6 Resep Cara Ampuh Menghilangkan Kulit Kusam dan Kering Dengan Cepat

0
82
6 Resep Cara Ampuh Menghilangkan Kulit Kusam dan Kering Dengan Cepat

Hampir semua orang terkena polusi setiap hari, namun baiknya manusia memiliki pertahanan pertama yaitu lapisan dari sistem imun yang disebut permukaan kulit. Kulit memliki fungsi untuk melindungi tubuh manusia dari polusi, panas matahari, luka, dan kelembapan suhu. Selain itu, kulit juga ikut berperan penting sebagai indera peraba manusia.

Kondisi kulit penting untuk dijaga karena jika kita tidak merawat kulit dengan baik maka kulit akan memiliki kondisi yang tidak diinginkan. Resiko kulit yang tidak dirawat akan menimbukan dampak seperti keriput, kusam, kering, berjerawat, dan meninggalkan bekas noda hitam.

Masalah kulit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang dari usia muda hingga usia tua adalah masalah kulit kusam. Kulit kusam menjadikan wajah dan bagian tubuh lainnya terasa gelap tak bercahaya. Hal tersebut membuat orang tidak percaya diri. Penyebab kulit kusam bisa bermacam-macam namun biasanya karena ada penumpukan sel kulit mati dan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mengatasi kulit kusam, ada beberapa tips yang bisa dicoba.

Berikut tips – tips untuk mengatasi kulit kusam dengan cepat :

1. Mengkonsumsi buah lemon.

Seperti yang sudah diketahui, buah lemon memiliki kandungan vitamin C alami yang bermanfaat sebagai antioksidan dalam tubuh. Anda dapat mencampurkan perasan buah lemon kemudian masukan perasaan tersebut kedalam segelas air putih. Jika anda minum, dalam beberapa hari kulit akan berubah menjadi cerah kembali.

2. Hindari kebiasaan merokok.

Jika anda seorang perokok sebaiknya anda berhenti merokok. Kandungan zat di dalam rokok bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga bisa menurunkan kadar oksigen dan nutrisi untuk kulit. Sehingga kulit menjadi tampat keriput dan terlihat kusam.

3. Makan kacang kedelai setiap hari.

Memakan kacang kedelai secara teratur dapat membuat kadar protein terjaga. Protein merupakan bahan kolagen (zat yang berfungsi untuk memilihara kesehatan kulit). Menurut penelitian, jika anda memakan kacang kedelai sebanyak 160 miligram perhari anda dapat terhindar dari kulit kusam. Anda tidak harus mengkonsumsi kacang kedelai dengan kondisi mentah, karena banyak olahan kacang kedelai yang bisa di masak dengan lezat seperti : tempe, tahu, dan oncom.

4. Memakai sunscreen dan sunblock dengan kandungan UV A dan UV B.

Kulit kusam juga bisa diakibatkan oleh paparan sinar matahari pada kulit yang tidak terlindungi oleh UV A dan UV B. Hal yang bisa dilakukan adalah mengoleskan tabir surya SPF 30 atau lebih walaupun hari sedang mendung/hujan. Selain itu batasi aktivitas outdoor pada jam 10.00 – 14.00. Jika terpaksa beraktivitas diluar pada jam tersebut, jangan lupa oleskan tabir surya dan oleskan ulang tiap dua jam sekali.

5. Tidur nyenyak yang cukup dan teratur.

Sekresi alami dari hormon pertumbuhan akan mendorong pergantian sel-sel tubuh dan produksi kolagen. Hal tersebut didapat jika tidur nyenyak dengan waktu yang cukup dan teratur. Kurang tidur akan menghambat proses tersebut sehingga wajah akan nampak kusam dan keriput. Untuk memaksimalkan mendapatkan wajah yang cerah setelah bangun pagi, and dapat tidur dengan posisi terlentang dibandingkan tidur dengan posisi tengkurap.

6. Merawat kulit dengan masker kulit dengan madu secara rutin.

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan merawat permukaan kulit. Madu memiliki kandungan anti oksidan, antiseptik dan pencerah sehingga madu bisa mengatasi kulit wajah yang kusam. Cara membuat masker madu yaitu : campurkan madu asli dan bubuk kayu manis secukupnya lalu oleskan pada kulit yang kusam sebelum tidur. Bilas kulit dengan sabun setelah tidur dan lihat perubahannya. Kulit anda akan menjadi cerah kembali seperti sedia kala.

Kulit yang cerah merupakan hal yang diinginkan oleh setiap orang. Jika dapat melakukan tips diatas secara rutin dan telaten, anda akan mendapatkan kulit cerah dan sehat. Untuk memiliki kulit yang bebas dari resiko kulit kusam, anda juga harus makan makanan yang mengandung zat gizi yang baik bagi tubuh dan jangan lupa berolahraga. Bye-bye kulit kusam!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here