Biografi Lengkap Cristiano Ronaldo, Dari Anak Tukang Kebun Sampai Jadi Pemain Terbaik Dunia

0
85

Cristiano Ronaldo atau yang bernama Asli Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro merupakan seorang pemuda berbakat yang lahir di Mediera Portugal. Mediera merupakan sebuah daerah kecil di Portugal yang sama sekali tidak pernah menyumbangkan pesepakbola besar ke timnas Portugal. Tentulah merupakan suatu hal mengejutkan ketika Cristiano Ronaldo yang berasal dari Mediera berhasil menaklukkan dunia dengan status pemain terbaik.
Ronaldo kecil lahir dari seorang ibu bernama Dolores dan seorang ayah bernama Dinis.

Nama Ronaldo sendiri terispirasi dari presiden amerika bernama Ronald Reagan. Sebenarnya, Ronaldo merupakan seorang anak yang tidak diharapkan. Ketika itu pun sang ibu sempat berpikir untuk menggugurkan nya karena ditakutkan sang ibu tidak bisa membiayai kehidupannya. Hal ini sangat wajar melihat Ronaldo sendiri merupakan anak bungsu di keluarga ini.

Ronaldo kecil memiliki masa muda yang sebenarnya kurang menyenangkan. Sang ayah yang hanya tukang kebun melakukan pekerjaan sampingan dengan membantu perlengkapanan klub lokal bernama Andorinha. Tetapi, hal tersebut justru menjadi awal perkenalan pria yang lahir pada 5 februari 1985 ini dengan sepakbola.

Karena sering membantu ayahnya yang bekerja di sebuah klub sepakbola, Ronaldo pun tidak pernah lepas dengan bola. Ronaldo sudah mengenal sepakbola sejak berusia 3 tahun dan kemana Ronaldo pergi, ia selalu bersama sama dengan bola. Sebenarnya ketika kecil, Ronaldo terlihat sama seperti kebanyakan anak lainnya.

Skill nya tidak lah begitu terlihat tetapi ada satu hal yang berbeda dari pemain ini. Ronaldo kecil selalu menginginkan kemenangan dan menangis ketika kalah. Terlebih dari itu, ia juga sering kali menangis apabila tidak diberikan bola oleh rekan nya atau gagal mencetak gol dalam sebuah pertandingan. Walaupun terkesan cengeng, hal tersebut lah yang justru membuat Ronaldo kecil sukses di dunia sepakbola.

Karena ambisinya yang sangat besar ia terus bermain sepakbola setiap hari. Mungkin, ada banyak anak kecil di daerah mediera yang menyukai sepakbola. tetapi, rata rata anak kecil tersebut memiliki fokus yang terbagi dengan dunia akademis. Hal inilah yang tidak terjadi dengan Ronaldo karena ia lebih mengutamakan sepakbola dari kemampuan akademis.

Walaupun biasa saja ketika masih sangat kecil, bakat Ronaldo sudah mulai muncul di usianya yang ke 5. Ketika itu, CR7 telah berhasil menjadi pusat perhatian di daerah nya. setiap hari, perkembangan kemampuan nya pun terus terlihat dan hal tersebut pun mulai berhasil menarik perhatian beberapa klub lokal.

Karena kedekatan sang ayah dengan Andorinha, Ronaldo pun memutuskan untuk bergabung kesana. Darisana lah kemampuan nya sebagai pesepakbola pun terus terasah. Menurut beberapa sumber, Ronaldo kecil sudah tidak dimainkan dengan anak anak se usianya. Di Andorinha, ia sudah bermain bersama anak yang 2-3 tahun lebih tua darinya dan bahkan ia juga sering kali diikutsertakan di pertandingan pada tahap usia yang lebih tinggi lagi.

Karena hal tersebut lah performa dari bintang ini terus meningkat dan lagi, setiap orang mengetahui jika Ronaldo memiliki ambisi yang sangat amat besar. mungkin, kebanyakan pemain muda ketika itu hanya memikirkan cara untuk membuat orang tuanya bangga. Tetapi, hal tersebut tidak berlaku untuk Ronaldo. Sudah jelas, orang tuanya mengetahui jika Ronaldo merupakan pemain terbaik di tim dan untuk itu, Ronaldo selalu berusaha untuk membuat setiap orang yang melihat permainnya merasa terkagum kagum.

