7 Tips Keuangan Bagi Para Karyawan Agar Hari Tua Tak Ngenes!

0
51
source: Foto: https://journal.sociolla.com/lifestyle/dana-pensiun-sejak-muda/

Salah satu kebiasaan orang sukses yang perlu dicontek adalah mengenai tata kelola keuangan, dimana bisa menjamin hari tua menjadi lebih baik. Siapa yang tidak mau hari tuanya bahagia dan tak pusing memikirkan isi dompet? Dijamin siapa saja menginginkanya termasuk juga kamu, dan mulailah sejak sekarang karena mengelola keuangan tak semudah membalik telapak tangan.

Meski kamu hanya karyawan biasa dengan mencontek kebiasaan mengelola keuangan berikut dijamin hari tuamu bebas dari kata ngenes.

1. Terbiasa menabung sejak dini,
Budaya menabung ternyata penting karena bisa membantu pelakunya punya dana simpanan yang cukup untuk hari tua, bahkan bisa diwariskan juga loh! Nah, mulailah dari sekarang untuk belajar menabung dan bukan karena nominalnya yang besar namun sesering apa kamu bisa menabung meski sedikit. Awalnya memang berat apalagi jika selama ini tak biasa menyisihkan penghasilan untuk ditabung, namun lama-lama dijamin terasa ringan.

2. Punya tabungan khusus untuk hari tua nanti,
Setelah sukses menyisihkan sebagian kecil gaji bulanan kamu meski jumlahnya tak seberapa, sekarang bisa membagi tabungan tersebut. Satu sisi kamu pakai untuk investasi agar punya passieve income sehingga saku tak pernah kosong. Kemudian disi kedua untuk dana pensiun, paling tidak kamu dana pensiun 10% dari total gaji bulanan.

Tentunya jumlah ini ringan ketika kamu imbangi pula dengan hidup hemat dan tak suka jajan sekaligus nongkrong-nongkrong tak jelas. Tabungan hari tua ini tanpa sadar akan terkumpul dalam jumlah lumayan, apalagi jika kamu memulainya lebih dini. Jadi silahkan mulai memisahkan tabungan kamu untuk sebagian dialokasikan ke dana pensiun sejak sekarang agar terkumpul semakin banyak!

3. Sudah tahu mana keinginan dan kebutuhan,
Godaan untuk belanja suatu produk ataupun jasa kerap dialami siapa saja terlebih selepas menerima gaji bulanan. Belanja boleh saja dilakukan karena kebutuhan apapun terpenuhi dengan transaksi semacam ini. hanya saja orang sukses akan belanja berdasarkan kebutuhan bukan pada keinginan. Tergiur punya barang diskon atau model baru yang inovatif pasti ada, namun tanyakan ke diri sendiri produk ini dibutuhkan atau tidak?

Orang yang ingin sukses akan terus belajar membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan sehingga saat belanja dilakukan tak pernah kebobolan. Cobalah untuk menentukan prioritas, awalnya kamu butuh catatan atau daftar belanja. Namun jika sudah paham mana prioritas kamu sekedar diingat di kepala pun dijamin tak akan dilanggar. Efeknya di hari tua kamu punya tabungan banyak dan tak cemas soal uang.

4. Membuat budget untuk setiap keperluan bulanan,
Kamu masih malas membuat budget untuk semua kebutuhan bulananmu? Pastikan kamu mulai menggusur rasa malas ini karena mayoritas orang sukses menjadikan kegiatan menentukan budget ini sebagai kegiatan penting. Supaya saat membeli kebutuhan apapun selalu disesuaikan budget dan tak pernah sekalipun mencomot dana yang hendak ditabung atau diinvestasikan.

Terbiasa belanja apapun sesuai budget termasuk biaya makan sehari-hari membuat pengeluaran kamu lebih tertata rapi. Ketika sudah dibiasakan tak peduli seberapa kecil gaji bulanan kamu dijamin sanggup menyisihkanya untuk ditabung, termasuk ke tabungan hari tua. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

5. Lebih sering pakai uang tunai untuk bertransaksi,
Era digital seperti sekarang membuat kartu kredit naik daun karena menawarkan kemudahan saat bertransaksi. Rupanya tak sedikit orang terjebak masalah hutang berkepanjangan karena pemakaian yang melenceng dari tujuan diciptakanya kartu elektronik tersebut. Nah, tiru saja kebiasaan orang sukses yang memilih membayar transaksi apapun secara tunai dan memperbanyak pembayaran secara langsung bukan lewat transaksi gesek.

6. Gemar memanfaatkan voucher, diskon, giveaway,
Meski sudah menjadi tajir tujuh turunan tak membuat seseorang merasa haram untuk menikmati barang diskon, obral, voucher, bahkan giveaway. Jika orang yang sudah mapan dari segi finansial tetap menikmati produk-produk turun harga bahkan gratisan. Mengapa kamu yang statusnya masih karyawan biasa musti malu dan gengsi? Nah, mulai sekarang cobalah berburu produk semacam ini di tempat belanja dijamin pengeluaran lebih rendah dari biasanya.

7. Tidak mengandalkan gengsi dalam pergaulan,
Orang sukses tak pernah mengikuti gengsi, ketika melihat teman dekat membeli tas branded harga milyaran. Tak terbersit keinginan untuk membelinya juga karena mereka tahu kesuksesan tak dilihat dari apa yang kamu pakai dan ditenteng. Melainkan dari saldo tabungan dan seberapa kecil hutangmu di bank. Jadi jangan ikuti gengsi sebab membuat hari tua sengsara, melainkan sesuai selera dan kebutuhan dijamin hari tuamu bahagia!

Sukses di hari tua impian semua orang, dan untuk memilikinya tak bisa mengucapkan mantra bim salabim dan langsung jadi. Melainkan melakukan kebiasaan baik di atas, yang tentunya wajib kamu coba untuk menikmati hari tua yang berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here