Bahagia Banget Jika Kamu Bisa Lakuin 8 Tips Menjadi Diri Sendiri Ini

0
73

Ada kalanya kita nggak nyaman ketika melakukan sesuatu atau meniru orang lain demi mendapat pengakuan dari lingkungan. Berpura-pura menjadi orang lain hanya akan menyikasa diri sendiri, padahal dalam hidup tentu saja manusia selalu punya pilihan. Pernah nggak sih merasa kikuk dan berpikir ‘ini bukan diri saya’? Beda dengan ketika kita memilih menjadi diri sendiri dan nggak mau ikut-ikutan orang lain, pastinya jadi lebih santai kan? Semoga tulisan ini bisa membantu Kamu yang sedang khawatir dan sedang berusaha untuk berubah menjadi diri sendiri.

Syukuri dan terima diri apa adanya

Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah menerima diri Kamu apa adanya. Syukuri apa yang sudah Tuhan berikan untukmu, terlepas apakah Kamu merasa puas atau sebaliknya. Misalnya Kamu kurang ganteng atau cantik, nggak jadi orang kaya, dapat gaji pas-pasan, dan sebagainya. Stop berpikir seperti itu! Coba periksa sekelilingmu, pasti ada orang-orang yang nggak lebih beruntung dari Kamu juga. Hidup ini perlu melihat ke bawah untuk bersyukur, dan melihat ke atas untuk memotivasi.

Lupakan kejadian buruk di masa lalu

Semua orang tentu saja memiliki masa lalunya sendiri. Dan percaya atau nggak orang-orang hebat dan sukses pun pasti pernah mengalami pasang surut kehidupan. Ini karena sebagai manusia kita akan diuji oleh Yang Maha Kuasa untuk naik setingkat lebih tinggi derajatnya. Jadi, jangan jadikan masa lalumu sebagai bayang-bayang gelap sehingga nggak bisa move on dan malah mencoba menjadi orang lain. Cobalah bangun kembali semangat dan kepercayaan diri Kamu.

Kenali potensi dalam diri

Mengenali potensi adalah syarat mutlak jika Kamu ingin menjadi diri sendiri. Mungkin sebagian orang beruntung bisa mengenali potensi diri sejak dini, ada juga yang belum memahami potensinya sehingga bingung mau membawa hidupnya ke arah mana. Di saat itulah pengaruh-pengaruh sekitar bisa membuatmu menjelma jadi orang lain dan mengabaikan potensimu. Mulai sekarang pahami apa yang diinginkan dan yang nggak diinginkan, dengan begitu Kamu bisa meraba-raba apa passion mu.

Jangan khawatirkan apa yang dipikirkan orang lain

Sebagai pribadi yang positif, nggak seharusnya Kamu terganggu dengan komentar buruk orang lain. Ini nih yang bikin Kamu nggak pernah bisa jadi diri sendiri karena terlalu sibuk menuruti omongan orang. Sudahlah, lepas rasa khawatir tentang pandangan orang terhadapmu. Cukup bungkam mereka dengan segudang prestasi yang akan Kamu dapat nantinya.

Fokus pada tujuan Kamu

Hidup ini perlu tujuan, tanpa tujuan Kamu akan ngalor ngidul mengikuti arah orang lain pergi. Dengan begitu Kamu akan terus ikut-ikutan mereka dan nggak akan pernah menemukan jati diri. Segeralah tetapkan goal atau tujuan-tujuan yang ingin Kamu capai. Setelah itu fokuslah pada tujuan tersebut dengan cara berusaha maksimal dan selalu berdoa.

Cintai apapun yang Kamu kerjakan

Mencapai suatu tujuan bukanlah hal yang mudah, pastinya Kamu akan sering dihinggapi perasaan ingin menyerah dan berhenti berusaha ketika mulai banyak rintangannya. Pada fase ini, bisa saja keraguan kembali menghinggapi dan ingin kembali lagi jadi orang lain. Jadi cintailah semua yang sedang Kamu hadapi termasuk pekerjaan yang sedang Kamu jalani.

Berbaurlah dengan orang-orang yang positif

Berada di lingkungan yang positif akan membuatmu tumbuh menjadi pribadi yang positif pula, demikian pula seballiknya. Berkumpul lah dengan mereka yang selalu memberimu support. Cobalah ajak mereka berdiskusi dan bertukar pikiran. Karena dengan begitu Kamu bisa membangun rasa percaya diri dan sadar masih banyak orang yang mencintai Kamu apa adanya.

Menjadi diri sendiri awalnya memang nggak mudah, semua itu butuh proses untuk menjadi nyaman. Tapi percayalah, bisa menjadi diri sendiri itu adalah hal yang paling membahagiakan dalam hidup.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here