7 Alasan Kenapa Smartphone Cina Kok Bisa Dijual Murah

0
132

Saat ini smartphone cina sudah mulai menguasai pasar smartphone dunia. Brand terkenal seperti Xiaomi, Huawei, dan Asus menjadi contoh bahwa vendor cina tersebut mampu menyaingi brand ternama sekelas Apple atau Samsung. Dengan mengusung spesifikasi yang mumpuni, mereka bisa menjual smartphonenya dengan harga murah, lho! Kok bisa? Ternyata ini 7 rahasia kenpa smartphone buatan cina bisa dijual ‘murah meriah’.

Upah Pekerja Minim

Salah satu alasan yang pertama kenapa smartphone cina murah yaitu upah tenaga kerjanya juga murah. Upah para pekerja di sana umumnya murah jika dibandingkan biaya hidup di sana ya. Ini karena masing-masing negara punya perbandingan upah minimum yang berbeda-beda jika dibandingkan dengan biaya hidup sehari hari, seperti harga bahan pokok, bbm, dan lain-lain. Makanya banyak produsen smartphone membangun pabrik di sana.

Bahan Baku Yang Melimpah

Cina adalah negara pembuat smartphone yang utama dan paling produktif. Ini dikarenakan bahan baku di sana yang melimpah. 16 dari 17 bahan langka di dunia biasanya digunakan untuk memproduksi smartphone. Cina bisa menghasilkan 95% bahan bumi langka tersebut, sedangkan Amerika Serikat hanya sekitar 13%, dan India 2,5%.

Fokus Pada Penjualan Online

Perusahaan Samsung dan Apple telah banyak menghabiskan biaya untuk membangun gerai, service center, dan ekosistemnya untuk meningkatkan layanan purna jual brandnya sendiri. Sedangkan untuk smartphone Cina, mereka lebih mengandalkan penjualan online demi menghasilkan uang bukan malah membuang-buang uang.

Menyempurnakan Teknologi Lama

Spesifikasi smartphone cina memang terlihat wah jika mengingat harganya yang murah. Tapi jangan buru-buru seneng nih. Pasalnya untuk menyeimbangkan antara kinerja dan harga hardwarenya, mereka masih menggunakan komponen lama lho! Misalnya untuk RAM berteknologi DDR4 terbaru, mereka bisa saja mengadopsinya dari RAM DDR3 yang sudah ada. Selain itu kualitas layarnya juga perlu dicermati jika dibandingkan dengan layar amoled milik samsung dan panel IPS dari vendor terkemuka.

Menekan Biaya Marketing

Bagusnya vendor cina, mereka nggak mau susah-susah mengiklankan produknya pada media dengan membuat iklan besar-besaran yang hanya akan menghabiskan uang. Untuk menekan biaya maarketing mereka biasanya menggunakan sistem penjualan online, sebut saja Xiomi. Xiaomi menerapkan sistem flash sale setiap mengeluarkan produk-produk barunya. Tidak butuh ikaln TV, sponsor, atau membayar artis untuk jadi brand ambasador.

Research And Development

Raksasa teknologi seperti Apple, Microsoft, Google, dan Samsung rela mengeluarkan biaya untuk penelitian dan pengembangan produknya. Tapi untuk produk cina, Kamu nggak akan menemukan perubahan teknologi yang berarti pada smartphone besutannya. Namun, vendor smartphone asal Cina juga pintar membaca pasar dengan mengamati trend smartphone yang ada, kemudian mereka mengembangkan mutu dari penelitian yang sudah ada.

Kualitas Yang Semakin Baik

Di dukung pengalaman setiap tahunnya dengan memproduksi beberapa smartphone, vendor Cina kini berlomba-lomba untuk semakin berkembang. Bahkan keberadaanya sendiri kini bisa menjadi ancaman bagi brand smartphone besar. Hal ini dibuktikan dengan kualitas smartphone Cina yang makin lama semakin menunjukkan progress yang baik. Kini, nggak ada lagi istilah ‘halah HP Cina bisa apa?’.

Ituah alasan kenapa smartphone Cina bisa murah. Mungkin untuk sebagian orang akan merasa puas dengan spesifikasi dan harga murah yang ditawarkan, namun sebagian orang lagi mungkin masih juga setia dengan brand-brand berkelas lain yang lebih dulu muncul meskipun harganya tak semurah HP Cina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here