Harimau dan kerbau

0
29

Dahulu kala di sebuah hutan hiduplah empat ekor kerbau. keempat kerbau itu terdiri dari dua ayah dan para anaknya. Mereka hidup secara bersama-sama. Hampir tiap hari mereka mencari makan bersama-sama. setiap binatang yang bertemunya merasa ketakutan. Namun mereka berempat tak sadar bahwa tiap harinya ada seekor harimau yang sering memata-matai mereka dan siap memangsa mereka satu per satu.

Keempat kerbau tersebut akan mencari makan di tempat yang banyak rerumputan, sampai akhirnya mereka telah sampai.

“Nah, inilah santapanku,” Ucap si anak kerbau sambil tersenyum.

Ketika keempat kerbau tersebut sedang memakan rumput ada seekor harimau yang ingin memangsa kerbau tersebut. Namun si harimau menunda keinginannya untuk memakan mereka karena mereka yang selalu hidup berdampingan dan membuat si harimau tidak berani.

“Sialan, bagaimana aku bisa memangsa mereka jika mereka selalu bersama”. Ucap si harimau kecewa. Akhirnya si harimau pergi.

Tak seperti biasa pada keesokan harinya, seekor ayah kerbau berjalan sendirian mencari makan. Tetapi tiba-tiba muncullah seekor harimau besar menghadangnya. Lalu ia berujar, “Hey kerbau kalau kau mau makan rumput disini kau harus izin dulu kepadaku”.

“Kalau begitu ijinkanlah aku memakannya,” pinta kerbau.

si harimau mengizinkan si kerbau untuk memakan rumput yang ada, namun dengan satu syarat anak dari si kerbau yang masih di rumahnya tersebut harus di serahkan untuk menjadi santapan si harimau

“Boleh saja, asalkan kau ijinkan aku untuk memakan anak kau itu, hahaha” ucap si kerbau sembari tertawa.

Kerbau berpikir sejenak. “Tidak, Tidak akan ku berikan anak ku kepada mu, Kau jangan semena-mena, hutan ini milik semua, warga hutan ini boleh memakan rumput disini”, Ucap si kerbau marah.

Mendengar perkataan si kerbau tadi, harimau marah dan menyerang si kerbau tadi. si kerbau tadi lari namun si harimau berhasil menjangkaunya dan akhirnya si kerbau tadi jadi makanan si harimau.

Beberapa hari kemudian ketiga kerbau yang tersisa menemui harimau, tapi si harimau sudah mengetahui maksud kedatangan si kerbau.

“Hey harimau, kau harus tanggung jawab atas kematian ayah ku, kalau tidak kami bertiga akan menyerang mu”, ucap si kerbau.

si harimau yang sedang menyantai tersebut nampak ketakutan dengan ancaman si kerbau, tanpa berpikir panjang si harimau langsung lari meninggalkan mereka.

Ketiga kerbau tadi gagal membalas dendam kepada si harimau. Beberapa hari kemudian ketiga kerbau tadi berjalan beriringan, mereka akan mencari makan di tempat biasanya, namun di situ mereka bertengkar terkait pembagian makanan.

“Jatahku harus lebih banyak dari mu, karena aku kerbau yang paling kecil” ucap salah satu kerbau tersebut.

“Tidak bisa, kalau kau ingin makan banyak lebih baik kau jangan makan disini”. ucap ayah kerbau yang masih hidup.

“Ok, kalau begitu aku akan pergi dari sini”. ucap si anak kerbau yang sudah tidak memiliki ayah itu.

Melihat pertengkaran mereka si harimau merasa senang karena inilah kesempatan emas untuk memangsa mereka.

Akhirnya mereka bertiga hidup berpencar, si anak kerbau dan ayahnya berjalan masih berdampingan dan si anak kerbau yang tanpa ayah berjalan sendirian. si harimau yang melihat si anak kerbau yang sendiri langsung menyerangnya..

Si harimau masih ingin memangsa dua kerbau yang masih hidup, tak sengaja pada suatu pagi si kerbau berpapasan dengan harimau tersebut.

“Akhirnya kita ketemu lagi kerbau, hahaha, aku akan menyerangmu sekarang juga”. ucap harimau. Dua ekor kerbau tadi ketakutan dan lari berpencar, dengan kecepatannya si harimau berhasil menangkap satu kerbau kecil yang memakannya. setelah puas memakan si kerbau tadi si harimau bergegas mengejar kerbau yang satunya lagi.

si harimau berhasil mengejar kerbau, namun si ayah kerbau memberikan sebuah perlawanan, aksi kejar-kejaran pun terjadi. si kerbau berlari secepat mungkin.

hingga di tengah perjalanan si kerbau berjumpa dengan Banteng.

“Ada apa kau lari terengah-engah?” tanya banteng terheran-heran.

“Aku dikejar harimau, dia Hendak membunuhku.” jawab kerbau tersengal-sengal.

‘Jangan khawatir ! Bersembunyilah di balik badanku!” suruh banteng.

Ketika harimau datang terjadilah perkelahian antara harimau dan banteng. Mereka saling dorong mendorong. Saling memagut. Saling ingin merobohkan. terjadilah pertarungan sengit. si kerbau tak berdiam diri, ia membantu melawan harimau, hingga akhirnya si harimau pun takluk dan mati menggenaskan. si kerbau pun berterima kasih kepada banteng.

“Terimakasih kawan kau telah menolong ku, tanpa kau mungkin aku sudah di mangsa harimau.” ucap si kerbau.

“sama-sama kawan, alangkah baiknya jika sesama warga hutan kita saling tolong menolong”. jawab si banteng.

Akhir cerita si banteng dan si kerbau tadi bersahabat. sekian….

Hikmah dari kisah ini adalah tetaplah bersama-sama dengan sahabat, saling menjaga komunikasi dan silaturahmi. karena kebersamaan akan menjadikan kita kuat.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here