7 Pemain yang Kariernya Merosot Akibat Sir Alex Ferguson Pensiun

0
125

Pengaruh Sir Alex Ferguson di Old Trafford benar-benar sampai ke akar-akar rumputnya. Para pemain yang pernah sangat ia andalkan nyatanya bisa tak berguna di tangan pelatih lain. Berikut tujuh pemain yang tak sanggup bersinar semenjak Fergie pensiun…

Rafael da Silva

Bek kanan kembaran Fabio da Silva ini menempati pos bek kanan utama di tahun-tahun pamungkas Sir Alex. Pada musim perpisahan 2012/13, ia mengoleksi 28 penampilan liga. Ia mengumpulkan 3 trofi Liga Inggris, 2 Piala Liga, 3 Community Shield, dan 1 Piala Dunia Antar Klub, serta dua kali runner-up Liga Champions. Entah mengapa, baik Louis van Gaal maupun David Moyes tak tertarik dengannya. Per musim 2015/16, ia pindah ke klub raksasa Perancis, namun tak pernah sanggup menembus 30 penampilan per musimnya.

Jonny Evans

Meski tak pernah benar-benar menembus skuad utama Manchester United, Jonny Evans tetap dianggap sebagai penerus Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand. Sepanjang berkarier di Old Trafford, ia mengoleksi 131 penampilan dan telah mencetak 4 gol. Tiga trofi Liga Inggris, dua piala liga, 4 Community Shield, dan satu piala dunia klub telah diraihnya. Ketika Sir Alex pensiun, segala sesuatu tak berjalan baik baginya. Ia cuma jadi pelapis di era Moyes dan Van Gaal, yang membuatnya memutuskan pindah ke West Brom dan Leicester.

Danny Welbeck

Tak diragukan, masa-masa terbaik dalam karier Danny Welbeck terjadi saat ia dipinjamkan ke Sunderland pada 2010/11 dan dua musim terakhir Sir Alex pada 2011-2013. Berkat tangan dingin Sir Alex dalam membimbing pemain muda, Welbeck pernah dianggap sebagai salah satu penyerang muda berbakat di Inggris. Ia tak sanggup menyamai level yang ia tunjukkan semasa muda, setelah hanya menjadi striker pelapis sejak pindah ke Arsenal pada 2015.

Javier “Chicharito” Hernandez

Bakat Chihcarito ditemukan Fergie saat sang penyerang memperkuat Guadalajara. Bersama United-nya Sir Alex, ia dikenal sebagai penyerang tajam yang seringkali muncul dari bangku cadangan. Namun, ia tak menemukan lagi kualitasnya semenjak Fergie pensiun. Ia sempat dipinjamkan ke Madrid, ketika ia menjadi cadangan abadi Karim Benzema, lalu hijrah ke Bayer Leverkusen, yang membuatnya kembali diperhitungkan, kemudian menjadi cadangan lagi di West Ham United.

Luis Nani

Datang dengan predikat The Next Luis Figo, Nani sempat menjadi idola publik Old Trafford berkat kemampuannya menyisir sayap kanan dan kiri, dengan dua kaki sama-sama hidup. Begitu Sir Alex pensiun dan Moyes masuk, kualitas Nani langsung merosot dan harus menjalani masa pengasingan yang singkat di banyak klub. Ia telah berpetualang di Sporting Lisbon, Fenerbahce, Valencia, dan Lazio sejak kepergian Sir Alex.

Tom Cleverley
Tom Cleverley belum sempat menembus tim utama United hingga Sir Alex pensiun, tetapi telah menahbiskan diri sebagai gelandang muda yang patut diperhitungkan. Pelatih-pelatih United berikutnya terbukti tak mampu membuat Cleverley bersinar, yang terpaksa pindah ke Aston Villa, Everton, dan Watford sejak kedatangan Louis van Gaal. Musim ini, ia belum kelihatan sama sekali di skuad Watford.

Anderson

Dalam karier yang dipenuhi riwayat cedera, Anderson tak pernah luput dari pengawasan Sir Alex semenjak didatangkan dari Brasil. Begitu Sir Alex pergi, tak ada yang mampu mengontrolnya. Moyes cuma memberinya 4 pertandingan dan lalu meminjamkannya ke Fiorentina. Van Gaal malah menjualnya ke Internacional. Bakat Anderson menjadi redup sejak Fergie memutuskan pensiun.

Hantu Fergie akan selalu gentayangan di Old Trafford. Ia akan menjadi momok bagi para pelatih setelah dirinya, juga para pemain yang selalu dihantui keberhasilan era Fergie. Meski waktu terus berlanjut, United mungkin akan selalu terjebak dalam bayang-bayang masa lalu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here