8 Manfaat Lain Coca – Cola Dalam Kehidupan Sehari-Hari, Nomor 8 Nggak Pernah Nyangka!

0
90
Sumber : Youtube & Pexels.com

Coca-cola adalah salah satu merk minuman cola bersoda yang paling terkenal di dunia. Di Indonesia sendiri juga banyak orang yang menyukainya. Terlepas dari efek berbahaya jika diminum berlebihan yang sudah banyak beredar di internet, ternyata Coca-Cola memiliki manfaat lain untuk digunakan di kehidupan sehari-hari. Penasaran apa saja? Ini dia ulasannya.

Membersihkan wajan dan panci

Wajan dan panci yang sudah berkerak karena gosong mungkin susah hilang jika hanya dicuci dengan menggunakan sabun biasa. Solusinya, Kamu bisa menuang sedikit Coca-cola ke dalam wajan atau panci tersebut kemudian didihkan. Setelah didiamkan sebentar untuk mengurangi panasnya, gosok-gosok wajan atau panci perlahan kemudian buang Coca-Cola nya. Untuk menghilakan baunya Kamu bisa mencucinya lagi dengan sabun penghilang lemak. Tada! Jadi kinclong lagi deh. Oh ya, Kamu juga bisa menyemprotkan Coca-Cola dari spray untuk pembersih peralatan dapur lain.

Membersihkan toilet

Sekarang ini banyak produk pembersih toilet yang dijual dipasaran, tapi jika persediaan sedang habis dan Kamu menemukan Coca-Cola di dalam kulkas bisa kok jadi pembersih alternatif. Caranya cukup tuangkan di pinggiran toilet dan beri jarak waktu sebentar sebelum disiram. Toilet pun jadi bersih seperti baru. Tapi jadi pikir-pikir lagi ya kalau pakai Coca-Cola buat bersihin toilet karena lumayan mahal, soalnya kalau diminum kayaknya lebih seger.

Menghilangkan karat

Mungkin Kamu punya sepeda yang lagi nganggur digudang? Bisa jadi karena lama nggak pernah dipakai sebagian spare partnya jadi karatan. Tenang aja! bersihin aja pakai Coca-Cola. Semprotkan Coca-Cola ke bagian yang berkarat seperti stang, rangka body, dan velg nya. Setelah itu gosok sampai karatnya luntur perlahan. Mungkin hasilnya nggak bisa semaksimal yang Kamu bayangkan karena tergantung juga pada tingkat karatannya, tapi lumayan kok daripada kelihatan jorok. Dipakai buat bersihin spare part motor atau mobil juga bisa lho!

Mengendurkan baut

Pernah merasakan susahnya ngendurin baut karena sudah mulai aus dan karatan. Gampang kok, sebelum Kamu bersusah payah melepasnya, coba tetesin sedikit Coca-Cola pada bagian ulirnya. Setelah itu coba gosok sampai karatnya hilang. Kini saatnya Kamu mengeksekusinya, dijamin bakal lebih enteng.

Menghilangkan noda minyak pada kain

Saking asiknya ngobrol sambil makan gorengan, akhirnya gorengannya jatuh di atas celana atau baju. Beruntung kalau sedang pakai pakaian berwarna gelap, tapi kalau cerah? hayo loh! Mencucinya dengan air nggak akan bisa menghilangkan noda minyak tersebut karena sejatinya zat keduanya memang nggak bisa bercampur. Kabar baiknya, kalau kebetulan Kamu memesan minuman Coca-Cola sebelumnya bisa kok digunakan buat bersihiin. Teteskan aja sedikit ke noda minyak tadi kemudian gosok sampai hilang, setelah itu keringkan dengan tisu.

Mengurangi bau menyengat

Coca-Cola ternyata juga bisa menyamarkan bau yang menyengat seperti bau bensin atau gas yang menempel di pakaian. Kalau mengalami hal tersebut, rendam saja dengan campuran air dan Coca-Cola dengan perbandingan1:1 sebelum dicuci. Hal tersebut akan membantu menghilangkan bau dengan cepat sehingga mencuci jadi lebih mudah.

Pereda sakit

Pernah merasakan digigit serangga seperti semut, nyamuk, lebah, atau jenis serangga sawah? Pastinya Kamu akan merasakan nyeri dan luka yang membekas seperti terbakar pada area kulit bekas gigitan tersebut. Selain bisa menggunakan minyak kayu putih, atau minyak obat gigitan serangga lain, Kamu bisa mengolesnya dengan Coca-Cola. Caranya dengan merendam sedikit kapas dalam Coca-Cola, setelah itu letakkan kapas tersebut pada area tadi. Bekas gigitan tersebut akan memudar perlahan.

Hair bleaching

Setelah melakukan pewaraan rambut ke salon, tapi kok hasilnya terlalu menor? Kamu bisa memudarkan sedikit warnanya dengan mengolesnya dengan sedikit Coa-Cola. Setelah itu cuci rambut seperti biasa. Selain itu Coca-Cola juga bisa membantu memudahkan melepas permen karet yang nggak senaja menempel pada rambut. Caranya cukup Kamu oles ke rambut dan permen karet tadi, lama-kelamaan permukaan rambut akan licin sehingga lebih mudah untuk melepaskannya.

Nah itu dia manfaat lain Coca-Cola selain untuk diminum. Kamu bisa coba cara-cara di atas sesuai petunjuk atau tutorial yang sudah banyak beredar di Youtube.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here