7 Takhayul yang Masih Dipercaya Orang-orang Barat

0
22

Masyarakat barat dikenal sebagai orang-orang yang berpikiran maju dan terbuka. Sulit untuk membayangkan mereka berhubungan dengan hal-hal yang dianggap tidak masuk akal, seperti takhayul.

Tapi, pada kenyataannya, ternyata di setiap negara punya kepercayaan akan takhayul yang sampai sekarang tetap dipercaya, tak terkecuali masyarakat dari benua Eropa dan Amerika.

Di Indonesia sendiri, khususnya masyarakat Jawa, jika ada burung gagak yang terbang atau berputar-putar di atas rumah atau sekedar bertengger di pekarangan, dipercaya sebagai pertanda jika salah satu dari penghuni rumah akan sakit parah atau meninggal dunia.

Meski memang tidak terbukti secara ilmiah, nyatanya takhayul tersebut masih tetap diyakini.

Lalu, bagaimana takhayul di masyarakat barat yang hingga sekarang masih tetap dipercaya? Apakah sama dengan yang populer di Indonesia?

Berikut kami rangkum 7 takhayul yang masih dipercaya orang-orang barat.

Tidak Menyeberang Jalan saat Halloween

Halloween merupakan satu perayaan yang diperingati setiap tanggal 31 Oktober yang dapat ditemukan di beberapa negara. Disebut juga dengan malam Hari Raya Semua Orang Kudus atau All Hallows’ Day di Kekristenan Barat.

Di salah satu negara bagian barat daya Britania Raya, Wales, ada kepercayaan yang masih dipegang hingga sekarang, yakni mereka harus menghindari penyeberangan jalan untuk menghindari nasib buruk pada saat Halloween.

Dan untuk mereka yang ingin bernasib baik, mereka harus menyalakan lilin oranye saat tengah malam Halloween dan membiarkannya tetap menyala sampai matahari terbit.

Menahan Nafas saat Melewati Kuburan atau Terowongan

Kita semua tahu, bahwa aktivitas berkendara berisiko tinggi mengalami kecelakaan. Walaupun, kita sudah sangat berhati-hati, namun, tak menutup kemungkinan jika kecerobohan dari pengendara lain atau faktor eksternal lainnya bisa membuat kita turut mengalami kemalangan.

Untuk mencegah hal-hal tak diinginkan selama berkendara, masyarakat barat punya ritual unik yang sampai saat ini masih dipercaya, yaitu dengan menahan nafas saat melewati kuburan atau terowongan. Hal itu bertujuan agar mereka tak diganggu roh jahat saat melewati area tersebut.

Selain itu, ada juga sebagian orang yang percaya jika membeli kendaraan baru pada hari jumat tanggal 13 bulan apa saja atau mengendarai kendaraan di jalan bernomor 13 akan ditimpa kesialan.

Jadi, untuk menghindari nasib buruk, sebisa mungkin mereka tidak akan membeli kendaraan baru di hari dan tanggal itu serta tidak melewati jalan bernomor 13.

Kepercayaan Agar Tidur Nyenyak

Sebagian masyarakat barat percaya, jika ingin terhindar dari mimpi buruk saat tidur, maka tidurlah dengan posisi wajah menghadap ke barat. Selain itu, mereka juga percaya jika meletakkan tempat tidur jauh dari pintu dapat mencegah datangnya mimpi buruk.

Selain dua hal tadi, juga ada sebagian masyarakat barat yang punya kebiasaan melarang kucing masuk kamar agar tak ditimpa kesialan. Ada juga larangan menggantung gambar Titanic atau kejadian/hal apapun yang berbau-bau kecelakaan, karena dikhawatirkan bisa menimbulkan masalah dalam rumah tangga.

Mitos Ibu Hamil

Di Indonesia ada kepercayaan berbau mistis terkait ibu hamil, yaitu seorang wanita hamil harus menyematkan peniti, gunting dan bangle di baju atau pakaian dalamnya agar tidak diganggu makhluk astral dan bayi yang dikandungnya tidak dicuri makhluk halus.

