7 Fakta Mengenai Dark Web

0
90
Source : https://cointube.net

Dunia maya alias internet merupakan sebuah ruang besar yang berfungsi supaya manusia dapat berinteraksi satu sama lain. Tentunya, setiap interaksi mempunyai tujuan masing-masing. Mulai dari melakukan transaksi perdagangan, berkomunikasi, mengerjakan tugas, mencari data-data tertentu, mengunggah kisah terbaru hingga sampai kepada membaca berita terkini.

Meskipun kita semua sudah mengetahui bahwa secara garis besar internet dapat membantu kita ketika sedang beraktivitas, ternyata ada lho sisi lain dari internet yang tidak bisa di masuki begitu saja yaitu Dark Web. Oleh sebab itu, kali ini kita akan mengupas secara mendalam mengenai 7 fakta dari Dark Web berikut di bawah.

1. Sarang Bagi Para Penjahat

Awas! Berbagai penjahat kelas kakap seperti pedofil, mafia, pembunuh bayaran, psikopat, pejudi hingga pemerkosa tersebar di Dark Web. Kenapa mereka semua bisa ada di sana? Karena Dark Web merupakan salah satu tempat teraman bagi mereka untuk menjalankan aksinya dan melakukan kepentingan lain.

2. Merupakan Bagian dari Deep Web

Dark Web dan Deep Web memiliki pengertian berbeda namun tetap berada di jalur yang sama. Jika Deep Web merupakan bagian dari internet yang tidak termasuk dalam mesin pencarian biasa maka Dark Web adalah bagian dari Deep Web yang penuh dengan aktivitas kriminal.

3. Harus di Akses Melalui TOR

Kalian tidak akan pernah bisa mengakses Dark Web melalui Google. Mengapa? Karena Google tidak di rancang untuk mengakses kedalaman data yang ada di Dark Web. Oleh karena itu, meskipun sangat amat berbahaya bagi setiap orang yang ingin memasukinya, kalian dapat mengaksesnya dengan syarat minimal menggunakan mesin pencari khusus yang bersifat privat bernama TOR.

4. Memuat Informasi Lebih Banyak di Bandingkan Web Biasa

Ibarat bongkahan gunung es, mesin pencari seperti Google hanya mencakup es yang tampak biasa saja dari permukaan air. Sedangkan untuk Deep Web dan Dark Web, mereka termasuk dalam cakupan besar permukaan es yang berada di kedalaman air.

Apabila website biasa seperti Google, Yahoo dan YouTube memiliki kapasitas untuk menampung ratusan juta data, Deep Web serta Dark Web dapat memuat jumlah informasi sekitar 400 sampai 500 kali lebih besar di bandingkan website biasa tersebut.

5. Sering Menggunakan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran

Mata uang biasa jarang di gunakan sebagai alat transaksi dalam Dark Web. Mereka yang berada di dalamnya lebih memilih untuk menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran pada saat melakukan transaksi karena selain populer, Bitcoin juga membuat aliran dana semakin susah untuk di lacak oleh pihak yang berwajib.

6. Tempat Menjual Barang Ilegal

Karena Dark Web bukan tempat berjualan biasa maka barang-barang atau jasa yang di tawarkan di sana pun menjadi ikut tidak biasa. Contohnya narkoba, dokumen palsu seperti paspor, berbagai senjata termasuk senjata perang, identitas orang lain hingga pembunuh bayaran dan peretas.

7. Mendapatkan Dana dari Pemerintah Amerika Serikat

Kembali terkait dengan TOR. Seharusnya mesin pencari privat yang di luncurkan pada bulan September tahun 2002 ini membuat masyarakat menjadi lebih nyaman dalam menelusuri dunia maya. Akan tetapi, ternyata ada pedang bermata dua yang terselip dan berasal dari sebuah sistem pemerintahan negara adidaya yaitu Amerika Serikat.

Pedang bermata dua tersebut menyatakan bahwa selama ini, pemerintah Amerika secara diam-diam membiayai TOR sebelum peluncurannya berlangsung. Lebih spesifiknya agen bernama DARPA. Nah, untuk apa mereka melakukan hal itu? Ada kabar bahwa mereka melakukannya untuk mengambil data kegiatan online kalian lebih lanjut tanpa di sadari bahkan dari Dark Web sekalipun.

 

Demikianlah ketujuh fakta dari Dark Web yang bisa kita tindaklanjuti. Semoga bermanfaat. Kalau tidak berkepentingan sekali, jangan pernah masuk ke dalamnya ya guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here