6 Kecelakaan Terbesar dalam Sejarah Sepak Bola

0
129

Sepak bola kadang membuat orang berduka karena kisah sedih yang terjadi di dalamnya. Beberapa kecelakaan besar pernah terjadi dalam olahraga ini. Daftar di bawah ini disusun agar kita selalu berhati-hati dan mengingat masa lalu, guna membangun masa depan yang lebih baik…

Munich Air Disaster

Kecelakaan ini terjadi pada 6 Februari 1958 di bandara Munich. Pesawat British Eurepean 609 yang mengangkut skuad Manchester United sepulang dari laga Liga Champions di Eropa Timur mengalami kecelakaan pada usaha ketiga mengudara karena cuaca buruk. Dari 44 penumpang, 23 penumpang tewas, termasuk delapan pemain utama United waktu itu. Pelatih Sir Matt Busby dan legenda Sir Bobby Charlton termasuk yang selamat dari bencana ini.

Heysel Disaster

Tragedi ini terjadi pada 29 Mei 1985 di Stadion Heysel, Brussel, Belgia. Hendak memanggungkan laga akbar final Liga Champions 1985, stadion Heysel mengalami kolaps saat kedua pendukung kesebelasan terlibat kericuhan. Fans Liverpool melempari pendukung Juventus yang sedang pindah ke tribun lainnya. Total 39 suporter meninggal dunia setelah pagar pembatas roboh karena penuh sesak oleh orang-orang yang panik.

Kebakaran Bradford

Dalam laga yang seharusnya menjadi momen perayaan Bradford City menjuarai Divisi Tiga, semuanya berubah menjadi mimpi buruk karena sulutan api rokok. Tribun utama berusia 77 tahun yang terbuat dari kayu terbakar menjelang jeda babak dan membuat para penonton berlarian ke lapangan. 56 orang tewas, dan 450 lainnya terluka dalam kejadian pada 11 Mei 1985 ini.

Tragedi Hillsborough

Tragedi yang mencoreng sepak bola Inggris dan mengubah wajah stadion Inggris di era setelahnya. Laga semifinal Piala FA 1988/99 di Stadion Hillsborough terpaksa dibatalkan akibat kerusuhan di dua tribun stadion tersebut. Lemahnya pengaturan keamanan oleh polisi berakibat suporter terus masuk meski stadion sudah penuh. 96 orang tewas akibat kejadian ini.

Bencana Stadion Utama Lima

Marah akibat gol yang dianulir saat Peru menjamu Argentina dalam laga kualifikasi Olimpiade Tokyo 1964, massa suporter Peru memutuskan menginvasi lapangan. Polisi menembakkan gas air mata ke kerumunan, kepanikan pun menjalar, banyak orang yang mencoba memaksa ke luar stadion. 328 orang kehilangan nyawa dalam tragedi yang terjadi pada 24 Mei 1964 ini.

Chapecoense 2016

Chapecoense dijadwalkan bermain di Medellin untuk menghadapi Atletico Nacional di final Copa Sudamericana. Nahas, pesawat sewaan yang ditumpangi pemain-pemain Chapecoense kecelakaan di dekat Medellin, Kolombia, mengakibatkan 76 orang tewas, hanya lima orang yang selamat. Sebagai penghormatan, gelar Copa Sudamericana diberikan kepada Chapecoense.

Di luar kecelakaan besar seperti di atas, masih kejadian yang memaksa merenggut nyawa orang, seperti kerusuhan suporter. Tugas kita adalah memastikan tak akan ada lagi nyawa seseorang yang terenggut karena sepak bola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here