Setiap harinya, bakat Ronaldo terus terasah dan hal tersebut pun mulai berhasil membuat beberapa klub besar di Portugal meliriknya. Ketika itu, klub yang berhasil menjadi pelabuhan Ronaldo selanjutnya adalah CD Nacional yang merupakan klub terbesar di Mediera. Ronaldo bergabung ke tim tersebut pada tahun 1995 atau ketika ia berumur 10 tahun.

Disana, kemampuan nya jelas menjadi lebih hebat lagi karena saingan yang dimiliki pun memiliki kualitas yang lebih tajam. Waktu inilah yang justru menjadi awal mula keberhasilan Ronaldo. Ketika ia menjadi bintang muda di CD Nacional, Ronaldo sudah sangat terkenal di daerah Mediera.

Namun, perkembangan karier Ronaldo tidak berhenti sampai disitu. Setelah menjadi bintang muda Nacional selama 4 tahun, Ronaldo muda pun mengikuti seleksi pemain di Sporting Lisbon. Ketika itu, usianya baru 14 tahun dan tubuhnya sendiri nampak kurus. Tak Disangka, semua orang sangat terkejut ketike pemain muda ini menunjukkan kemampuannya mengolah si kulit bundar.

Dari sana, Ronaldo pun berhasil masuk ke akademi Sporting CP. terdapat sebuah kendala ketika sang pemain memasuki akademi Sporting CP. Kehidupan di Lisbon memang cukup berbeda jika dibandingkan dengan mediera Spanyol. Disana, tentulah Ronaldo pun mengalami beberapa kendala terutama karena logat nya sangat khas orang mediera.
Di tahun pertama, kehidupan disana benar benar menyulitkan Ronaldo dan puncaknya adalah ketika ia memutuskan untuk pulang di tahun kedua. Disini, perjalanan Ronaldo menjadi bintang nyaris saja pupus. Hal baiknya, semua berubah ketika ia memutuskan untuk kembali ke Sporting dan memilih untuk tidak menoleh ke belakang.

Keputusan nya berbuah manis karena akhirnya, ia mendapatkan banyak teman dan kehidupan masa muda nya pun berjalan menyenangkan. Kemampuan Ronaldo sendiri terus terasah dengan bermain di klub sekelas sporting. Puncaknya adalah ketika calon bintang ini menjalani laga persahabatan melawan Manchester United. Ketika itu, tidak ada yang menyangka bahwa Manchester United yang sedang dalam masa kejayaan nya berhasil ditaklukkan oleh Sporting CP dengan skor 3-1.

Kekalahan tragis United tersebut didasari oleh performa gemilang dari Ronaldo muda sendiri. Memang, ketika itu Ronaldo tidak berhasil mencetak gol. Tetapi, performa nya memang sangat luar biasa dan berhasil membuat penonton di seluruh dunia berdecak kagum. Ketika itu, Sir Alex Ferguson yang merupakan manajer Manchester United didesak untuk merekrut nya. alhasil, Ronaldo muda pun bergabung ke United dengan mahar sekitar 12,5 juta pounsterling.

Memang, disinilah Ronaldo mulai dikenal di dunia sepakbola. di awal kedatang nya, Ronaldo meminta pada Sir Alex Ferguson untuk mendapatkan nomor 18. Namun, semuanya terkejut ketika Sir Alex memberikan nomor 7 kepada pemain berusia 18 tahun ini. seperti yang pasti diketahui, nomor 7 milik Manchester united merupakan nomor keramat yang hanya digunakan oleh para bintang besar.

Sebelum Ronaldo pun, nama besar yang menggunakan nomor 7 di Manchester United adalah pemain legenda timnas Inggris yaitu David beckham. Saat itu, seluruh publik sepakbola memang dikejutkan oleh keputusan Ferguson. Selain itu, cukup sulit juga untuk menemukan informasi tentang Ronaldo muda.

Keputusan Fergie pun tepat, di tahun tahun berikutnya Ronaldo berhasil menjadi pemain utama di lini serang Manchester United. Nama CR7 pun menjadi inisial yang sangat ikonik dengan dirinya hingga sekarang. Setiap tahun, ia selalu berhasil memberikan segalanya untuk Manchester United dan puncaknya adalah ketika Ronaldo berhasil membawa United menjadi juara liga champions edisi 2007.

