. Dan semoga kita dijauhkan dari perilaku ghibah yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here