Aku Diizinkan Main Game di Penjara

0
38

Halo, namaku Harry. Aku baru saja keluar dari lapas HMP Wealstun, West Yorkshire. Hari ini aku akan menceritakan aku yang dipenjara tapi tetap bisa main game. Dulu aku dihukum kurungan selama 6 tahun. aku dipenjara karena aku memproduksi kokain, dan punya niat untuk menyebarkannya dan ada beberapa tuntutan lain yang menyangkut MDMA, itu adalah sejenis ectasy.

Bagi banyak orang penjara adalah tempat untuk orang-orang jahat dihukum, mereka akan dikurung dan tidak bisa melakukan kegiatan apapun, dan jikalau ada pasti itu kegiatan yang membosankan.

Tapi, di beberapa lapas Inggris ada beberapa barang bebas beredar di dalam sel napi, seperti peralatan jahit, alat musik, dan konsol video game.

Video game sebenarnya sudah menjadi bagian dari sistem lapas Inggris sejak beberapa tahun lalu. Tapi keberadaan konsol video game juga pernah dikecam. Dulu, pada tahun 2008, ada salah satu surat kabar yang menyindir pengeluaran dana £ 221.726 yang dikeluarkan oleh pemerintahan partai buruh untuk membeli sepasang Nintendo dan konsol sejenis di lapas demi menghibur napi.

Artikel itu bahkan menyertakan kutipan peryataan salah satu anggota parlemen, Nigel Evans. Isi kutipannya begini “Apakah di lapas akan dibiarkan bermain PlayStation selama lima tahun termasuk proses rehabilitasi atau suatu hukuman? Pembayar pajak pasti berang jika tahu kalau kegiatan semacam ini dibiarkan terjadi dalam lapas.”

Selalu ada yang nyinyir, setiap kali berita tentang para napi yang menikmati konsol game online di lapas tercium oleh majalah atau tabloid. Lalu pada tahun 2014, ketika laman salah satu majalah meluncurkan berita bahwa beberapa konsol lama diganti dengan Xbox 360 mereka berhasil menyisipkan dictaphone pada seragam salah seorang sipir lapas yang identitasnya tidak disebutkan. Dan hasilnya, ucapan sipir lapas tersebut terekam dan dia mengatakan “jika para napi dibiarkan bermain video game, tinggal tunggu barang apa lagi yang akan masuk ke lapas. Tv layar lebar, sofa atau malah nantinya napi bisa seenaknya memesan makanan dari dalam sel?”

Padahal konsol game dalam lapas berperan cukup penting untuk mengalihkan pikiran para napi yang jika dibiarkan tanpa stimulasi, bisa mudah meledak, itu bisa merugikan napi lainnya atau malah menyakiti diri sendiri.

Menurutku, dengan adanya konsol game, ini akan membantu para napi tidak hanya bergaul dengan sesama napi, tapi juga membuat masa tahanan tidak terasa berat. Dan di sisi yang lain, bermain video game bisa menjadikan para napi berubah ke arah yang lebih baik bahkan dari saat sebelum mereka dijebloskan ke lapas.

Aku pikir, saat rasa bosan menyerang, orang akan jadi uring-uringan tanpa alasan yang jelas, gampang marah. dan pada kondisi seperti itu perkelahian bisa saja terjadi.

Di penjara juga ada pembagian kelas, kelas A untuk pelanggar kelas berat, kelas d adalah penjara yang terbuka. Dan aku sendiri mendekam di penjara kelas C.

Tidak hanya itu, setiap napi juga punya rangking yang ditentukan dari sebaik apa perilaku si napi dalam penjara.

Ada tiga status napi. Ada napi biasa, napi standar dan napi spesial. Kamu bisa masuk ke status napi standar jika kamu bisa bersikap baik. dan jika kamu bisa menunjukkan diri bahwa kamu bisa lebih baik lagi dan kamu bisa untuk tidak terjerumus dengan obat-obatan atau sejenisnya kamu bisa mendapatkan hak istimewa. Dan kalau bisa bertingkah laku sangat terpuji kamu bisa sampai pada status napi spesial. Menjadi napi spesial artinya kamu bisa mendapatkan kunjungan ekstra tiap bulan dan kamu bisa memakai pakaianmu sendiri. Aturan tiap penjara berbeda-beda. Tapi kalau di lapasku dulu sih, kamu bisa punya konsol sendiri.

