7 Fakta Mengenai Senjata Nuklir

0
79
Source : https://nationalinterest.org

Nuklir adalah sebuah senjata mematikan yang bisa di terjunkan ke dalam suatu daerah sehingga menimbulkan dampak berupa kegemparan, penyakit dan bahkan kematian. Oleh karena sifat berbahaya dari nuklir tersebut, berbagai negara pun melakukan beragam cara agar penggunaannya bisa terkendali dengan baik.

Seiring berjalannya waktu, topik terkait dengan peperangan menjadi semakin ramai di perbicangkan oleh khalayak ramai. Untuk itu, kali ini kita akan melihat pembahasan singkat mengenai 7 fakta dari senjata pemusnah massal yang bernama nuklir. Nah, apa saja sih faktanya? Yuk kita simak bersama!

1. Terus di Kembangkan

Source : https://unsplash.com/@fredography

Meskipun semua negara mengetahui dengan jelas efek dari sebuah senjata nuklir dan terdapat peraturan-peraturan mengenainya, beberapa negara yang mempunyai kemampuan untuk memilikinya tetap saja mengembangkan senjata tersebut supaya menjadi lebih modern sesuai dengan kebutuhan.

Contoh, Inggris sudah memiliki rencana untuk mengembangkan kapal selam nuklirnya. Di lain tempat, Amerika Serikat pun bisa saja memilih untuk menghabiskan uang sebesar $1.000.000.000.000 demi mengembangkan seluruh fasilitas nuklirnya.

2. Memiliki Dampak Ledakan yang Dahsyat Sehingga Menghentikan Perang Dunia II

Source : https://nationalinterest.org

Kalian pasti tahu apa yang menyebabkan Jepang benar-benar berhenti bersaing di dalam Perang Dunia II. Ya, nuklir! Berkat ledakan yang terjadi di kota Nagasaki dan Hiroshima, Jepang memutuskan untuk mengundurkan diri dan kembali membangun negaranya. Hal ini pun juga menjadi selah satu penyebab berakhirnya Perang Dunia II selain masalah kekalahan Adolf Hitler.

Kedua ledakan tersebut menyisakan duka yang mendalam bagi masyarakat Jepang sampai hari ini. Mengapa? Karena sekitar puluhan hingga ratusan ribu jiwa melayang pada waktu itu.

3. Amerika Serikat Menghabiskan Dana Sekitar $25.000.000.000 Setiap Tahun untuk Senjata Nuklir

Source : https://www.economist.com

Negara adidaya yang satu ini memang meletakkan minatnya pada senjata nuklir dengan serius. Buktinya, di kutip dari Express, Amerika Serikat dapat menghabiskan dana mencapai $25.000.000.000 agar pertahanan militer mereka menjadi semakin kuat, lengkap dan akurat.

4. Terdapat 8 Negara yang Menyimpan Senjata Nuklir

Source : http://www.visualcapitalist.com

Usut punya usut, ternyata terdapat 8 negara yang menyimpan cadangan pertahanan militer berupa senjata nuklir. Negara-negara tersebut ialah Rusia, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Tiongkok, India, Pakistan dan Korea Utara. Oleh sebab itu, sebenarnya mereka memiliki posisi strategis sekaligus kontroversial bila kita sedang membicarakan tentang keseimbangan dunia.

5. Korea Utara Memicu Kontroversi Internasional Terkait dengan Penelitian dan Percobaan Nuklir

Source : https://www.nytimes.com

Di abad ke-21 ini, Korea Utara adalah sebuah negara yang terkenal misterius namun berani mengambil langkah untuk mengadakan penelitian dan uji coba nuklir di sejumlah tempat. Jelas sekali bahwa keputusan serta tindakan tersebut langsung memicu antisipasi dan pertentangan dari banyak negara khususnya Amerika Serikat.

Kenapa Amerika Serikat? Karena terdapat laporan terkait dengan senjata nuklir terbaru Korea Utara yang di kabarkan cukup besar untuk menyerang daerah tertentu di sana.

6. Membuat Pripyat Menjadi Kota Mati

Source : http://yesofcorsa.com

Sebuah kota bernama Pripyat yang kini terletak dalam wilayah Ukraina terpaksa di tinggalkan oleh seluruh penduduknya karena ledakan dari sebuah reaktor nuklir bernama Chernobyl terjadi pada tahun 1986. Ledakan tersebut menyebabkan radiasi meluas ke seluruh area Pripyat sehingga membuktikan bahwa energi nuklir memang sangat berbahaya jika di biarkan begitu saja tanpa adanya pengawasan yang ketat.

7. Merupakan Salah Satu Bom Terbesar di Dunia

Source : https://nationalinterest.org

Bom nuklir yang meledak di kota Hiroshima memiliki kekuatan setara dengan 15.000 ton bom TNT. Sedangkan untuk kota Nagasaki, mereka terpaksa menerima dampak yang paling parah karena bom yang di jatuhkan oleh pihak Amerika Serikat memiliki kekuatan setara dengan 1.200.000 ton bom TNT alias 80 kali lebih kuat daripada peristiwa Hiroshima.

Akan tetapi, di samping kedua tragedi tersebut, ternyata bom nuklir terkuat yang pernah ada dalam sejarah manusia adalah Tsar Bomba. Tsar Bomba meledak pada tahun 1961 atas perintah dari Uni Soviet dan memiliki dampak 3.333 kali lebih besar di bandingkan Nagasaki dan Hiroshima. Oalah! Itulah yang membuat nuklir pantas di nobatkan sebagai salah satu bom terbesar di dunia.

 

Demikianlah 7 fakta mengenai senjata nuklir yang bisa menambah pengetahuan kita. Semoga bermanfaat bagi kalian semua ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here