Dongeng Anak : Balas Budi Seekor Semut Merah

0
73

Di suatu hari yang cerah, seekor semut merah sedang berjalan-jalan mencari makanan di dekat sungai di dalam hutan. Karena saking asyiknya berjalan di tepi sungai, ia tidak sadar berjalan terlalu ke pinggir kemudian tergelincir jatuh. Semut merah tersebut mulai mencoba berenang ke tepi sungai sambil berteriak minta tolong namun usahanya tetap sia-sia. Beruntung secara tidak sengaja ada seekor merpati yang sedang terbang di atasnya.

Merpati itu kemudian menolongnya dengan membawakan sehelai daun untuk ditumpangi semut merah. Akhirnya, dengan bantuan merpati semut merah pun selamat sampai ke daratan. Ia pun mengucapkan terima kasih karena sudah ditolong. Entah bagaimana nasibnya seandainya saja merpati tidak menolongnya.

Beberapa hari kemudian ada kawanan pemburu yang hendak menangkap hewan di hutan untuk dijadikan santapan. Beberapa dari mereka berpencar ke seluruh penjuru hutan. Salah satu dari pemburu tersebut melihat seekor merpati sedang bertengger di dahan sebuah pohon. Ia kemudian membidiknya menggunakan senapan dengan jarak yang lumayan dekat. Melihat hal itu, semut merah yang tidak sengaja lewat tanpa pikir panjang langsung menggigit kaki pemburu, dan dengan cepat berlari menyelamatkan diri.

Mendengar teriakan pemburu yang kesakitan, merpati baru sadar dan menoleh ke arah tersebut dan mendapati semut merah tersenyum ke arahnya. Setelah pemburu pergi, merpati kemudian menghampiri semut merah dan mengucapkan terima kasih karena sudah menyelamatkan nyawanya. Semut merah kemudian berkata jika sudah sepatutnya ia membalas budi karena sudah diselamatkan saat tercebur ke sungai dulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here