Dulu, waktu aku di dalam sel, aku punya playstation 2, ya sih ini memang bukan konsol terbaru, tapi lumayan lah. Dan game yang paling digemari di lapasku adalah FIFA. Aku dan teman-teman napiku adalah fans berat FIFA. Semua orang memainkannya. Main FIFA baik untuk menjaga suasana penjara agar tetap kondusif.

Suatu hari nanti, jika kamu masuk penjara seperti yang pernah aku alami, di hari kerja kamu pasti akan sibuk bekerja di siang hari. Terus kami diberi waktu untuk bersosialisasi setengah jam di sore hari. tapi, saat akhir pekan rasanya beda. Tak ada pekerjaan yang bisa kami lakukan. waktu luang kami sangat banyak. Bayangkan kalau kami tidak disediakan game atau apapun itu, kami hanya akan berjalan seperti setrikaan di dalam sel.

Dengan adanya konsol bisa membuat orang jadi sibuk. Bayangkan saja jika kamu berada dalam selmu, terkunci sendirian di malam hari, semuanya pasti akan terasa runyam. Akan ada banyak pikiran negatif yang masuk ke otak.

Solusinya mungkin kamu bisa menonton TV tapi chanel yang ada di penjara sangat terbatas, bisa dipastikan yang kamu tonton hanya itu-itu saja.

Kalau aku biasanya duduk dan menulis atau kadang membaca karena kebetulan aku lumayan terdidik. Tapi sayangnya, tidak semua napi sepertiku, ada beberapa diantara mereka yang buta huruf karena tak pernah merasakan bangku sekolah. Dan orang-orang seperti itu biasanya punya kecenderungan menyakiti diri sendiri.

Jadi intinya, saat rasa sepi mulai menyerang, pikiran-pikiran yang buruk akan masuk ke dalam otak kita.

Jadi menurutku, konsol adalah salah satu alat yang berguna untuk mengalihkan pikiran. Konsol bisa membuat otak kita sibuk.

Orang-orang merasa hidup dalam lapas adalah hidup yang terpisah-pisah dan memang orang-orang itu ingin hidup sendiri-sendiri. Tapi saat turnamen FIFA digelar atau jika ada kejadian tertentu, semua orang akan merapat. Mereka akan berbincang-bincang satu sama lain. Dan kalau dipikir-pikir turnamen FIFA adalah cara yang cukup efektif untuk mewujudkan perdamaian di lapas.

Tapi tentu saja, konsol-konsol itu tidak bisa didapatkan dengan Cuma-Cuma. Untuk mendapatkan PS2 atau yang lebih keren dari itu, kamu harus bekerja keras.

Dulu, aku memulainya dengan bekerja di laundry. Lalu kami melayani pekerjaan dari luar, seperti mencuci seprai hotel dan sebagainya. Setelah itu aku dapat semacam kualifikasi di bidang IT dan jadi mentor departemen IT penjara, bantu-bantu napi lainnya. Jadi anggapan bahwa kami para napi duduk-duduk di dalam sel sambil main playstation itu tidak benar, pasti begitu kan yang dipikirkan oleh kritikus di luaran sana?

Padahal video game ini memberikan pengaruh yang cukup besar pada kesehatan dan masa depan kami para napi. Dan untuk menikmati video game ini kami harus bersikap sebaik mungkin, jadi tidak serta merta setiap napi mendapatkan video game dan memainkannya setiap hari. video game adalah balasan untuk kami yang punya itikad baik untuk berubah dan tidak lagi melakukan tindakan kriminal setelah keluar dari penjara.

Tentu saja aku nggak punya niatan untuk balik lagi ke sel demi main FIFA. Orang-orang sering bertanya padaku apakah aku akan menjagal prison architect, game tentang pembangunan dan manajemen penjara keluaran Introversion Software yang kabarnya berhasil meraup 10 juta dollar hanya lewat pre ordernya.

Itu adalah game yang gameplaynya mirip theme hospital. Mungkin aku akan membelinya sendiri. Game ini sepertinya bakal menggambarkan seperti apa rasanya hidup dalam penjara. Penjara itu organisasi yang besar dan ada banyak orang yang diawasi di dalamnya.

Sebagai kalimat penutup, menurutku, palystation serta konsol game sejenis bisa dibilang cukup berjasa untuk membuat hidup para napi di lapas lebih berwarna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here