Ikan Mas Malas Dan Dua Ikan Mas Rajin

0
3
dongengceritarakyat.com

Tiga ekor ikan mas yang saling bersahabat, tinggal di sebuah danau besar. Mereka selalu bersamaan mulai dari bermain sampai mencari makanan. Mereka pun mempunyai sifat yang berbeda-beda. Untuk ikan mas yang pertama sangat cerdas. Bahkan dia selalu menggunakan otaknya untuk berfikir. Dan ikan mas yang kedua merupakan ikan yang menggunakan otaknya pada saat sedang ada masalah saja. Akan tetapi ikan mas yang ketiga tidak pernah mau menggunakan otaknya untuk berfikir.

Dan di suatu pagi ketiga ikan mas tersebut mencari makanan di tepian danau. Disana ada banyak serangga dan makanan kesukaan mereka. Namun tiba-tiba datanglah dua anak laki-laki yang akan bermain di tepi danau tersebut. Mereka pun melihat ketiga ikan ma situ sedang berenang di tepian sungai. Seketika kedua anak itu pun senang karena ada tiga anak mas di tepian sungai itu. Dan mereka berfikir untuk memakan ikan mas tersebut dan di jadikan lauk pauk.

Mereka pun bergegas untuk mengambil ikan mas tersebut.
Kedua anak laik-laki itu pun pulang ke rumah dan mereka mengambil jarring untuk menangkap ikan. Sementara itu ketiga anak ikan mas pun mulai panic dengan kedaan tersebut. Ketiga ikan mas tersebut pun sangat bingun hal apa yang harus mereka lakukan. Ikan mas pertama yang biasa berfikir langsung berenang menjahui tepian danau. Dan ia kembali ke tengah danau. Di tepi danau pun masih tersisa 2 ikan mas lagi.

Namun tidak lama berselang waktu kedua anak laki-laki itu sudah kembali. Salah seorang anak laki-laki terlihat membawa jarring di tangannya. Ia pun sudah mempersiapkan jaringnya untuk menangkap ikan mas itu. Seketika kedua anak itu kaget karena melihat jumlah ikan mas tinggal dua ekor. Mereka pu heran karena jumlah ikannya tinggal 2 ekor. Akan tetapi mereka tidak mempedulikannya karena menurut mereka masih tersisa dua ikan mas lagi. Akhirnya ikan kedua pun berfikir untuk meghindari kedua anak tersebut agar tidak tertangkap.

Ikan kedua pun mempunyai ide untuk mengelabuhi kedua anak tersebut dengan berpura-pura mati. Menurut ikan kedua jika ia berpura-pura mati sudah pasti kedua anak tersebut tidak mau menagkapnya. Dan betul saja apa yang di perkirakan ikan kedua, kedua anak tersebut tidak menjaringnya. Akan tetapi ikan mas yang ketiga merupakan ikan mas yang sangat malas berfikir. Ikan mas ketiga adalah tipe ikan yang tidak mau berusaha untuk urusan apapun.
Ikan mas ketiga pun tidak bisa berifikir dan ia pun semakin panik juga bingung. Ikan mas ketiga pun mencoba berenang sangat jauh akan tetapi sudah sangat terlambat karena jarring yang dijulurkan oleh kedua anak laki-laki tersebut sudah menangkap tubuhnya terlebih dahulu. Begitu malang nasibnya hanya karena kemalasan nya untuk berfikir akibat lah yang ia tanggung sendiri. Setelah ikan mas ketiga tertangkap kedua anak laki-laki tersebut dengan segera membawa ikan mas ketiga ke rumah mereka. Kedua anak laki-laki tersebut sangat bahagia dan senang karena mendapatkan ikan mas yang bisa di jadikan lauk pauk untuknya.

Namun ikan mas pertama dan ikan mas kedua sangat sedih karena sahabatnya itu sudah di tangkap dan akan di jadikan santapan baginya. Ikan mas pertama dan kedua pun masih berfikir untuk menyelamatkannya namun mereka tidak mengetahui bagaimana cara menyelamatkan ikan mas ke tiga. Sampai pada akhirnya mereka meminta tolong pada burung bangau dan menumpang pada burung itu di paruh nya agar mereka bisa tetap hidup meskipun di luar air. Ikan mas pertama dan kedua mengetahui jika burung bangau mempunyai paruh besar untuk menyimpan air sehingga ikan mas pertama dan kedua singgah di paruh itu sambil mencari sahabatnya itu.

Tidak lama berselang mereka melihat sahabatnya itu yang masih berada di kolam dan masih dalam keadaan hidup. Seketika itu juga kedua ikan tersebut langsung menghampirinya. Namun ketika mereka akan mendekatinya kedua anak laki-laki itu sedang mempersiapkan kayu bakar dan bumbu yang di gunakan untuk mengolah sahabatnya itu. Tapi sungguh berhuntung ternyata sayuran yang mereka butuhkan habis sehingga mereka pun menunda untuk memakan si ikan mas yg ketiga.

Kedua ikan mas pun langsung bergegas mengambil sahabatnya itu dan berkata ayo ikan mas cepat naik ke paruh bangau ini, seketika ikan mas ketiga pun loncat ke paruh burung bangau itu. Dan tidak lama kedua anak laki-laki itu kembali dan mendapati ikan mas nya sudah hilang, mereka pun menyangka bahwa ikan hasil tangkapannya itu sudah di makan kucing. Dan sejak kejadian itu ikan mas ketiga berusaha memperbaiki dirinya agar tidak malas lagi dan mau berusaha berfikir dalam keadaan apapun. Akhirnya ketiga ikan ma situ tetap hidup bersama dan selamat hingga mereka berkumpul dengan keluarganya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here