Gak Bisa Drama Lagi Saat Main! Ini 6 Teknologi Canggih Yang Digunakan Dalam Sepakbola

0
218

Masih ingat gak nih football lovers dengan gol tangan tuhan Maradona di final piala dunia 1986 dan gol Frank Lampard yang dianulir wasit di piala dunia 2010? Kejadian tersebut merupakan salah satu dari berbagai banyak kontroversi dalam sepak bola yang tak bisa dilihat oleh pengadil lapangan secara langsung. Bukan berarti si wasit berpihak ke salah satu tim, melainkan karena berbagai faktor yang kadang wasit tak bisa melihat kejadian tersebut.

Untuk itu Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mengembangkan teknologi untuk membantu kinerja wasit di dalam mengambil keputusan dan pastinya biar gak ada drama lagi, seperti kamu dan aku yang gak bisa menyatu karna drama mulu 🙁 hehehe

Jika football lovers masih belum mengetahui, berikut akan kami berikan 6 teknologi canggih yang digunakan dalam sepakbola dan memiliki manfaat yang sudah sangat terasa.

1. Teknologi Garis Gawang

Sebenarnya, tidak banyak yang mempedulikan ketika para ilmuan mencoba untuk mengembangkan teknologi garis gawang ini. Tetapi, semuanya berubah ketika terdapat beberapa keputusan kontroversial yang terjadi pada beberapa laga euro dan premier league.

Desakan untuk penggunaan teknologi ini di sepakbola semakin menjadi jadi selepas piala dunia 2010 ketika bola tendangan Frank Lampard di laga inggris melawan Jerman yang sudah masuk ke gawang dianulir wasit karena dianggap belum memasuki gawang. Jika dilihat dari kesalahan yang bisa dilakukan seorang manusia, hal ini sangat wajar mengingat bola yang sudah masuk tersebut kembali memantul keluar lapangan.

Atas dasar kejadian tersebut, teknologi ini pun langsung disetujui oleh FIFA dan puncaknya adalah ketika teknologi garis gawang ini mulai diterapkan pada turnamen piala dunia antarklub yang dihelat di Jepang.

2. Microchip Ball

Teknologi chip yang ditanam di dalam bola ini akan mengirimkan sinyal pada jam tangan yang digunakan oleh wasit. Jam tangan itu sendiri akan menunjukkan apakah bola tersebut adalah sebuah gol, keluar lapangan, atau masih di area pertandingan.

Sebelumnya teknologi ini tidak begitu dikenal dan dikembangkan. Jika dilihat dari catatan sejarah, teknologi ini hanya digunakan pada 2 turnamen besar. turnamen tersebut adalah pada piala dunia u17 2005 dan piala dunia antarklub 2007.

Kabar gembiranya teknologi Microchip Ball ini telah disetujui FIFA dan telah digunakan diberbagai turnamen besar contohnya di piala dunia 2018 lalu.

3. Hawk Eye

Jika dilihat, teknologi hawk eye atau mata elang memang memiliki lingkup yang jauh lebih besar lagi dari 2 teknologi sebelumnya. Simplenya, teknologi hawk eye digunakan dengan cara menempatkan banyak kamera di setiap sudut lapangan sehingga setiap pergerakan dari para pemain akan terlihat.

Selain itu, teknologi ini biasanya juga dibantu dengan menempatkan seorang wasit di masing masing gawang. Dengan banyak nya kamera dan dibantu wasit, keputusan untuk menentukan gol atau tidaknya sebuah tendangan akan bisa diambil lebih mudah.

Hebatnya, teknologi ini juga akan bisa menentukan apakah seorang pemain melakukan diving atau tidak dan selain itu, tidak akan ada lagi perdebatan yang akan dilakukan oleh seorang pesepakbola.

Perlu diketahui, Hawk Eye bukan lah teknologi yang khusus diciptakan untuk laga sepakbola. sebelumnya, teknologi ini sudah lebih dulu digunakan di banyak pertandingan olahraga lain seperti Tenis dan Cricket.

Sebenarnya jika dilihat secara keseluruhan, Hawk Eye ini dapat melihat pergerakan bola secara sempurna dan melihat segala hal yang terjadi di setiap sudut lapangan selama 90 menit pertandingan dilaksanakan yang selanjutnya akan dieksekusi oleh VAR.

