Anak Jalanan Yang Berprestasi Meski Mengamen

0
109
anak jalanan.merdeka.com

Anak jalanan yang biasa di kenal oleh orang-orang sebagai orang yang tidak mempunyai masa depan, hal ini sangat berbanding terbalik dengan keadaan anak-anak jalanan yangingin terus menempuh pendidikan melalui sekolah-sekolah darurat. Dodo dan dua rekannya merupakan anak asuh dari yayasan bina insan mandiri sekolah anak jalanan masjid terminal (master), depok, yayasan ini sudah berulang kali mencetak murid berprestasi. Dan pada tahun 2012 yang lalu, ada sebanyak 8 orang murid masuk ke sejumlah PTN.

Di antara mereka pun akhirnya bisa lolos juga dan delapan siswa ini mampu berhasil masuk ke empat PTN yaitu universitas negeri Jakarta (UNJ), universitas diponegoro (Undip) dan universitas jenderal sudirman (Unsoed). Jalurnya bermacam-macam. Ada jalur yang melalui SNMPTN, SIMAK UI atau jalur mandiri. Menurut pendiri sekolah terminal master depok memaparkan bahwa jalurnya memang banyak alternative. Berdasarkan cerita mereka untuk yang lolos memang sudah di persiapkan karena sudah terlihat mempunyai prestasi yang cukup menonjol daripada teman-temannya yang lain. Saat itu pun dia berharap ke depannya akan semakin banyak siswa-siswa yang di terima di PTN di seluruh tanah air.

Semenjak sekolah didirikan memang sudah banyak siswa yang masuk ke PTN. Sedangkan untuk yang bersekolah di luar negeri sudah ada tujuh orang. Selain sekolah-sekolah master di depok, adapula anak jalanan yang berprestasi yang selama ini bernaung di sanggar anak matahari. Mereka juga menjuarai kompetisi teater untuk umum pada event “ soul and humanity” yang mana teater itu di gelar oleh perhimpunan mahasiswa sastra inggris UNISMA bekasi. Pada saat itu sanggar membentuk tim yang terdiri dari 20 anak dengan usia beragam. Hal ini di karenakan kompetisi ini meminta para pesertanya bercerita tentang kemanusiaan, maka dengan itu sebagian besar dari mereka menceritakan kembali kisahnya pada saat mereka menjadi anak jalanan.

Mereka pun sangat sedih karena sejak dulu mereka-mereka yang ada di jalanan ini di anggap sebelah mata oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Akan tetapi semenjak adanya yayasan sekolah khusus anak jalananan yang di beri nama yayasan khairul sidiq alias ujang kurang lebih sepuluh tahun lalu didirikannya. Semua pembangunannya di mulai dari emperan toko sentra niaga bekasi. Di awal didirikannya sekolah ini anaknya hanya berjumlah 5 anak saja, namun setelah lama berjalan anak binaan ujang pun berubah menjadi 150 anak. Setelah datang adiknya yang bernama andi ke bekasi, sanggar ini pun semakin berkembang pesat lagi.

Tapi yang lebih mencengangkan lagi bahwa prestasi anak jalanan itu bukan hanya di pendidikan saja, namun mereka semua memiliki prestasi di bidang yang lain. Untuk bidang yang satu ini pun memiliki cerita anak jalanan yang cukup berprestasi di bidang olahraga. Sri rahayu yang semula minder untuk sekolah karena menjadi anak jalanan kini membuat orang di sekitarnya pun merasa bangga. Hal ini di karenakan dia mempunyai prestasi sebagai seorang atlet yang membanggakan di sekolahnya di yayasan alit. Dia pun bercerita pada saat itu dirinya sangat malu dan lebih suka menyendiri daripada berkumpul di lingkungan sekitar orang.

Akan tetapi menurut ceritanya, banyak teman yang memandangnya sebelah mata terhadap dirinya karena tinggal di pemukiman kumuh di sepanjang bibir sungai Surabaya. Namun semenjak kejadian tersebut pribadinya pun berubah dan beranjak setelah pertemuannya dengan seorang relawan yayasan anak lintang (alit), dimana lembaga ini sangat aktif mendampingi anak-anak jalanan yang mempunyai prestasi. Pada awalnya saya di ajak berlatih bersama beberapa anak-anak. Ternyata rupanya pembimbingnya kala itu mempunyai bakat di bidang olahraga lempar lembing dan otak peluru. Bahkan pada saat itu juga kemampuan ayu pun diasah.

Setelah itu ayu pun di ikutkan pada ke sebuah kejuaraan, dimana dirinya pernah menyabet piala KONI Surabaya yaitu piala wali kota Surabaya dan tulungagung open. Dirinya sungguh sangat tidak menduga hal ini bisa terjadi pada dirinya yang dulunya di pandang sebelah mata oleh orang-orang sekitar. Dan semenjak itu prestasi gemilang anak jalanan ini di teruskan ke berbagai kota agar anak-anak jalanan yang lain memiliki kesempatan yang sama.
Yayasan sekolah khusus anak jalanan pun melebarkan programnya ke semua kota. Selain itu mereka sudah mulai membuat bangunan-bangunan yang lumayan layak dari bangunan sebelumnya. Bahkan mereka semua berusaha mencari donasi demi terwujudnya yayasan yang baik dan berguna bagi mereka semua yang hidupnya berada di jalanan.

Ujang sediri sebagai pendiri yayasan tidak ingin masa depan anak-anak jalanan hancur brgitu saja hanya karena mereka tidak memiliki biaya. Ujang pun berkata setiap anak mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan untuk bekal ia nanti ketika ia sudah mulai dewasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here