6 Tragedi Nuklir Paling Mengerikan di Dunia

0
84
www.theguardian.com

Walapun hanya sebatas mengetahui, akan tetapi banyak orang sadar tentang bahaya nuklir. Begitu bahayanya, senjata ini hanya boleh di kembangkan dan dimiliki secara legal oleh lima negara seperti AS, Inggris, Rusia dan cina. Pada saat bom nuklir meluluhlantahkan Hirosima dan Nagasaki di tahu 1945, pemimpin di dunia sudah kapok dan sepakat untuk tidak menggunakan nuklir kembali.

Nuklir merupakan senjata pemusnah missal yang amat mengerikan. Maka dari itu negara-negara kecil yang terisolir seperti korea utara menggunaka nuklir dalam melakukan tindakan pengancaman. Meski berbahaya, nuklir mampu mengolah energy yang sangat di butuhkan dalam kehidupan manusia. Namun ada resiko dalam pengolahan nuklir yang sangat besar yaitu insiden atau kecelakaan nuklir membuat banyak kota yang di tinggalkan karena radiasinya. Nah, kali ini saya akan membahas insiden-insiden yang terjadi karena nuklir di dunia.

1. Fukushima Daichi Akibat Gempa Dan Tsunami Besar Di Jepang Tahun 2011

www.hongkongfp.com

Ketika di tinggalkan lebih dari 4 tahun, pemerintah jepang memberi perintah untuk mencabut evakuasi di tahun 2015. Kota Fukushima dinilai cukup aman untuk di tinggali kembali. Akan tetapi masih banyak warga yang takut pada dampaknya radiasi. Biasanya hanya kelompok manula lah yang ingin menghabiskan sisa hidupnya di kampung halamannya. Berdasarkan INES bencana nuklir di jepang merupakan bencana nuklir terparah.

2. Chernobyl Tragedi Meledaknya Reaktor Nuklir Chernobyl Di Ukraina Pada Tahun 1986

www.theguardian.com

Meledaknya reaktor nuklir Chernobyl disebut-sebut sebagai tragedi nuklir terparah dalam sejarah. Dimana tragedy ini Sudah lebih dari tiga dekade lamanya. Layaknya Fukushima, INES mengkategorikan kecelakaan nuklir Chernobyl sebagai level 7. Dari 32 orang yang terkontaminasi nuklir parah di tahun 1986, sebagian dari mereka meninggal dalam waktu 3 bulan. walaupun tidak terlihat jelas dengan mata telanjang, radiasi nuklir berbahaya bagi tubuh seseorang. Yang paling parahnya dampak dari radiasi nuklir bisa menempuh jangka panjang.

Radiasi nuklir biasanya menyerang sel tubuh dan sering membuat pertumbuhan sel yang tidak normal. Maka dari itu sering banyak orang yang terkena dampak nuklir dan akhirnya meninggal karena pertumbuhan sel ganas seperti kanker. Hal ini jugalah yang membuat jumlah korban sampai sekarang ini masih di perdebatkan. Namun konon ada yang bilang hewan liar sudah mulai terlihat, seperti di kawasan yang masih belum aman ini.

3. Kyshtym Meledaknya Limbah Nuklir Pada Tahun 1957 Di Uni Soviet

seanmunger.files.wordpress.com

Bukan hanya reactor saja, akan tetapi nuklir aktif juga berbahaya, hal ini di kaji dari peristiwa meledaknya limbah nuklir pada tahun 1957 di uni soviet yang mana sudah masuk dalam kategori INES 6. Disana pun di buat sebuah patung agar dapat mengingat tragedy kyshtym, dimana 10 orang di evakuasi dan 200 meninggal karena kanker.

4. Three Mile Island Karena Kesalahan Teknis Dan Kelalaian Manusia

tribwpmt.files.wordpress.com

Tragedi ini merupakan salah satu kesalahan manusia dan reactor nuklir pun yang berada di kota Pennsylvania AS meleleh sebagian pada tagun 1979. Sehingga mempengaruhi 140 ribu orang yang perlu di evakuasi.

5. Windscale Kebakaran Di Reaktor Nuklir Pertama Inggris Di Kota Cumberland Pada Tahun 1979

history.com

Terjadi nya kebakaran nuklir di inggris ini, membuat munculnya awan berisikan materi-materi radioaktif selama beberapa bulan. Maka dari itu sering terjadi awan yang cukup berbahaya apabila ada penghuni yang menempatinya.

6. Tokaimura Kecelakaan Nuklir Level 4 INES Terjadi Di Jepang Pada Tahun 1999 Karena Kurangnya Prosedur Keamanan

daum.net

Berbeda dengan tragedy lain yang biasanya mencakup tentang nuklir dan cukup terisolasi. Namun karena kurangnya standart keamanan dalam mengolah nuklir yang begitu radioaktif, tiga pegawai reactor terkena langsung material radioaktif tersebut. Bahkan radiasinya yang cukup besar pun pernah di alami seorang pegawai bernama hisashi, radiasi ini disebut sebagai radiasi nuklir terbesar yang di alami manusia dalam sejarah. Bahkan besarnya nuklir di gambarkan sebagai titik pusat jatuhnya bom Hiroshima.

Dimana kulit sekujur tubuhnya terkelupas dan organ internalnya hancur secara perlahan. Hal ini sempat mengundang debat etis karena tim dokter berusaha terus mempertahankan ouchi walaupun kondisinya sangat memprihatinkan. setelah 83 hari dan berkali-kali transplantasi kulit, bahkan kegagalan organ akhirnya tim dokter pun dan keluarga melepaskan ouchi. Ada beberapa orang yang menyebut sebagai kematian yang sangat buruk di dalam sejarah.

Nah itulah beberapa ringkasan mengenai bahaya nuklir, ngeri banget ya tragedi-trgedi tersebut. Dan fatalnya ternyata sisa-sisa nuklir ini masih belum tahu bagaimana cara membersihkannya. So, alangkah baiknya jika lebih berhati-hati.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here