6 Stadion yang Pernah Digunakan Sebagai Kandang Tim Besar Eropa di Masa Lalu

0
119

Pastinya football lover sudah tahu dong kalau timm tim besar eropa memiliki basis fans dalam jumlah yang sangat banyak. Contohnya nih Manchester United memiliki sekitar 345 juta pendungkung. Dan pastinya seiring berjalannya waktu jumlah fans nya pun bertambah pula. Hal itulah yang membuat tim tim tersebut membutuhkan stadion dengan kapasitas besar untuk memfasilitasi jumlah fans yang banyak. Ternyata sebelum memiliki stadiun baru, klub klub ini dulunya memiliki stadiun kecil loh. Seperti apa sih penampakan stadionnya ? berikut 6 stadion yang pernah digunakan sebagai kandang tim besar eropa di masa lalu.

1. Stadion Chamartin (Real Madrid)

Saat ini, Real Madrid memang terkenal karena memiliki Santiago Bernabeu yang memiliki kapasitas cukup besar. Namun sebelum itu, Real Madrid menempati sebuah stadion megah yang memiliki kapasitas mencapai 22.500 penonton. Nama stadion tersebut adalah stadion chamartin yang diresmikan pada tahun 1923. Real Madrid sendiri baru menggunakan stadion santiago bernabeu ini pada tahun 1953 yang memiliki kapasitas 81.044 penonton. Nama stadion Santiago Bernabeu Real Madrid sendiri berasal dari legenda Real Madrid yaitu Santiago Bernabeu. Di awal awal penggunaan Santiago Bernabeu, Real Madrid langsung berhasil menguasai eropa dengan menjuarai liga champions 5 kali berturut turut. Wow stadion kramat nih hehe…

2. Stadion Les Corts (Barcelona)

Les Corts merupakan stadion yang dijadikan Barcelona sebagai kandang sebelum mereka menjadikan stadion camp nou sebagai kandang utama. Stadion ini digunakan oleh tim catalan dari tahun 1922 dan terus digunakan hingga tahun 1957. Stadion ini sendiri telah beberapa kali mengalami renovasi demi penambahan bangku penonton. Tetapi karena kebutuhan stadion dengan kapasitas besar dan letak les corts sendiri yang berada di lokasi sempit, Barcelona pun memutuskan untuk membangun sebuah stadion baru yang saat ini dikenal dengan sebutan Camp Nou yang berkapasitas 99.354 penonton.

3. Vicente Calderon (Atletico Madrid)

Diantara semua stadion yang ada pada daftar ini, Vicente Calderon merupakan stadion yang paling baru. Di musim 2016/2017, los rojiblancos masih menjadikan stadion megah ini sebagai kandang. Keputusan untuk berpindah kandang baru dilakukan pada awal musim 2017/2018. Ketika itu, proses pembangunan Stadion wanda metropolitano telah rampung.

4. Bank Street (Manchester United)

Saat ini, Manchester United memiliki sebuah stadion megah bernama Old trafford yang mendapatkan julukan theater of dream. Sebelum menjadikan old trafford sebagai kandang pada tahun 1910, setan merah pernah menggunakan sebuah stadion bernama Bank Street sebagai kandang mereka. Tetapi ketika itu, kebutuhan akan stadion baru memang sangat mendesak mengingat bank street ini berlokasi sangat dekat dengan pabrik kimia yang memiliki banyak asap membuat pertandingan menjadi menyesakkan.

5. Maine Road (Manchester City)

Mungkin, tidak banyak yang mengetahui jika Manchester City sudah didirikan sejak tahun 1880. Walaupun ketika itu tim ini belum menggunakan nama Manchester City, bisa dibilang, the citizens merupakan klub sepakbola profesional pertama di kota Manchester. Stadion Maine Road ini sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1923 dengan kapasitas 84 ribu penonton. Saat ini stadion Maine Road telah dirobohkan dan diganti dengan stadion baru bernama Etihad Stadium.

Sebelum dirobohkan pihak City melelang seluruh kelengkapan stadion, mulai dari bangku penonton, gawang, perlengkapan ruang ganti, pintu masuk. Bahkan mereka melelang tanah yang dihargai 10 poundsterling per meternya. Hasil lelang tersebut digunakan untuk kegiatan amal yang berjumlah 400ribu poundsterling. Duh… baik banget ya…

6. Highbury Stadium (Arsenal)

Arsenal saat ini dikenal memiliki sebuah stadion super megah yang diberi nama emirates stadium dengan kapasitas penonton 59.867. Emirates stadium sendiri baru digunakan pada tahun 2006. Sebelumnya Arsenal menggunakan sebuah stadion bernama Highbury stadium dari tahun 1913 yang memiliki kapasitas hingga 38 ribu penonton. Sayang banget loh football lovers, kemegahan stadion highbury yang diberi nama “The Home of Football” ini sudah tidak dapat disaksikan lagi. Pada tahun 2006 stadion ini dihancurkan dan berubah menjadi apartemen yang diberi nama Highbury Square pada tahun 2009.

 

Duh sayang banget ya football lovers kalau liat stadion megah kayak tadi dihancurkan, mending dihabahkan ke klub Indonesia aja ya hehe… Jika kamu suka konten bola yang kayak gini like dan share nya ya football lovers, see you 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here