Enggak Hanya di Film Hollywood! 5 Civil War Ini Nyata Terjadi

0
72

Pada saat orang-orang terpukau menyaksikan film yang di produksi oleh Marvel dengan judul Civil War tersebut, kita tidak menyadari bahwa di berbagai belahan bumi ini pun pernah mengalami Civil War bahkan ada yang hingga saat ini masih mengalaminya. Peperangan yang terus terjadi dari tahun ke tahun membuat banyak terjadinya kematian. Berikut ulasannya.

1. Perang Sipil di Suriah (Sejak 2011)

Civil War pertama yang akan dibahas adalah yang terjadi di Suriah. Dalam kurun waktu perang 5 tahun saja sudah memakan korban sekitar 250.000 – 500.000 orang yang meninggal. Kemungkinan korban yang emninggal akan terus berantah karena hingga saat ini perang di Suriah belum juga usai.

Pemicu perang ini bermula karena adanya niat pelengseran Presiden Basar Assad yang pada akhirnya beberapa kelompok massa melakukan sebuah penyerangan hingga situasi semakin memanas. Menurut rumor, para tentara Suriah ditugaskan untuk menembak siapa siapa warga sipil yang hendak melawan yang menyebabkan jutaan warga di Suriah harus mengungsi dan mencari tempat perlindungan dan kemudian terjadilah peristiwa tenggelamnya Avlan Kurdi.

2. Perang Israel-Palestina (Sejak 1948)

Perang saudara antara Israel dan Palestina termasuk perang yang berlangsung lama. Sudah sangat banyak korban yang berjatuha, perkotaan yang hnacur, anak kecil menjadi yatim piatu dan benar-benar membuat penderitaan yang tiada habisnya bagi warga sipil di sana. Sejak tahun 1948 Rakyat di Palestina harus hidup dalam situasi peperangan yang berkepanjangan.

Sebenarnya permasalahan yang sangat utama dari perang tersebut adalah perebutan wilayah yang terdapat peninggalan-peninggalan suci bagi kedua belah pihak. Intervensi yang dilakukan oleh Negara Amerika Serikat menambah catatn buruk pada perang tersebut. Pada akhirnya wilayah Palestina terus berkurang sementara wilayah Israel terus meluas dan sengaja Israel melakukan pembangunan di beberapa perbatasan agar wilayah tersebut tetap menjadi wilayah Israel.

3. Perang Sipil Nigeria (Sejak 2009)

Civil War yang pernah terjadi di Nigeria ini juga cukup mengerikan. Perang yang disebabkan oleh sekelompok sparatis yang menyerang warga non muslim dan juga pemerintahan semakin menjadi-jadi. Akibatnya banyak warga sipil yang meninggal dunia serta beberapa warga sipil perempuan di culik dengan perlakuan yang tidak manusiawi dan juga beberapa warga sipil lainnya ikut merasakan bom bunuh diri.

Kelompok separatis tersebut disebut dengan Boko Haram. Kelempok tersebut diduga memiliki ikatan dengan ISIS yang merupaka kelompok teroris. Mereka bergerak serta menguasai sejumlah wilayah di sana dengan cara yang tidak manusiawi. Sampai saat ini perang dan kekerasan tersebut masih terjadi di Nigeria, membuat warga sipil pergi dari rumahnya dan mencari tempat mengungsi yang aman.

4. Perang Sipil Afganistan (Sejak 1978)

Civil War selanjutnya terjadi di Negara Afghanistan yang sudah terjadi sejak tahun1978 yaitu saat jatuhnya Pemerintahan Afghanistan ke Partai Demokrasi dan juga pasukan militer. Setelah pemerintahan terus berjalan, namun pemerintahan Afhganistan pun kembali terjatuh lagi kareana ada intervensi dari Negara Rusia. Selain itu, masalah yang terjadi juga disebabkan oleh Taliban yang menginginkan adanya revolusi hingga melakukan tindakan mengerikan.

Beberapa perang yang terjadi di Afghanistan kerap kali dipicu oleh permasalahan agama dan syariat Islam. Di tahun 1978 tercatat ada sekitar 1.4 – 2.1 juta orang yang meninggal selama terjadinya konflik tersebut.

5. Perang Sipil Kolombia (Sejak 1964)

Civil War yang terakhir terjadi di Kolombia. Dari tahun 1964 hingga kini masih terjadi peperangan antara pemerintahan dengan kelompok separatis. Kelompok Separatis memiliki beberapa kelompok lain dengan nama yang berbeda seperti FARC, ELN dan lainnya.

Keterlibatan beberapa negara lain membuat perang sipil di Kolombia ini semakin panjang. Kelompok pemerintah di dukung oleh Negara Inggris, Amerika Serikat dan beberapa sekutu lainnya, sedangkan kelompok separatis di dukung oleh Negara Venezuela, Kuba dan Soviet. Konflik ini mengakibatkan kematian sekitar 200.000 orang, sementara beberapa juta warga sipil lainnya sudah mengungsi.

Itulah beberapa informasi mengenai Civil War yang benar-benar nyata terjadi di dunia bukan hanya di film garapan dari Marvel tersebut. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here