Banyak Makan Tapi Susah Gemuk? 5 Hal Ini Mungkin Sedang Kamu Alami

0
62

Memiliki tubuh ideal adalah dambaan semua orang. Tubuh yang ideal umumnya dilihat dari tinggi dan berat badan yang porposional. Nggak cuma nurunin berat badan aja lho yang susah, bagi sebagian orang menaikkan berat badan juga susah. Pernah nemuin teman Kamu atau bahkan Kamu sendiri yang banyak makan tapi kok, pas timbang badan angkanya nggak pindah-pindah ya? Padahal hampir tiap jamnya ada aja yang dikunyah alias hobi ngemil. 5 Hal ini mungkin sedang Kamu alami jika banyak makan tapi susah menaikkan berat badan.

Faktor genetik

Menurut dokter pakar diet, Phaidon L. Toruan, faktor genetik sangat mempengaruhi bentuk tubuh seseoang. Sifat genetik tersebut adalah ectomorf, danmesomorf, dan endomorf. Seperti yang umumnya kita lihat, ada satu keluarga yang mempunyai anggota rata-rata gemuk, atau satu keluarga yang mempunyai anggot rata-rata kurus. Jadi mungkin ini salah satu alasan kenapa berat badanmu nggak naik-naik.

Gangguan metabolisme tubuh

Makanan yang masuk ke dalam tubuh memerlukan proses pembakaran kalori dan sistem metabolisme. Jika susah gemuk, berarti sistem metabolismemu sangat tinggi. Pengaruhnya adalah, makanan yang masuk ke dalam tubuhmu akan cepat dicerna sehingga nggak ada timbunan lemak di tubuh. Jadi seberapa banyak pun makannya, makanan tersebut akan segera dibakar menjadi energi.

Sedang stress atau depresi

Menurut Grace Judio Kahl seorang ahli psikologi, ternyata masalah psikologis seperti stress dan depresi juga bisa menyebabkan tubuhmu susah gemuk. Pengaruh tersebut bisa datang dari kontrol emosi yang buruk, makanya emosi kerap mempengaruhi fisik seseorang jadi kinerja sistem pencernaan pun jadi terganggu. Kalau mau gemuk, usahakan belajar mengontrol emosi ya agar jauh dari stress dan depresi.

Terlalu banyak aktivitas

Ini yang banyak dialami oleh sebagian pelajar atau Kamu yang sudah bekerja. Kelelahan juga bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi susah menaikkan berat badan. Aktivitas yang banyak akan memaksa tubuhmu membakar kalori dengan cepat. Akibat kelelahan dengan kegiatan seabrek tersebut, bukan nggak mungkin Kamu juga bisa jatuh sakit. Ada salah satu penyakit bulimia, yaitu keadaan di mana seseorang makan berlebihan dan berulang-ulang namun kemudian kembali mengeluarkannya. Jadi kurangi aktivitas berlebihan agar tidak sampai sakit ya, Sob!

Komposisi makanan yang kurang ideal

Sebaiknya kita nggak asal makan yang penting kenyang. Sebenarnya jenis makanan yang masuk ke tubuh juga mempengaruhikenaikan berat badan. Makanan yang mengandung banyak kalori akan membantu membantu menyuplai kalori yang keluar saat Kamu beraktivitas. Komposisi nakanan juga berpengaruh, untuk itu usahakan selalu makan makanan 4 sehat 5 sempurna yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, zat besi, dan zat-zat lain yang dibutuhkan untuk tubuh.

Saat ini banyak beredar obat pengemuk badan dengan harga yang lumayan mahal namun tidak menjamin memberikan efek negatif lain untuk tubuh. Untuk itu sebaiknya jangan memilih cara yang instan melainkan harus mencoba menyeimbangkan waktu istirahat dan pola makan teratur. Makanlah makanan yang bergizi dan minum susu penggemuk badan yang sudah terbukti aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here