Enam Calon Pemain Terbaik Dunia Menurut Ronaldo

0
105

Cristiano Ronaldo sudah menyabet lima gelar pemain terbaik dunia dan sudah berusia 33 tahun, tetapi dirinya belum ingin berhenti. Kepindahannya ke Juventus menegaskan misi barunya untuk menaklukkan Italia. Namun demikian, tak bisa dipungkiri ia segera tergantikan oleh bintang-bintang lebih muda. Berikut enam pemain muda yang ia rasa akan menggantikan tempatnya…

1. Marco Asensio
Namanya pernah dipertimbangkan sebagai pemilik kaki kiri terbaik setelah Lionel Messi. Asensio sejauh ini lebih sering mengisi slot sayap kiri dalam formasi tiga penyerang. “Dia terlihat lebih cepat saat memegang bola dibanding saat tanpa bola. Umpan silangnya selalu mengenai kepala rekan setim. Tembakannya serasa seperti misil,” puji suatu majalah Spanyol, El Pais. Berusia 11 tahun dan 7 tahun lebih muda dibanding Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale, Asensio dirasa berada dalam trayek yang tepat untuk menggantikan nama besar keduanya dalam panji Los Galacticos.

2. Neymar
Publik Brasil yang mencari-cari titisan Pele kabarnya mengentikan pencariannya begitu bakat Neymar muncul di permukaan. Setelah semenjak remaja menjadi tulang punggung Santos, pada tahun 2013 ia berpetualang ke Eropa dengan hijrah ke Barcelona. Di klub ini, ia memenangi semua gelar domestik dan kontinental. Di klub ini pula ia membentuk ikatan fantastis bersama Lionel Messi dan Luis Suarez. Saat ini ia sudah pindah ke Paris Saint-Germain dengan harga yang memecahkan rekor dunia. Dalam usia 26 tahun, masih banyak hal yang bisa dilakukan pemain Brasil ini, termasuk mengambil alih tahta pemain terbaik dunia.

3. Kylian Mbappe
Danijel Subasic, kiper Kroasia yang bermain untuk AS Monaco, suatu hari pernah berkata ke Luka Modric, “Ada bocah luar biasa di timku. Aku yakin suatu saat ia akan jadi pemain besar.” Subasic, Modric, dan seluruh dunia pada akhirnya mengenal bocah tersebut dengan segala torehan ajaibnya. Kylian Mbappe mengantarkan AS Monaco menjadi juara Ligue 1, menembus semifinal Liga Champions, setelah itu pindah dengan harga fantastis ke Paris Saint-Germain, memenangi liga lagi, lalu dipanggil timnas, dan menjadi juara Piala Dunia. Semua itu dilakukannya sebelum menginjak usia 20 tahun. Luar biasa.

4. Ousmane Dembele
Mungkinkah ada kejadian terlucu dibanding seorang pemain yang kebingungan merespon pertanyaan wartawan, “Mana kaki Anda yang lebih kuat? Kanan atau kiri?”. Realitanya, Dembele memang sanggup mendribel, mengumpan, dan menendang dengan kaki kanan maupun kiri dengan sama baiknya. Mengingat Lionel Messi dan Luis Suarez sudah berusia 31 tahun, seharusnya Dembele sesegera mungkin mengambil alih beban performa Barcelona. Dengan sedikit keberuntungan dan tanpa gangguan cedera, Dembele akan melampaui dua kompatriotnya tersebut.

5. Eden Hazard
Meski baru berusia 27 tahun, Eden Hazard sudah cukup senior bila dibandingkan pemain-pemain dalam daftar ini. Dia sudah memenangi Liga Champions, Liga Europa, Liga Inggris, dan Piala FA, sebuah catatan yang, bila diraih oleh pemain Barcelona/Real Madrid, akan diganjar pemaon terbaik dunia. Itu pula yang masih menjadi “misi belum terselesaikan” bagi Hazard. Dirinya secara terbuka menyatakan seharusnya layak menjadi penantang penghargaan yang dimonopoli Ronaldo-Messi tersebut. Mungkin saja ia memang harus pindah ke klub (lebih) besar Eropa.

6. Marcus Rashford
Suatu waktu dalam periode tersulit Louis van Gaal di Manchester United, semua penyerang seniornya mengalami cedera. Ia pun memanggil pemain muda yang bahkan tak pernah dipertimbangkan berlatih bersama tim utama. Anak muda tersebut bernama Marcus Rashford, yang lalu mencetak dua gol dalam debutnya di Liga Europa. Ia belum genap 19 tahun saat menjadi hoki bagi United di akhir musim itu, yang juga diganjar pemanggilan mengejutkan oleh timnas Inggris ke Euro 2016. Jam terbang mencukupi akan membuat Rashford menjadi penyerang level dunia, yang saat ini berusia 21 tahun.

Rashford, Mbappe, Hazard, Neymar, Dembele, dan Asensio. Beberapa di antara nama-nama tadi bahkan mungkin ada yang lebih muda dibanding football lovers. Setidaknya, kita tak akan kehabisan idola bila masa Ronaldo-Messi telah purna…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here