Alasan Tragis Mesut Ozil Pensiun Dari Timnas Jerman

0
108

Mesut Ozil, pemain penting dalam kubu Jerman ini sukses membawa Tim Panser menjuarai Piala Dunia 2014. Aksi memukau dan permainan yang berkelas berhasil dipersembahkan oleh Pria 30 tahun ini. Namun, setelah performanya menurun terutama pada putaran Piala Dunia Russia lalu, secara mengejutkan Ozil memutuskan untuk pensiun dari Tim Jerman.

Banyak orang yang meraba apa sebenarnya yang membuat Ozil mundur dari Jerman. Berbagai spekulasi pun akhirnya dijawab Ozil melalui pengakuan yang cukup mengejutkan. Awalnya ia mengatakan bahwa “aku mempunyai darah Jerman dan Turki”, semua itu tidak menjadi masalah saat aku berhasil mempersembahkan beberapa kemenangan untuk para fans. Tetapi, ketika dirinya gagal membawa Jerman tampil apik di Piala Dunia 2018 banyak dari pendukung Jerman yang tidak menginginkan keberadaannya.

Parahnya lagi, Ozil merasa bahwa para pendukung Jerman benar-benar memojokkan dirinya, mereka menganggap bahwa Ozil adalah biang dari kekalahan negaranya. Dia terus mendapatkan kriktik dan perkataan yang tidak pantas. Sampai pada akhirnya sebuah fakta terungkap, foto sang pemain bersama Presiden Erdogan menjadi penyebab utama murka para fans. Banyak dari warga Jerman menganggap bahwa Ozil lebih memilih Turki daripada Jerman. Dan yang semakin membuat fans geram adalah pada saat yang bersamaan Jerman sedang terlibat konflik politik dengan Turki. Itulah mengapa Ozil dianggap main setengah hati untuk Jerman. Padahal Ozil mengaku bahwa foto dirinya bersama Sang Presiden adalah sebuah bentuk rasa hormat,

“Alasan aku berfoto dengan Presiden Erdogan adalah hanya karna aku ingin menunjukkan rasa hormat ku kepada petinggi negara dimana keluargaku tinggal”

‘Pekerjaan ku adalah sebagai pesepakbola, bukan sebagai politisi”

Menyusul aksi kemarahan fans, Ozil mendapat berbagai perlakuan mengerikan seperti teror melalui telefon hingga ancaman pembunuhan terhadap sang pemain. Hari-hari nya diisi oleh komentar-komentar rasis, kritik yang berlebih, bahkan tekanan dari para petinggi Tim Nasional Jerman. Beberapa mengatakan,

“Mungkin kita harus mempertimbangkan untuk tidak memakai jasanya lagi”

“Dia tak menyadari hal-hal yang menjadi ekspektasi rakyat Jerman”

“Beberapa tahun belakangan permainan Ozil sangatlah buruk”

Tak berhenti disitu, sponsor dan beberapa partner juga melepas kerjasamanya dengan Ozil. Bahkan ketika ia ingin melakukan kunjungan ke salah satu sekolah di Jerman dalam acara amal, pihak sekolah mengatakan bahwa mereka sudah tidak mau menerima nya lagi.

Perlakuan tersebut benar-benar membuat Ozil hancur dan tak habis pikir. Oleh sebab itu ia memutuskan untuk mengakhiri karir nya sebagai pemain Tim Nasional Jerman. Di salam perpisahan nya ia berkata,

“Aku adalah orang Jerman ketika kami menang, dan aku adalah seorang imigran ketika kami kalah”

Dia juga tidak mengungkapkan bahwa ia merasa tidak diinginkan, bahkan setelah beberapa capaian yang berhasil ia persembahkan sejak pertama ia bergabung pada tahun 2009 telah dilupakan begitu saja oleh para fans.

“Aku menggunakan kostum Jerman dengan penuh kebanggaan dan kebahagiaan, namun sekarang sudah tidak lagi”

Berhentinya Ozil dari Timnas Jerman jelas menjadi kerugian besar bagi Tim, mengingat usianya masih 30 tahun membuat nya masih bisa melakukan banyak hal untuk Tim Panser. Namun itu semua sudah menjadi takdir nya.

Berbagai perlakuan rasis yang sangat tidak dibenarkan membuat ia benar-benar mengakhiri karir nya sebagai pesepakbola Jerman. Menurut football lovers, bagaimana tangapan kalian atas perlakuan yang diterima Ozil? Silahkan tulis pendapat kalian pada kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa like dan share..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here