Ini Nih Pandangan Media Polandia Soal Debut Egy Maulana Vikri

0
195

Mengesankan memang ketika melihat pesepakbola asal Indonesia bisa bermain di eropa. Hebatnya, pesepakbola tersebut masih berusia muda. Ia adalah Egy Maulana Vikri yang sekarang baru berusia 18 tahun. Walaupun tidak mendapatkan jaminan bermain di tim utama, skill individu nya memang sangat diakui. Hal tersebut pun membuat pemain ini berhasil mencatatkan debut dengan Lechia Gdansk, tim asal Polandia yang dibelanya saat ini.

Maciej Nierzwicki dari Lechia.net

Orang pertama yang memberikan komentar tentang performa Egy di pertandingan tersebut adalah Maciej Nierzwicki dari Lechia.net. ia menuturkan, “ada 10 pemain u21 yang dimainkan pada laga tersebut dan salah satunya adalah Egy”. Maciej menambahkan, “Egy langsung menjadi tumpuan rekan rekannya karena seluruh pemain muda tersebut memiliki kepercayaan yang sangat tinggi kepada nya. pada dasarnya, peluang terbaik Egy di pertandingan ini didapat pada menit ke 15. Pada menit tersebut, Egy berhasil berlari melewati beberapa pemain lawan lalu mengirim sebuah tembakan ke arah gawang. Sayang, bola tersebut berhasil diselamatkan penjaga gawang dan gagal merobek jala lawan.”

Menurut Maciej, peluang yang didapat egy tersebut berhasil meningkatkan tempo permainan. Ia mengatakan, “Tempo permainan meningkat secara drastis semenjak egy mendapatkan peluang emas dan ketika tempo tersebut naik, egy berhasil beberapa kali menunjukkan kemampuan terbaiknya. Tapi sayang, kebanyakan pergerakan berbahaya egy dilakukan tanpa dukungan rekan se tim. Lalu, ada beberapa momen juga dimana pergerakan egy tersebut berhasil dimentahkan oleh para pemain bertahan.

Selain mengutarakan pendapat pribadinya, Maciej juga menguraikan penampilan egy menurut pernyataan pelatih yang ia tanyakan langsung. Menurut pelatih lechia, “Performa egy sebenarnya sangat luar biasa dan kemampuan individu pemain ini pun terbilang di atas rata rata.” Tapi pelatih menambahkan, “Kekurangan egy terdapat pada kepercayaan pada diri sendiri. Egy seperti tidak percaya pada diri sendiri dan terus menggiring bola ketimbang mencetak gol padahal seluruh rekan setim benar benar percaya pada kemampuan dan keterampilan pemuda asal Indonesia ini.”

Pelatih juga menekankan bahwa kekurangan tersebut sangat mendasar bagi pesepakbola muda seperti egy ketika bermain di Polandia. Egy benar benar sangat perlu untuk meningkatkan masa ototnya karena orang Polandia sendiri memiliki tinggi badan 15-20 cm di atas orang polandia.

Tomasz Galinski dari Wyborcza

Di tempat berbeda, Tomasz Galinski juga memberikan penuturan serupa tentang debut dari Egy Maulana Vikri. Menurutnya, “Egy adalah pemain paling aktif di lapangan. Pergerakan nya memang sangat mobile dan kemampuan nya juga sering kali tidak bisa disamai oleh rekan rekan setimnya.” Memang, kemampuan Egy adalah dari dribble nya dan hal tersebut sudah diperlihatkan sejak masih berada di Indonesia. Tapi selain memberikan pujian, Tomasz juga menuturkan kekurangan serupa tentang kemampuan Egy seperti yang diutarakan oleh pelatih. Menurutnya “Egy terlalu lama menggiring bola dan terdapat 2 momen dimana ia malah mengoper kepada rekan di kotak penalti ketika seharusnya menendang bola tersebut.” Memang di pertandingan tersebut ada beberapa orang di bangku cadangan yang meneriaki egy untuk menendang bola.

Selain kekurangan tersebut, Tomasz juga menuturkan kekurangan lain yang dimiliki Egy. Menurutnya, Egy perlu memperbaiki kemampuan dalam bertahan. “Seorang gelandang bertahan memang sangat dibutuhkan di lini depan, tapi bukan berarti seorang gelandang bertahan harus melupakan perannya di pertahanan.” Tutur Tomasz. Wejangan juga diberikan Tomasz pada Egy, menurutnya liga sangat lah keras dan akan sangat sulit bagi egy untuk bertahan di liga polandia dengan hanya mengandalkan skill individu. Tomasz juga memberi kesimpulan bahwa Egy memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk bermain regular di tim utama dengan kemampuan yang belum matang seperti itu.

Setelah melihat semua pengutaraan dari media polandia, apa pendapat anda tentang keputusan egy dengan bermain di liga Polandia? Apapun pendapat anda, mari kita support bersama pemuda Indonesia ini yang sedang berjuang untuk mengharumkan nama tanah air kita di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here