7 Pemain Besar yang Dijual Jose Mourinho

0
115

Jose Mourinho memang diakui sebagai salah satu pelatih terhebat sepanjang masa. Namun itu tak berarti dia bersih dari kesalahan. Berikut daftar pemain hebat yang pernah ia jual yang dirangkum Starting Eleven…

Mohamed Salah

Sayap asal Mesir berhasil tampil memukai tiap kali melawan Chelsea semasa membela Basel. Ketika dibeli klub London pada Januari 2014, ia tak mampu menembus tim utama, gagal beradaptasi dengan kecepatan Liga Inggris. Mourinho lalu meminjamkannya dua kali ke Fiorentina dan Roma, sebelum akhirnya ditebus Roma pada 2016/17. Mencetak performa gemilang dengan koleksi1 9 gol di musim itu, Liverpool datang dengan mahar 43 juta poundsterling 12 bulan kemudian. Salah akhirnya mampu bersinar di Inggris, mencetak 32 gol yang memecahkan rekor liga.

Juan Mata

Sebelum Mourinho datang untuk kedua kalinya di Chelsea, Juan Mata merupakan pemain terbaik Chelsea dua tahun berturut-turut saat memenangi Liga Champions dan Liga Europa. Enam bulan pertama di musim 2013/14 tampak tak membahagiakan bagi Mata ketika Mou lebih memilih Oscar dan Willian. Mata dijual ke rival Manchester United dengan harga 37 juta poundsterling pada bursa transfer musim dingin 2014.

Arjen Robben

Cedera di awal kariernya memang membuat dirinya terpengaruh, terutama dengan keganasan Liga Inggris. Setelah hanya mencatat 67 penampilan dalam tiga musim di Chelsea, ia dijual ke Real Madrid pada 2007 dengan harga 24 juta pounds. Dua musim di Santiago Bernabeu, inverted winger asal Belanda pindah ke Bayern Munich dan memenangi 14 trofi di sana.

Romelu Lukaku

Lukaku mengalami dua musim peminjaman yang mengesankan di West Brom dan Everton. Saat itu, meski punya potensi besar dan sudah teruji di Liga Inggris, Mou lebih memilih Diego Costa. Lukaku pun dijual dengan Everton memecahkan rekor transfer klub, seharga 28 juta pounds. Lukaku menjadi mesin gol utama Everton dan tiga musim kemudian, ia mendapat panggilan dari Mou yang sudah melatih Manchester United. Kali ini Mou memberi Everton 75 juta pounds.

Zlatan Ibrahimovic

Barcelona yang menggoda Ibrahimovic pada 2009 terpaksa membuat Mourinho mencari keputusan terbaik. The Special One menerima 59 juta Euro dan mengamankan Samuel Eto’o. Dengan Mou meraih treble di musim itu, tampaknya Mou mengalami untung besar. Ibra di kemudian hari kembali bermain untuk Mou di Manchester United.

Leonardo Bonucci

Tak seperti penjualan Zlatan, Mou seperti tak peduli dengan Bonucci. Saat itu masih berusia 22 tahun, Bonucci dijual ke Genoa sebagai bagian transfer Diego Milito. Belum sempat menjalani musim di Genoa, ia sudah dijual ke Bari. Penampilan ciamiknya di klub ini membuat Juventus meminangnya pada 2010. Semenjak kepindahan senilai 15,5 juta Euro tersebut, ia membentuk batu karang yang dihormati seluruh Eropa bersama Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, dan Gianluigi Buffon.

Kevin de Bruyne

Direkrut oleh Chelsea pada masa Andre Villas-Boas, De Bruyne cuma mengecap tiga penampilan Liga dalam dua musim. Mourinho menjualnya ke Wolfsburg pada 2014 dengan harga 18 juta Pounds. Dengan 16 gol dan 20 assist, De Bruyne terpilih jadi pemain terbaik Bundesliga 2014/15. Manchester City lalu mencaploknya dengan mahar 55 juta Pounds, dan kini menjadi rival Mou di Manchester.

Beberapa pemain di atas pada akhirnya bermain kembali untuk Mou, bahkan mampu jadi pilihan utama. Namun beberapa yang lain malah jadi rival dan menyulitkan Mou di masa kini. Sepak bola memang kadang susah ditebak…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here