Alasan Mengapa Pesepakbola Harus Berhenti Mentato Tubuhnya

0
31

Seni tatto sangat digemari oleh beberapa pemain sepakbola dunia. Contoh pemain yang gemar melukis tubuhnya yaitu David Bechkam, Radja Nainggolan, Zlatan Ibrahimovic, Memphis Depay, Sergio Ramos, hingga Lionel Messi.

Tapi tahukah kalian, meskipun banyak pemain yang beralasan bahwa tatto bisa memperindah tubuhnya, ternyata tatto juga bisa berdampak buruk bagi tubuh manusia.

Menurut studi di Jerman dan Amerika tatto sangat berpengaruh terhadap performa fisik mereka. Dokter Ingo Froböse dari Universitas Olahraga Jerman mengatakan bahwa “Setiap klub bola professional sangat memperhatikan aspek terkecil dari setiap kesehatan para pemain nya, tapi mereka tidak memperhatikan kebiasaan buruk ini sama sekali”.

Padahal setiap tinta pada tatto bisa masuk melalui kulit dan mengalir bersama sel darah manusia. Hal ini bisa menyebabkan penurunan performa setiap pemain, bahkan akan membutuhkan waktu penyembuhan yang lama jika seorang pemain terkena cedera. Selain itu, tatto juga bisa mempengaruhi temperature tubuh manusia. Kulit merupakan sel terbesar pada tubuh, tapi para pesepakbola itu justru meracuninya. Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa tatto bisa mempengaruhi perkembangan kulit manusia. Mereka yang bertato mengeluarkan 50% lebih sedikit keringat dari mereka yang tidak bertato.

Bahkan seorang dokter di Liga Perancis mengungkapkan bahwa saat tubuh seorang pemain sepakbola di tatto, mereka jadi rentan terhadap cedera.

“Tulang sendi dan otot mereka menjadi lemah, itu menyebabkan resiko cedera menjadi semakin besar”

Namun banyak seniman tatto yang menyangkal keras tuduhan tersebut dengan mengatakan

“Para dokter itu hanya frustasi, banyak para pemain yang bertato namun tidak terjadi masalah pada kesehatan mereka”

“Para peneliti itu hanya tidak suka setelah tahu kita (seniman artis) bisa medapatkan alat medis dengan mudah tanpa harus mengenyam pendidikan hingga puluhan tahun seperti mereka”

Apapun itu, para dokter hanya mencoba untuk memberi peringatan pada setiap pemain sepakbola yang rela tubuhnya dilukis oleh seniman tatto. Meski banyak para pemain yang tak mengindahkan perkataan para peneliti itu, Critiano Ronaldo justru setuju akan pernyataan para dokter. Dirinya tahu betul resiko yang mengancam jika tubuhnya betatto. Selain itu, salah satu tujuan CR7 untuk tidak melukis tubuh kekarnya yaitu karena ia rutin melakukan donor darah yang mana sudah menjadi peraturan di beberapa negara bahwa orang yang bertato tidak diperbolehkan untuk melakukan aksi mulia tersebut.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here