Cobaan – Cobaan Anak Angkatan Corona

0
9

2020 menjadi tahun yang paling mengesankan sekaligus menakutkan. Di tahun ini, banyak rencana yang terpaksa dibatalkan, nggak cuma itu, kita juga masih harus dibayang-bayangi perasaan takut bakal mati kapan aja.

Dampak pandemi memang separah itu, udah disuruh jaga jarak, yang lulus tahun 2020 juga disebut-sebut sebagai angkatan corona.

Sepintas emang lucu, tapi, percaya nggak percaya nggak semua anak yang lulus tahun 2020 merasa senang dengan sebutan itu. Ternyata penderitaan mereka bukan hanya mengenai sebutan angkatan corona aja, ada cobaan-cobaan lain yang bikin kita mikir lagi, bahwa ‘angkatan corona’ adalah angkatan yang luar biasa. Apa aja? Yuk simak yuk!

  1. Sejak lahir udah banyak cobaannya

Pernah kebayang nggak, waktu mereka lahir saat negara sedang berada di situasi dilanda banyak bencana krismon. Dan, sekarang, saat mereka dewasa, mereka harus bertemu kembali dengan situasi yang sama buruknya dengan bencana-bencana itu.

Sabar ya ‘angkatan corona’!

2. Bertemu dengan jabat tangan, berpisah tanpa pelukan

Di tengah pandemi yang semakin parah, banyak sekolah-sekolah yang menerapkan social distancing sesuai anjuran pemerintah. Dan jadilah, siswa-siswi yang lulus di tahun ini tidak bisa mengadakan pesta perpisahan. Semua rencana yang sudah mereka susun di hari terakhir bersama guru dan teman sekolah terpaksa harus dibatalkan.

Awal pertemuan dengan kawan yang dibuka dengan jabat tangan, terpaksa diakhiri dengan saling melambaikan tangan secara virtual. Nyesek nggak sih?

3. KKN online

Meski masa-masa KKN adalah masa yang bikin capek dan pusing, tapi dapat banyak bonus pengalaman berharga. Dari dapet gebetan sampai jadi manusia bermanfaat. Lah ini, angkatan yang ketiban KKN di tahun 2020 terpaksa KKN online, mesti mikir keras gimana caranya tetap berguna meski caranya online. Dan lagi, kalau online gini gimana caranya punya gebetan? 🙁

Benar-benar cobaan berat!

4. Offline aja nggak paham, gimana kalau online?

Dulu, sebelum sistem belajar online diterapkan, kita pernah berharap kalau kita bisa belajar dari rumah karena dianggap lebih efektif daripada tiap hari harus ke sekolah. Dan sekarang, setelah harapan terkabulkan, ternyata nggak seindah bayangan. Karena, pada kenyataannya, sistem online malah bikin kita makin nggak ngerti sama materinya. Iya kan? Belum lagi, tugas-tugas yang makin bertumpuk dan bikin kita makin pusing.

Cobaan ini sungguh berat!

5. Skripsian masa pandemi

Cobaan lainnya yang nggak kalah berat harus dihadapi oleh para mahasiswa semester akhir yang sedang menyelesaikan skripsi. Meski, lebih hemat kertas dan bisa menyelamatkan bumi. Tapi, ternyata bimbingan online sama dosen nggak jauh lebih baik dari bimbingan offline. Apalagi jika yang bimbingan adalah tipe orang yang baru paham jika dijelaskan secara lisan. Benar-benar berat.

6. Nggak ada pendaftaran CPNS selama 2 tahun

Setelah berhasil melewati masa-masa sulit selama mengerjakan skripsi dan lulus tanpa wisuda, ‘angkatan 2020 juga terpaksa menerima kenyataan pahit lain, yakni nggak ada pendaftaran CPNS selama 2 tahun ke depan.

Gagal jadi mantu idaman 🙁

7. Lowongan Kerjaan yang makin sepi

Cobaan lain yang bikin angkatan 2020 harus semakin jadi manusia tegar adalah lowongan kerjaan yang makin dikit, bahkan bisa dibilang nggak ada. Karena kebanyakan perusahaan sedang melakukan pengurangan karyawan.

Yah, ibarat pepatah, udah jatuh ketimpa tangga pula. Udah nggak bisa daftar CPNS, nggak bisa ngelamar kerjaan di perusahaan swasta pula. Cobaannya dobel-dobel nggak sih.

 

Jadi, sebelum kita ngeledekin mereka sebagai “angkatan corona”, kita renungkan dulu deh. Betapa hebatnya mereka bertahan dalam situasi-situasi sulit itu. Karena sebenarnya, angkatan corona adalah angkatan yang benar-benar luar biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here