8 Penemuan Asal Jepang yang Paling Berkesan dalam Sejarah

0
103
Source : https://pixabay.com

Jepang di kenal sebagai salah satu negara paling maju di dunia yang turut menyumbangkan ide-ide tertentu dan hasil perkembangan penelitian dalam bentuk penemuan sehingga tidak mengherankan jika banyak masyarakat di sana yang hidup berkecukupan secara finansial.

Kita tentu belum lupa bahwa Jepang juga merupakan negara yang pernah terpuruk oleh karena peristiwa nuklir yang menghantam kota Nagasaki dan Hiroshima. Nah! Oleh karena Jepang sudah membuktikan diri sebagai negeri yang mampu bangkit dari keterpurukan, kali ini kita akan melihat ulasan singkat mengenai 8 penemuan dari Jepang yang paling berkesan dalam sejarah.

1. Buku Novel

Source : https://unsplash.com/@jamesbold

Pada awal abad ke-11, novel paling pertama di dunia di tulis di Jepang oleh seorang penulis perempuan terkenal bernama Murasaki Shikibu. Judul dari novel tersebut ialah Genji Monogatari atau Cerita Pangeran Genji. Novel ini bercerita tentang seorang pangeran tampan yang memiliki banyak kekasih serta percintaan yang terlarang dengan ibu tirinya sendiri.

2. Mi Instan

Source : https://unsplash.com/@gaspanik

Bagi kalian yang suka sekali dengan makanan anak kost bernama Indomie, asal Indomie atau mi instan itu sendiri sebenarnya berakar dari Jepang. Setelah melihat kehancuran yang di akibatkan oleh perang, seseorang bernama Momofuku Ando memutuskan untuk mendirikan perusahaan Nissin dan meluncurkan produk mi instan pertama dengan rasa ayam. Wih, sedap!

3. Mesin Karaoke

Source : https://unsplash.com/@othentikisra

Banyak di antara kita yang suka pergi ke tempat karaoke untuk melepaskan penat, berkumpul bersama sahabat dan bahkan melatih kemampuan bernyanyi. Nah, tahukah kalian bahwa ide mesin karaoke yang kita kenal sekarang ini berasal dari seorang pebisnis bernama Daisuke Inoue?

Ya, Daisuke sudah memiliki pengalaman dalam bidang musik di masa mudanya. Setelah itu, ketika tahun 1969 berlangsung, ia pun memutuskan untuk membuat mesin karaoke.Pada mulanya, penemuan ini tidak begitu populer. Akan tetapi, cepat atau lambat, para pemilik bar pun menginginkan mesin tersebut ada di dalam bar mereka.

4. Emoji

Source : https://pixabay.com

Guys, kini kita sering banget menggunakan emoji untuk mengekspresikan diri dalam bentuk pesan singkat. Oleh sebab itu, kita harus mengucapkan terima kasih kepada seseorang bernama Shigetaka Kurita beserta timnya yang sudah bertugas dalam sebuah perusahaan bernama NTT DoCoMo.

Mereka menciptakan emoji karena frustasi dengan kenyataan saat itu di mana masyarakat hanya bisa mengirimkan pesan singkat berupa teks saja tanpa mengeluarkan ekspresi sesuai keinginan.

5. Alat Pemasak Nasi

Source : https://i.ytimg.com

Alat pemasak nasi atau rice cooker merupakan sebuah alat yang di ciptakan oleh perusahaan teknologi terkenal bernama Toshiba pada tahun 1955. Alat ini benar-benar populer di kalangan keluarga Jepang tahun 1960. Setelah kepopuleran itu berlangsung, alat pemasak nasi terus di kembangkan sesuai dengan kebutuhan setiap keluarga.

6. Kode QR

Source : https://pixabay.com

Kita bisa memanggil kode QR dengan sebutan QR code. Saat ini, kode QR sudah banyak di gunakan untuk mendapatkan berbagai informasi seperti produk, jadwal dan lain-lain. Aslinya, kode QR di ciptakan oleh anak perusahaan Toyota yang bernama Denso Wave dengan tujuan membantu proses produksi.

7. Printer 3-D

Source : https://unsplash.com/@_louisreed

Mungkin sekarang teknologi printer 3 dimensi terlihat fenomenal alias populer di mata dunia. Akan tetapi, ternyata teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Tepatnya pada tahun 1981 ketika seseorang bernama Hideo Kodama mempublikasikan ide briliannya di sebuah institusi di Nagoya. Ide tersebut kini di nyatakan sebagai konsep awal dari teknologi printer 3 dimensi.

8. Robot Android

Source : https://sc2.elpais.com.uy

Robot android paling pertama dunia dengan kode nama WABOT-1 di kembangkan pada tahun 1970 oleh Universitas Waseda. Robot android tersebut mempunyai telinga, mulut serta mata buatan dan mampu untuk mengangkat benda.

 

Demikianlah informasi mengenai 8 penemuan asal Jepang yang paling berkesan dalam sejarah. Semoga bermanfaat bagi kalian semua ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here