Cerita Rakyat Anak Cindelaras

0
101

Pada zaman dahulu kala, konon terdapat kerajaan Jenggala yang dipimpin oleh seorang raja bernama Raden Putra. Ia hidup bahagia di kerajaan bersama permasurinya yang cantik. Namun kebahagiaan tersebut tidak berlangsung lama karena raja menikah lagi dengan seorang selir yang sangat jahat. Namun raja tetap sayang kepada permaisurinya apalagi istrinya sedang hamil. Suatu hari karena iri hati selir yang jahat mencoba menjebak permaisuri dengan mengadukan kepada raja bahwa ia telah diracuni oleh permaisuri. Raja yang percaya dan sudah gelap mata kemudian memerintahkan patihnya untuk membuang dan membunuh permaisuri di hutan.

Sesampainya di hutan patih tidak tega melihat permasiuri dan kemudian menyuruh para prajurit membuatkannya pondok kecil di dalam hutan agar tidak diketahui keberadaannya oleh siapa pun. Sesaat kemudian ia kembali ke kerajaan dan melapor bahwa ia sudah membunuh permaisuri. Patih menunjukkan pedangnya yang berlumuran darah, padahal ia sedang berbohong karena itu adalah darah kelinci yang sengaja dibunuhnya untuk mengelabui sang raja.

Beberapa bulan kemudian permaisuri akhirnya melahirkan bayi laki-laki yang diberi nama Cindelaras. Semakin hari Cindelaras tumbuh menjadi pemuda yang tampan dan cerdas. Suatu hari Cindelaras pergi berjalan-jalan menyusuri hutan untuk pergi ke desa. Di tengah jalan ia menemukan telur yang unik tidak seperti telur biasa, karena penasaran akhirnya ia membawanya pulang. Tak lama setelah itu, telur pun menetas dan mengeluarkan ayam ajaib yang bisa berbicara. Dipeliharanya ayam tersebut hingga besar. Setiap ikut pertandingan adu ayam, ayam tersebut selalu memenagkan pertandingan dan tak terkalahkan karena ternyata sangat kuat.

Suatu saat kabar tersebut sampai ke telinga raja sehingga membuatnya penasaran. Raja Raden Putra kemudian mengundang Cindelaras untuk mengadu ayamnya dengan ayam milik raja. Ia rela memberikan seluruh kekayaannya apabila ayam raja menang dan sebaliknya, jika ayam Cindelaras kalah, maka ia akan dipenggal. Berkat ayam ajaib, Cindelaras tentu saja memenangkan pertandingan tersebut. Setelah itu, bukan main kagetnya raja karena tiba-tiba ayam ajaib tersebut mengeluarkan suara bahwa Cindelaras adalah anak Raden Putra. Karena kejadian itu raja menyadari bahwa Cindelaras adalah anak kandung dari permaisuri yang pernah dibuangnya. Akhirnya raja meminta maaf kepada permaisuri dan Cindelaras kemudian menyuruhnya kembali tinggal di kerajaan. Sebagai balasan selir yang jahat akhirnya dihukum karena ulahnya sendiri.

Cindelaras adalah dongeng atau cerita rakyat yang berasal dari Jawa Timur. Cerita turun temurun ini memiliki pesan moral bahwa kita harus bijak sebelum mengambil keputusan agar tidak menyesali perbuatan sendiri di kemudian hari. Karena apa yang kamu tuai setelahnya adalah hasil dari apa yang Kamu tanam sekarang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here