Berbeda dengan Indonesia, wanita-wanita hamil di dunia barat melindungi bayi mereka dengan memakai kunci di leher saat bulan purnama. Karena menurut mereka, dengan kunci itu cahaya bulan akan terpantul, yang kemudian akan memancar ke perut si wanita hamil, dengan begitu si jabang bayi akan terhindar dari masalah bibir sumbing.

Dan untuk ibu hamil yang berniat mengadakan acara ‘baby shower’, biasanya dilakukan saat kandungan berusia 7 atau 9 bulan, karena konon katanya, dua angka tersebut membawa keberuntungan.

Tak hanya itu, ada juga sebagian ibu hamil yang tidak akan memotong rambutnya karena percaya jika itu dilakukan akan membuat si jabang bayi mengalami gangguan penglihatan.

Takhayul di Hari Upacara Kematian

Di kalangan masyarakat barat ada beberapa hal yang dipercaya hingga sekarang terkait upacara kematian.

Seperti meletakkan uang koin di mata almarhum dan menguburnya menghadap ke timur. Lalu, saat jenazah akan dikeluarkan dari rumah, posisi kaki harus keluar lebih dulu. Karena, jika kepala keluar lebih dulu, dikhawatirkan arwah dari orang yang meninggal itu mengganggu orang-orang yang ada di dalam rumah dan menghasut mereka untuk ikut masuk ke liang kubur.

Tak hanya itu, ada juga sebagian orang-orang barat yang mengatakan jika saat pulang, sang pembawa jenazah disarankan untuk menggunakan jalur lain agar si arwah tak mengikuti mereka.

Ritual Khusus Saat Makan dan Minum

Sebagian orang benua Eropa dan Amerika punya ritual khusus saat makan dan minum.

Yang pertama, saat mereka minum secangkir teh sebelum makan malam mereka tidak akan menambahkan susu ke dalamnya sebelum gula. Karena, mereka percaya jika mereka melakukan kesalahan saat memasukkan susu dan gula, mereka akan sulit menemukan jodoh.

Yang kedua, saat mereka minum secangkir kopi dan melihat ada gelembung di minuman tersebut, mereka akan mengambilnya dengan sendok teh dan memakannya. Mereka percaya hal itu akan membuat mereka jadi cepat kaya.

Lalu yang ketiga, jika ada seseorang yang ingin mengadakan jamuan makan, terutama saat makan malam, tamu yang hadir tidak boleh berjumlah 13 orang dalam satu meja makan. Karena menurut kepercayaan mereka, akan ada salah satu tamu tidak beruntung yang akan meninggal dalam satu tahun.

Warna Biru untuk Menangkal Hantu

Sebagian besar orang senang mewarnai dinding rumahnya dengan warna-warna favorit mereka. Warna cerah biasanya menjadi opsi utama karena dapat memantulkan cahaya dan panas dengan baik serta membuat rumah jadi lebiha adem.

Namun, sebagian masyarakat Amerika Serikat bagian selatan mengecat teras dan langit-langit rumah mereka dengan warna biru laut. Hal itu mereka lakukan untuk melindungi rumah yang baru dibangun dari gangguan ‘roh jahat’, yang konon katanya dapat mengancam kebahagiaan keluarga.

Warna biru dipercaya dapat mengusir roh-roh jahat yang masuk ke dalam rumah, karena dapat membingungkan mereka, menurut kepercayaan penduduk setempat, para roh jahat akan mengira bahwa langit-langit rumah adalah air.

Dan untuk mereka yang ingin pelindungan tambahan, mereka dapat mengecat jendela dan bingkainya dengan warna biru.

Itulah daftar 7 takhayul yang masih dipercaya orang-orang barat. Nggak nyangka ya, ternyata di negara-negara lain pun ada kepercayaan-kepercayaan yang aneh dan berbau mistis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here