4. Sepatu Detektor

Mungkin bagi anda yang sering bermain football manager atau game bertema sepakbola lainnya, anda akan terbiasa melihat pemain dengan keadaan nya masing masing secara jelas. Mungkin sebelumnya, hal tersebut hanya lah angan angan dan sama sekali tidak bisa dilakukan di dunia nyata. Tetapi sebenarnya, hal tersebut sudah bisa benar benar dilaksanakan pada saat ini.

Hal tersebut menyusul adanya teknologi bernama sepatu detektor yang coba dikembangkan oleh beberapa ilmuan. Perlu diketahui, chip memiliki peran paling besar dalam teknologi ini. dengan chip tersebut, keletihan dan ketidakberesan pada otot kaki seorang pesepakbola akan terlihat secara jelas. Itu karena, chip yang dipasangkan itu akan bisa mendeteksi gerakan otot kaki dan frekuensi dari kaki seorang pemain. Setelah itu, data tersebut akan terdapat sinyal apabila terdapat masalah yang terdeteksi.

Harapannya, teknologi ini akan bisa meminimalisir cidera yang tidak terdeteksi dari seorang pemain. Memang, kebanyakan pemain sering kali menghiraukan cidera ringan yang dialami nya ketika permainan masih berlangsung.

5. Techno Wear

Jika dilihat dari seluruh teknologi pada daftar ini, teknologi bernama techno wear memang tidak begitu terkenal. Sama seperti teknologi hawk eye, sepakbola bukan olahraga pertama yang menggunakan teknologi ini. Sebelumnya, olahraga renang lebih dulu menggunakan teknologi techno wear untuk para atlet nya. Hal tersebut tentulah untuk mengetahui kondisi tubuh dari seorang atlet renang yang tidak boleh memiliki kendala.

Kerennya semuanya berubah ketika seorang mahasiswa bernama David Evans dengan dibantu oleh seorang pakar ilmu olahraga bernama John Moores membuat teknologi yang sama untuk jersey sepakbola. Dengan teknologi ini, detak jantung dari seorang pesepakbola akan bisa terdeteksi secara jelas. Terlebih lagi, seorang pesepakbola yang sedang mengalami dehidarasi akan terdeteksi dengan olahraga ini.

Bisa dikatakan, teknologi techno wear di jersey seorang pemain yang digabungkan dengan teknologi sepatu detektor pada sepatu akan bisa menjadi paket sempurna untuk menentukan apakah seorang pesepakbola berada pada kondisi prima atau tidak ketika beada di atas lapangan.

6. Video Assistant Referee

Teknologi terakhir yang saat ini sedang sangat terkenal adalah Video Assistant Referee atau lebih dikenal dengan sebutan VAR. Mungkin jika disebut, teknologi ini adalah sebuah penemuan terbaik yang bisa dengan mudah menentukan kejadian sesungguhnya dari sebuah momen pada pertandingan sepakbola.

Pada teknologi VAR, seorang wasit akan bisa melihat secara langsung tayangan ulang dari kejadian yang telah terjadi dalam sepakbola. Dengan ini, tentulah segala hal yang ada di sepakbola pun akan terasa lebih jujur dan adil.

Walaupun sempat terdapat pro dan kontra, teknologi ini pun akhirnya bisa diterima secara luas. Puncaknya adalah pada piala dunia 2018 lalu saat FIFA memutuskan untuk menyematkan teknologi ini di dalamnya.

Dengan adanya VAR, rekor penalti di piala dunia pun terpecahkan. Tercatat, ada 28 penalti yang terjadi di piala dunia 2018. Tentulah, VAR sendiri berperan besar dari keputusan tersebut. Yang paling keren dari teknologi ini adalah bisa membuat wasit merasa terbantu dalam melaksanakan tugasnya.

Nah football lovers dari ke 6 Teknologi Canggih Dalam Sepak Bola, pasti keren yang bila di laga klub pertandingan di Indonesia menggunakan teknologi ini. Biar gak ada yang namanya diving keterlaluan sampai guling guling gak karuan :v Sekian dulu pembahasannya semoga bermanfaat dan jangan lupa buat share dan like nya ya… 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here