Benarkah Neymar Ingin Kembali Ke Barcelona?

0
120

Starting Eleven menyadari betul pentingnya mengabarkan kebenaran kepada football lovers, jadi rumor tentang saga transfer Neymar akan ditelusuri sehati-hati mungkin.

Sebelumnya, kepindahan Neymar ke Paris Saint-Germain senilai 222 juta Euro pada 2017 memang mengejutkan. Di samping harganya yang kelewat mahal, Neymar sendiri sudah membentuk senyawa yang amat mematikan dengan lini depan Barcelona. Bersama Luis Suarez dan Lionel Messi, ia bukan cuma membangun pertemanan yang sanggup mencipta 131 gol pada musim 2015/16, melainkan juga hubungan akrab dengan sesama penggawa Amerika Latin tersebut.

Bagaimanapun, transfer itu telah terjadi dan Barca tampak sudah mempersiapkan hidup tanpa bintang asal Brasil tersebut. Pertama, mereka menginvestasikan sejumlah uang dari untuk menebus Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund. Meskipun perekrutan ini dianggap berisiko mengingat Dembele baru berusia 20 tahun, ia bisa dianggap sebagai pengganti langsung Neymar di skema tiga penyerang Barcelona.

Kedua, pada Januari 2018, enam bulan setelah Neymar pergi dan Dembele datang, Barca merekrut satu lagi bintang Brasil yang barangkali lebih lengkap daripada Neymar. Adalah Philippe Coutinho, gelandang serang yang didatangkan Barca guna menambal lini tengah yang akan ditinggal Andres Iniesta. Satu hal menarik dari Coutinho ialah, ia mampu menempati pos gelandang serang kiri, sebagaimana Iniesta bermain, juga mampu menempati penyerang kiri sebagai inverted forward seperti yang pernah Neymar lakukan.

Ditambah pembelian Arthur Melo dan Malcolm, Barca pun tampak sudah move on dari kepergian Neymar.

Namun, pemberitaan di Mundo Deportivo pada 18 Oktober 2018 mengklaim pihak Neymar ingin balikan dengan kubu Catalan. Koran Spanyol yang berbasis di Barcelona tersebut meyakini eks penyerang Santos tersebut tidak betah dengan kehidupan di Paris.

Neymar disebut tidak termotivasi kala bermain untuk PSG, yang menjad satu-satunya kuda pacu di Liga Prancis. Hubungan baik dengan bintang-bintang Barca lainnya dianggap sebagai faktor utama. Ia juga khawatir pada Kylian Mbappe, yang mungkin sudah menjadi pusat perhatian menggantikan dirinya.

Sayangnya, berita tersebut tak mencantumkan satu hal terpenting dalam produk jurnalistik: verifikasi. Baik Mundo Deportivo maupun Daily Mail tak mencantumkan keterangan dari pihak Neymar untuk mengklarifikasi kebenaran rumor ini.

Ndilalah, sang pemain sendiri yang memberikan klarifikasi pada 20 Oktober 2018. Video yang diunggah Neymar di story Instagram-nya menunjukkan wajahnya yang sedang tertawa di depan sampul Mundo Deportivo. Ia juga melabeli berita tersebut dengan “berita palsu”.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, pun menyatakan klubnya tak punya rencana untuk membeli Neymar kembali. Seperti dilansir Goal, ia menyatakan, “Neymar? Dia telah pergi dan tak ada rencana untuk membawanya kembali. Kami juga tidak berencana membeli siapa pun pada Januari, kecuali pelatih memintanya sebelum itu.”

Jadi, terang sudah. Rumor mengenai Neymar memang akan selalu berhembus, berhubung dia adalah superstar yang barangkali menjadi pemain paling berharga saat ini setelah Messi dan Ronaldi. Namun, dengan segala situasi belakangan ini, kepindahan Neymar masih jauh dari kata mungkin, apa lagi ke Barcelona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here