7 Kota Mati Paling Menyeramkan di Dunia

0
71
afp.com

Penduduk merupakan hal yang paling penting di dalam sebuah kota atau tempat tinggal. Namun apa jadinya kalau ada beberapa kota di dunia ini yang justru sudah hilang penduduknya. Mungkin tempat tersebut bisa di sebut dengan kota mati. Akan tetapi selalu ada alasan kenapa penduduk pada hilang atau pindah dari kota tersebut. Dan biasanya di pengaruhi oleh keamanan dan juga keselamatan para penduduknya sampai mereka harus lari dari kota tersebut.

Nah, di ringkas dari beberapa sumber ini dia beberapa kota yang sudah di juluki sebagai kota yang mati. Berikut rangkumannya.

1. Wittenoom, Autralia

Merdeka.com

Wittenoom merupakan salah satu kota kecil di Australia, namun saying harus di tinggal oleh penghuninya. Pemerintah pun menutup kota ini karena warga nya sakit-sakitan yang di sebabkan udara kotor. Wittenoom pernah popupel dengan tmbang asbesnya. Kota ini pun merupakan pemasok asbes biru dalam beberapa kurun waktu di tahun 1950-an sampai 1960-an.

2. Pripyat, Ukraina

Getty Images.com

Pripyat merupakan kota hantu di sebelah pembangkit tenaga nulkir Chernobyl di oblast kiev, sebelah utara ukraina, dekat perbatasan Belarus. Kota ini didirikan pada tahun 1970 untuk para pegawai pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl beserta keluarga. Kota ini dulu di namai sebagai sungai yang mengalir di dekatnya. Akan tetapi hanya bertahan selama 16 tahun.

Setelah terjadinya ledakan 4 reaktor nuklir di tahun 1986. Kejadian itu membuat 45.000 penduduknya mengungsi karena menghindari efek partikel radio aktif. Bencana Chernobyl merupakan kecelakaan reactor nuklir yang begitu buruk di dalam sejarah. Sejak kejadian itu kota ini menjadi kota mati.

3. Centralia, Pennsylvania- AS

afp.com

Centralia merupakan kota yang mati di negara bagian Amerika serikat. Jumlah penduduknya turun drastic dari 2761 penduduk di tahun 1980 sampai hanya berjumlah 10 orang saja di tahun 2010. Penyebabnya pun di karenakan adanya kebakaran batu bara di tahun 1962. Akan tetapi di bawah tanah Centralia ada sebuah api dari tambang batu bara yang cukup lama menyala sampai sekarang sejak tahun 1962. Pada awalnya penduduk kota ini tidak mau pindah karena mereka anggap ini tidaklah berbahaya.

Tambang tersebut di buka di Centralia pada tahun 1856 dan membuat kota ini menjadi tumbuh pesat. Namun sejak terjadinya kebakaran itu, penduduknya di ungsikan ke tempat yang lebih aman. Dan kota ini sampai sekarang masih di sebut sebagai zona bahaya untuk di masukin karena sampai sekarang ini api yang melalap tambang itu masih berkobar di bawah tanah. Dan akhirnya kota ini menjadilah kota mati yang hanya menyisakan beberapa orang saja.

4. Bodie, California-AS

weather.com

Kota badie di California dulu nya sangat terkenal karena tambang emasnya di tahun 1859. Pada saat itu kota bodie mempunyai jumlah penduduk sebanyak 8500 penduduk dengan bangunan 2000 bangunan. Akan tetapi di tahun 1881, tambang emas di kota ini mulai menipis dan di lengkapi dengan adanya kebakaran yang terkadi pada tahun 1932 yang membakar seluruh bangunan di kota ini. Dan tidak lama setelahnya kota ini pun mulai di tinggalkan penduduknya.

5. Oradour-Sur-Glane, Prancis

merdeka.com

Desa di haute-vienne, nouvelle-aquitaine hancur karena terjadinya pembantaian missal pada tanggal 10 juni 1944. Dimana 642 penduduknya di bantai secara sadis oleh pasukan Waffen-ss milik nazi jerman. Dan para korban termasuk perempuan dan anak-anak. Dan hanya satu orang penduduk saja yang berhasil selamat dari serangan sadis tersebut. Berdasarkan keterangan adolf, komandan yang member perintah pembantaian, hal itu di lakukan karena adanya aksi balas dendam atas pemberontakann di tulle, yaitu daerah tetangga oradour. Perintah tersebut di abadikan dalam memorial perang duni II. Museum centre pun di didirikan di sebelahnya. Sementara pemukiman baru di bangun di dekatnya.

6. Craco, Italia

merdeka.com

Craco merupakan abad pertengahan yang berada di Basilicata, Provinsi Matera. Pada sekitar 25 kilometer dari teluk Taranto. Dulunya kota ini di huni lebih dari 2000 orang, namun craco memiliki takdir yang sial. Kota yang berada di sisi bukit ini sering kali di landa bencana. Dan pada tahun 1892 dan 1922, ada 1300 penduduk yang hijrah ke Amerika utara karena keadaan pertanian yang tidak baik.

Dan kota ini pun sering di sebut sebagai kota mati dan sering di jadikan lokasi film seperti passion of the Christ dan james bond.

7. Nagoro, Jepang

Unusualplaces.org

Sebuah desa yagn di penuhi dengan boneka seukuran manusia, dimana tempat ini di juluki lembah boneka desa. Dan apabila ada warga yang meninggal seorang penduduk desa bernama tsukimi segera membuat boneka seperti sedang melakukan aktifitas sehari-hari di desa itu.

Nah, itu tadi deretan tempat-tempat yang sudah dianggap kota mati. Semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here