Di Manchester United ia berhasil menjuarai turnamen setelah menaklukkan Chelsea via adu penalti di laga puncak. Spesial nya, tahun 2008 ini juga menjadi puncak karier Ronaldo di Manchester United. Ketika itu, gelar Ballon d’or pertama berhasil didapatkan sang bintang Portugal dan ia pun mulai disebut sebut sebagai pemain terbaik di dunia.

Pupus sudah ambisinya untuk menjadi pemain terbaik tidak berhasil direalisasikan di tahun berikutnya. Memang, Manchester United berhasil kembali sampai ke final liga champions, sayang mereka ditaklukkan Barcelona di laga puncak dan gelar Ballon d’or Ronaldo pun direbut oleh Lionel Messi.

Darisini lah Ronaldo mulai berpikir jika Manchester United tidak akan bisa memenuhi ambisinya untuk menjadi pemain terbaik dunia. Darisini juga lah Real Madrid datang pada kondisi yang sangat tepat. Dengan ambisi besar, Real Madrid pun mendatangkan CR7 dengan mahar mencapai 1,4 triliun. Ketika itu, transfer Ronaldo menjadi yang termahal di dunia dan berhasil membuat dunia sepakbola benar benar terkejut.

Baik Ronaldo atau Real Madrid benar benar diuntungkan oleh transfer ini. di tahun tahun berikutnya, Ronaldo benar benar menjadi bintang utama di lini serang Real Madrid dan berhasil membawa Real Madrid menjadi penguasa eropa. Saat ini pun Ronaldo telah berhasil membawa Real Madrid meraih 4 gelar liga champions dalam 5 tahun terakhir. Hebatnya, tidak ada yang bisa merebut gelar ini dari Real Madrid di 3 tahun terakhir. Untuk gelar Ballon d’or pun saat ini Ronaldo telah memimpin rekor gelar Ballon d’or terbanyak di dunia bersama Lionel Messi dengan 5 gelar nya.

Walaupun belum berhasil menjadi juara piala dunia, raihan Ronaldo bersama timnas Portugal pun terkesan cukup baik. Pada tahun 2016 lalu, Ronaldo berhasil menggemparkan dunia dengan menjadikan Portugal sebagai kampiun euro.

Instinc gol dari Ronaldo pun memang tidak perlu diragukan lagi. Di setiap musimnya, Ronaldo tidak pernah mencetak kurang dari 40 gol dan hal tersebut menjadi rekor tersendiri untuk dirinya. Walaupun telah sukses dan menjadi seseorang yang sangat kaya, ada satu hal yang bisa sangat dibanggakan dari Ronaldo.

Hal yang bisa dibanggakan itu adalah kepeduliannya pada sesama. Ronaldo telah beberapa kali menyumbangkan sejumlah uang ke jalur gaza dan hal tersebut memang membuat orang orang berdecak kagum pada nya. selain itu, Ronaldo juga merupakan pribadi yang sangat anti terhadap minuman keras dan tatto.

Itu karena, sang ayah yaitu Dinis meninggal karena penyakit yang disebabkan oleh minuman keras. Selain sangat jauh dengan minuman keras, Ronaldo juga memiliki alasan tertentu mengapa tubuhnya tidak memiliki tatto. Ronaldo merupakan seseorang yang aktif mendonorkan darah dan seorang pendonor darah tidak boleh memiliki tatto di tubuhnya.
Dalam hubungan pribadi, Ronaldo juga merupakan seorang bintang besar yang sering kali digandrungi wanita wanita cantik. Yang terbaru, ia sekarang memiliki seorang anak dari model cantik bernama Gergina Rodriguez.

Jika dijumlahkan secara keseluruhan, saat ini Ronaldo sendiri telah memiliki 4 orang anak. Dunia memang benar benar mengenal Cristiano Ronaldo dan sekarang pun banyak anak anak yang ingin menjadi seperti ia. Hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar tetapi menurut sang bintang, merupakan suatu keputusan yang salah jika seseorang ingin menjadi sepertinya.

Ronaldo pernah mengatakan, “tidak akan pernah ada orang yang seperti saya. Saya merupakan yang terbaik ketika berperan menjadi Ronaldo, tetapi kalian lah aktor terbaik dalam memerankan diri kalian sendiri”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here