Enam Rekor yang Belum Messi Pecahkan 

0
102

Lionel Messi dikenal sebagai pemain yang bergelimang rekor. Meski begitu, ada beberapa rekor yang sejauh ini belum mampu ia pecahkan. Berikut kami rangkumkan untuk football lovers

# Rekor Paco Gento: 6 Gelar Liga Champions

Sepanjang berkarier di Barcelona, Messi dikenal sebagai penakluk Eropa. Ia menjuarai Liga Champions sebanyak empat kali, yakni pada musim 2005/06, 2008/0, 2010/11, dan 2014/15. Jumlah yang sudah cukup banyak ini ternyata belum melampaui seorang Cristiano Ronaldo, yang meraih satu trofi lebih banyak, atau bahkan Paco Gento, legenda Madrid yang mencaplok titel Eropa enam kali di era 50-an.

# Roy Maakay: Gol Tercepat Liga Champions

Meski rutin mencetak gol di banyak pertandingan, Messi belum pernah berhasil memecah rekor Roy Maakay. Penyerang Bayern Munich tersebut membobol gawang Real Madrid pada 16 besar Liga Champions musim 2006/07.. Sejauh ini, catatan tercepat pemain berjuluk La Pulga tersebut baru “mencapai” dua menit delapan detik, yang ia jaringkan pada laga 16 besar Liga Champions musim lalu.

# Cristiano Ronaldo: Gol Terbanyak Liga Champions

Dengan usia hanya terpaut dua tahun, Ronaldo dan Messi saling berkejaran memecahkan berbagai rekor. Khusus catatan gol terbanyak Liga Champions, Messi harus mengakui keunggulan Ronaldo. Hingga Oktober 2018, Ronaldo sudah mencetak 120 gol, berselisih 15 gol lebih banyak dibanding Messi. Keduanya masih punya waktu untuk menambah pundi-pundi, mengingat dua klub mereka saat ini merupakan langganan rutin Liga Champions.

# Iker Casillas: 169 Laga Liga Champions

Menurut situs resmi UEFA, Messi bahkan belum termasuk dalam lima besar pemain dengan laga terbanyak di Liga Champions. Di atas Messi, terdapat dua pemain yang bahkan masih aktif bermain hingga musim ini, yakni Cristiano Ronaldo (154 penampilan) di peringkat dua, dan Iker Casillas (169 penampilan) di peringkat teratas. Biar bagaimanapun, Messi merupakan yang termuda di antara ketiga nama tersebut.

# Radamel Falcao: 17 Gol Kompetisi Eropa Semusim

Meski sudah beberapa kali menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions dalam semusim, Messi belum pernah mencapai jumlah tertinggi. Rekor ini dipegang oleh Radamel Falcao semasa membela Porto di Liga Europa 2010/11 dan Cristiano Ronaldo pada 2013/14 saat masih berkostum Real Madrid. Peran Messi dari musim ke musim selalu berubah, dan ia juga tak lagi jadi orang terdepan dalam lini serang, jadi perlu dinantikan apakah Messi mampu menjadi pencetak rekor lagi.

# Xavi Hernandez: 767 Rekor Penampilan Barcelona

Penyedia umpan-umpan manis kepada Messi dan kawan-kawan ini melegenda karena masih memegang rekor penampilan sepanjang masa dengan 767 penampilan. Messi masih menduduki posisi tiga di bawah Andres Iniesta dan di atas Carles Puyol dengan mengoleksi 648 penampilan. Bila dipatok rata-rata pertandinga per musim berjumlah 40, maka Messi akan melampaui torehan Xavi pada usia 35 tahun, usia yang juga jadi momentum kepindahan Xavi dari Barcelona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here