Sekarang Harus Hati-Hati! Inilah 6 Sisi Gelap dari Google Yang Disembunyikan

0
84

Adakah dari kalian yang belum pernah menggunakan sebuah mesin pencari digital bernama Google? Ya, sejak tahun 1990-an, Google sudah mulai bergerak untuk menyebarluaskan kegunaannya. Mulai dari Amerika Serikat sampai ke berbagai negara, terbukti bahwa kini Google menduduki peringkat pertama dunia sebagai tempat pengumpulan dan pencarian data.

Meskipun di satu sisi banyak kegunaannya seperti melihat profil seseorang, mencari kerja, memasang iklan dan masih banyak lagi, tetap saja Google memiliki 6 kekurangan tersendiri yang perlu kita perhatikan. Nah, apa saja sih 6 kekurangan dari Google tersebut? Yuk kita simak penjelasannya!

1. Memunculkan Hasil Pencarian yang Tidak Terduga

Terkadang Google dapat membuat kita melihat hasil pencarian yang tidak sesuai. Mengapa demikian? Karena algoritma yang sudah di terapkan oleh Google memungkinkan hal tersebut terjadi. Di samping itu, miliaran orang sudah memakainya sehingga pilihan hasil pencarian yang terpilih oleh mayoritas pengguna pun akan berada di tingkat teratas.

Inilah yang membuat pihak-pihak tertentu dapat tersinggung karena hasil pencarian Google bisa berujung kepada hal-hal yang berbau pornografi, intoleransi atau rasisme.

2. Mengawasi Kegiatan Online Semua Pengguna

Kalian boleh terkejut namun begitulah. Kenyataannya Google selalu memantau apa saja yang di cari oleh para pengguna. Misalnya, apabila kita sedang mencari baju, Google mengetahuinya. Begitu juga ketika kita sedang mencari bahan-bahan untuk menulis artikel, skripsi atau tugas sekolah. Google mengetahui semuanya karena kita mencari di sana.

3. Mengambil Data

Karena Google mengetahui seluruh pencarian, ia pun mengambil data-data yang di perolehnya dari para pengguna. Bisa melalui pemberitahuan terlebih dahulu atau bahkan tidak sama sekali. Google juga bisa menyerap data melalui berbagai survei sehingga ia dapat menyimpulkan apa saja keinginan masyarakat saat ini. Mulai dari politik, ekonomi sampai kepada kesehatan.

Pengambilan data pribadi pengguna oleh Google tersebut menjadi salah satu ancaman terbesar terkait dengan privasi. Oleh sebab itu, seorang pendiri DuckDuckGo bernama Gabriel Weinberg menyarankan seluruh warga internet untuk beralih ke mesin pencarian anonim seperti yang ia dirikan agar privasi tetap terjaga.

4. Tetap Menyimpan Informasi Tanpa di Sadari

Jika kalian kembali menemukan foto yang sudah di hapus dari Instagram kalian melalui Google Image, hal tersebut menjadi salah satu bukti penting bahwa Google masih sempat menyimpan data-data pribadi penggunanya tanpa di sadari. Karena itu, bijaklah dalam menggunakan sosial media.

5. Menempatkan Iklan yang Belum Tentu Kredibel

Hal menyebalkan lain yang berasal dari Google adalah munculnya berbagai macam iklan. Bukan sekali dua kali melainkan sampai berkali-kali. Mengapa? Karena Google melakukannya untuk meraup keuntungan dari semua pengguna.

Di antara sekian banyak iklan di Google, terdapat sebagian yang dapat menjerumuskan masyarakat untuk melakukan hal-hal seperti perjudian, tenung dan lainnya sehingga penipuan serta gangguan oleh virus pun kerap terjadi.

6. Monopoli Pasar

Google memiliki segudang fitur yang dapat di akses jika kita mengunduh aplikasinya seperti G+, Google Translate, AdSense, Google Maps dan masih banyak lagi. Secara langsung, keberadaan fitur-fitur tersebut membuat Google semakin mendominasi dalam dunia teknologi sehingga situs atau aplikasi sejenis lainnya memiliki kesulitan untuk berkembang.

Saran dalam Menggunakan Google

Nah, kalian sudah mengetahui 6 sisi buruk yang di miliki oleh Google. Kini, yang perlu kalian lakukan hanyalah menggunakan Google dengan seperlunya. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan mesin pencari lain yang mendukung privasi pengguna sepenuhnya seperti DuckDuckGo dan MetaGer.

 

Demikianlah artikel mengenai Google. Semoga membantu dan selamat menggunakan internet!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here