Bunga Merah di Jersey Liga Inggris, Apa Maksudnya?

0
61

Ada pemandangan menarik di Liga Inggris tiap kali memasuki akhir Oktober hingga pertengahan November. Di tiap jersey yang dikenakan pemain, juga tiap jas yang dikenakan pelatih, terdapat simbol mencolok berbentuk bunga berwarna merah. Sebegitu genting-kah simbol bunga ini, sehingga setiap orang yang terlibat di Liga Inggris harus memakainya?

Perlu diketahui, di Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan negara-negara persemakmuran lainnya, terdapat upaya peringatan hari pahlawan bagi mereka yang gugur di Perang Dunia I. Hari peringatan tersebut, yang dikenal sebagai Remembrance Day, jatuh pada 11 November di tiap tahun.

Guna menunjukkan usaha untuk mengenang mereka yang gugur tersebut, pada tahun 1918 seorang wanita berinisiatif mengenakan bunga poppy yang dipasangkan di pakaian. Moina Michael, nama sang perempuan, terinspirasi dari sebuah puisi bercitarasa sendu karangan Letkol John McCrae yang berjudul In Flanders Fields. Puisi ini diciptakan McCrae untuk menceritakan kesedihannya ditinggal rekan seperjuangan di medan perang. Dalam puisi ini, McCrae berkisah bahwa terdapat banyak tumbuhan Bunga Poppy di sekitar makan rekan-rekannya tersebut.

Oleh karena itu, Moina Michael memutuskan menggunakan simbol bunga poppy guna mewakili perasaan sedihnya. Sejak saat itu, simbol bunga berwarna merah tersebut dikenakan secara umum.

Di Inggris, orang-orang yang mengenakan simbol poppy ini biasanya ialah seorang figur publik. Para aktor lapangan hijau, yang tiap hari tampil di layar kaca, tentu merasa perlu untuk turut merayakan peringatan hari pahlawan. Dalam setiap pertandingan antara bulan Oktober sampai pertengahan November, pelatih dan pemain akan mengenakan poppy.

Bunga Poppy ini pun tak sembarang didapat. Lencana berbentuk bunga poppy hanya dijual oleh Royal British Legion, lembaga yang pertama kali memperkenalkan penggunaan poppy. Biasanya, lencana poppy yang sudah tersemat di jersey pemain Liga Inggris akan dilelang, lalu hasilnya akan disumbangkan kepada Royal British Legion.

Meski begitu, ada pula beberapa pihak yang melakukan penolakan terhadap pemakaian poppy ini. Ada yang mengatakan, para politikus memakai poppy hanya untuk ajang pencitraan.

Di kalangan pesepak bola, penolak utama simbol ini ialah James McClean, winger Stoke City. McClean sudah sejak awal kariernya menolak memakai poppy karena berhubungan dengan daerah asalnya. Ia berasal dari Derry, sebuah daerah di Irlandia yang pada tahun 1972 pernah berkonflik dengan tentara Inggris. Sebagai pernyataan sikap politik, McClean tak akan memakai bunga poppy.

Namun, seperti halnya perayaan Hari Pahlawan di Indonesia pada 10 Nobember, peringatan remembrance day di Inggris pada 11 November seyogianya dikhidmati dengan penuh penghayatan. Sudah sepantasnya kita mengenang jasa-jasa pahlawan yang mendahului kita….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here