Belajar Filosofi Rumput

0
39
http://www.datdut.com/rumput-liar/

Semua orang tentu tahu rumput liar, biasanya dianggap mengganggu dan kerap dipanggil sebagai gulma. Keberadaannya diakui mampu membuat tanaman yang sengaja ditanam mengalami mal nutrisi bahkan mati secara perlahan. Sebab nutrisi dari tanah, pupuk, bahkan air yang disiramkan rutin akan disantap rumput liar tersebut.

Meskipun memiliki kemampuan drastis untuk menyerap semua nutrisi di dekat tanaman lain yang lebih besar. Rumput liar ini umumnya memiliki ukuran kecil dan sekilas secara fisik tidak ada yang menyangka kemampuannya lebih luar biasa. Sayangnya sering dianggap sebagai tanaman pengganggu karena memang nampak dekil dan sering dibabat habis, bahkan diberi obat pembasmi rumput.

Menilik Filosofi Rumput Bagi Kehidupan

Siapa sangka rumput kecil nan jelek ini sering dijadikan sebagai bahan untuk memaknai kehidupan secara lebih dalam. muncul sebuah kata bijak “Mencabut rumput harus sampai akar karena akarnya dikenal kuat..”. Melalui ungkapan bijak berikut maka seseorang bisa belajar makna kehidupan dari rumput jelek dan dianggap pengganggu tersebut.

Manusia pada dasarnya memiliki kekurangan dan kondisi ini normal, hanya saja beberapa orang dibekali keistimewaan memiliki kekurangan yang lebih mencolok. Seseorang dengan kondisi seperti ini tentu perlu usaha lebih ekstra dan lebih gigih agar tidak dipandang sebelah mata. Pembuktin eksistensi diri ini membutuhkan proses dan usaha keras tanpa henti.

Sosok seperti ini diibaratkan sebagai sebatang rumput liar, karena dianggap tidak berguna dan sering diremehkan. Namun karena anggapan mayoritas seperti inilah yang justru membuat seseorang perlu memperkuat bagian dalam dirinya. Yakni psikis atau pola pikir agar lebih besar dan berkembang dibanding orang lain yang dikaruniai kelebihan kasat mata.

Meski diremehkan dan kadang dikucilkan, seseorang bisa berusaha untuk meraih apa yang diimpikan. Usaha berkelanjutan yang dilakukan membuat pondasi tujuan hidup lebih fokus, terarah, dan tentunya terstruktur. Sekalipun ujian berat dilalui untuk meraih impian yang dimiliki namun berkat kegigihanya memperbaiki pola pikir, yakni ibarat akar rumput liar.

Akar ini akan tumbuh kuat sampai ke lapisan paling dalam sebuah tanah sehingga membuatnya tidak mudah tercabut dan mati. Kekuatan akarnya membuat rumput tersebut sekalipun 1.000 kali dicabut dapat tumbuh lagi dan lagi. Sama seperti semangat manusia yang bisa jadi akan dipangkas oleh orang sekitar yang meremehkannya. Namun dengan kekuatan pola pikir positif dijamin mampu bertahan.

Bahkan melampuai anggapan dari orang sekitar yang memandang sebelah mata. Jadi dalam hidup tidak ada jaminan memiliki jalur khusus seperti jalan tol bebas hambatan untuk meraih impian. Kadang perlu ribuan kali berjuang lebih keras untuk meraihnya. Semakin banyak rintangan semakin kuat pondasi kehidupan yang dimiliki, maka akan menjadi sebatang rumput yang kuat tadi.

Jika disuruh memilih tentunya menjadi rumput liar lebih bijak, sekalipun tidak indah namun kemampuannya bertahan hidup sangat tinggi. Dibandingkan dengan tanaman cantik di sebuah pot, meski digoyang sedikit dijamin mudah mati terkapar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here