Asal-Usul Knuckle Ball

0
188
sumber: http://www.ccdland.com

Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui apa arti sebenarnya dari ‘knuckle shoot’. Tendangan ini diberi nama knuckle karena menurut para ahli, saat terjadinya tendangan ini ada sebuah proses yang disebut dengan efek knuckle atau bola melayang diudara. Secara istilah, fenomena tendangan ini adalah sebuah tendangan yang meluncur keras dengan posisi yang tak banyak bergerak serta memiliki titik jatuh bola tak beraturan.

Terdapat dua fenomena pada efek knuckle, yaitu fenomena di bidang vertikal dan horizontal. Fenomena pada bidang vertikal sendiri adalah bola yang terjatuh lebih cepat dari seharusnya. Bola yang sedang meluncur kencang tiba-tiba jatuh seolah ada sesuatu yang mendorongnya dari atas. Sementara itu, fenomena di bidang horizontal adalah bola yang bergetar ke kanan dan ke kiri di udara. Hal inilah yang kemudian menyebabkan bola terlihat berbelok lebih dari sekali di udara.

Walau terdengar sulit untuk dilakukan, namun sudah banyak orang yang memberikan pembelajaran bagaimana cara melakukan tendangan dengan teknik knuckle. Meski belum banyak yang menguasai teknik ini, setidaknya mereka sudah pernah berhasil menendang dengan sempurna walau dalam berkali-kali percobaan.

Teknik dasar dari tendangan ini adalah kalian harus menggunakan punggung kaki untuk menghasilkan tendangan keras. Setelah kaki berbenturan dengan bola, kejadian itu harus segera dihentikan atau dengan kata lain kalian harus menghindari kontak secara berlebih dengan bola. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan dampak yang besar terhadap laju bola.

Serta yang tak kalah penting adalah posisi punggung kaki harus tepat mengenai bagian tengah bola. Jika sudah salah dalam melakukan tahap awal, hal buruk bisa terjadi pada pergelangan kaki kalian.

Teknik tendangan ini tak banyak dikuasai oleh para pemain. Tidak seperti tendangan melengkung yang sudah menjadi teknik mainstream pesepakbola masa kini, Knuckle shoot seolah memiliki keistimewaan nya sendiri. Hanya beberapa pemain tertentu saja yang bisa menerapkan teknik tendangan ini.

Beberapa dari kita mungkin mengira bahwa tendangan ini dimulai dari seorang pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo. Padahal ada nama Waldyr Pereira yang menjadi pencetus tendangan spesial ini. Pria ini merupakan pemain timnas Brazil era 50an. Waldyr Pereira memang dikenal sebagai spesialis tendangan bebas. Dan knuckle shoot inilah yang menjadi andalannya. Orang-orang pada masa itu menyebut tendangan Waldyr sebagai tendangan daun kering. Arah bola yang melayang tak beraturan diibaratkan sebagai daun kering yang jatuh dari pohon.

Semakin berkembangnya jaman. Teknik ini dibawa oleh pemain Brazil lainnya menuju Eropa. Salah satu pemain Brazil yang sangat identik dengan teknik istimewa ini adalah Juninho Pernambucano. Mantan bintang Lyon itu sudah hafal betul bagaimana cara menendang bola dengan menggunakan teknik knuckle shoot.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here