Beruang Yang Tak Putus Asa

0
16

Pada suatu hari di pagi yang cerah terdapat seekor beruang yang tubuhnya sangat besar,sedang mencari ikan di tepi sungai. Ia mencari ikan sebagai makanan nya. karena hari masih pagi, sehingga ikan di sungai tidak banyak yang muncul ke permukaan air. si beruang harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan ikan yang loncat di tepian sungai yang deras itu.

Sejak dari pagi hari si beruang berusaha menangkap ikan yang meloncat-loncat ke atas air, namun usahanya sia-sia, tak satupun ikan yang ia tangkap. Namun karena si beruang memiliki prinsip pantang menyerah, sehingga ia terus berusaha lagi menangkap ikan.

Dan Pada akhirnya “Hap,,” ia dapat menangkap seekor anak ikan yang masih kecil. Ikan kecil itu menjerit-jerit ketakutan,dan si ikan menatap ke arah si beruang dan sambil menangis ikan kecil itu berkata “wahai beruang, tolonglah lepaskan aku”.

“Tidak bisa, memangnya kenapa?” tanya beruang.
“Kau tidak lihat,, aku ini sangat kecil, daging ku sangat sedikit. jadi tidak bisa membuat mu kenyang” Sahut si ikan sambil merintih.

“Aku gak peduli,, yang penting aku bisa makan” ujarberuang lagi.

Si anak ikan masih ketakutan dan menangis tersedu-sedu di hadapan beruang.
“Biar adil begini saja,, tolong kembalikan aku ke sungai,, beberapa bulan nanti setelah aku sudah besar dan tumbuh dewasa, di saat itu kau bisa menangkapku dan memakanku untuk memenuhi seleramu,beruang.” kata ikan.

“Wahai ikan kecil, kau tahu kenapa aku bisa tumbuh sebesar ini?” tanya beruang.
“Gak tau,, memangnya kenapa?,” ikan balas bertanya.

“Karena aku tidak pernah putus asa dan tak pernah menyerah atas apa yang telah ada dalam genggaman ku!” jawab beruang sambil tersenyum.
“Ops!” teriak sang ikan kecil.

kemudian ikan kecil tersebut menjadi santapan bagi beruang. beruang tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

Hikmah dari cerita ini adalah ketika kita mendapatkan kesempatan yang baik, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan itu. karena bisa saja kesempatan tidak akan pernah datang dua kali., dan tentu saja kita jangan pernah putus asa dalam menjalani kehidupan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here