5 Profesi Lumrah di Indonesia yang Ternyata Tak Ada di Luar Negeri

0
121
soruce: http://foto.metrotvnews.com/view/2014/03/05/215944/depok-kota-layak-anak

Indonesia memiliki banyak hal unik, di dunia negara kita memang dikenal akan makanan dan kesenian khasnya. Namun keunikan lain ternyata muncul dari lini pekerjaan pasalnya banyak sekali profesi yang muncul dari kondisi ekonomi, budaya, bahkan kebiasaan masyarakat setempat. Otomatis profesi seperti ini hanya bisa ditemukan di Indonesia kalau kamu mengubek negara lain dijamin tidak akan menemukanya.

Apa saja profesi unik tersebut? Ini dia beberapa diantaranya yang tentu menarik untuk diketahui:

1. Tukang permak jeans yang berkeliling,
Karena stress mendadak misal ditinggal mantan selingkuh tanpa sadar bobot pun berkurang, celana jeans kesayangan yang tadinya pas kini mulai mlorot. Tak perlu pusing masalah berat badan tunggu saja tukang permak jeans keliling lewat depan rumah. kamu bisa mendapatkan celana jeans kesayangan kembali pas seperti sedia kala.

Rupanya profesi tukang permak jeans ini hanya bisa ditemukan di Indonesia dan melayani urusan mengecilkan, memotong, bahkan memperbesar celana jeans. Segala pakaian yang terbuat dari bahan denim bisa dipermak disini dan tukang jahitnya beroperasi secara keliling. Meskipun ada beberapa tukang permak jeans yang mangkal di dalam kios namun kamu perlu datang langsung ke lokasinya.

2. Jasa tukang parkir,
Baru pertama kali membeli mobil dan masih gagap untuk urusan parkir memang menjadi pengalaman yang dirasakan semua orang. Awalnya kamu akan grogi karena memang lahan parkir di Indonesia ini cepat sekali menyempit saking banyaknya kendaraan yang nimbrung di dalamnya. Untungnya masalah ini terselesaikan berkat jasa tukang parkir yang tersebar dimana-mana sehingga membantu kamu parkir dengan mulus.

Meski profesi tukang parkir ini berjasa banget, yakni membantu merapikan area parkir, mencegah oknum parkir sembarangan, dan juga membantu pengendara menyeberang jalan. Ternyata profesi ini hanya bisa kamu jumpai di Indonesia, kira-kira kenapa ya? Kemungkinan karena pemilik kendaraan seperti mobil di luar negeri lebih sedikit sehingga areanya super luas dan tak ada tantangan berarti untuk parkir bahkan bagi amatir sekalipun.

3. Layanan ojek payung,
Indonesia memiliki masyarakat yang kreatif bahkan sebuah payung pun bisa dijadikan media untuk menambang Rupiah. Dikatakan demikian karena ketika menyambangi kawasan pusat perbelanjaan atau mungkin fasilitas publik lainya kamu menjumpai ojek payung. Indonesia yang punya iklim tropis membuatnya punya dua musim yakni kemarau dan musim hujan.

Saat musim hujan tiba tentu turunya hujan tidak bisa diprediksi, mau keluar dari mall ternyata mobil diparkir lumayan jauh dan hujan sedang deras-derasnya. Tak usah galau cukup panggil ojek payung yang mayoritas disediakan anak-anak dan dengan biaya murah kamu tak basah sampai di lokasi parkir. Rupanya profesi unik ini juga hanya ada di Indonesia maka patut disyukuri karena lupa membawa payung bukan lagi bencana.

4. Jasa tambal ban,
Masalah ban kempes, bocor, dan sebagainya bisa terselesaikan dengan mudah karena jasa tukang tambal ban bertebaran dimana-mana. Bisa diartikan pemilik profesi ini memang menjadi penolong di kala mendapat musibah ban mendadak kempes. Biasanya selain menawarkan jasa penambalan ban yang bocor tukang tambal ban juga melayani pengisian gas atau udara untuk ban. Menariknya profesi ini tidak akan dijumpai saat berkunjung ke luar negeri, sehingga menjadi fakta yang cukup menarik mengingat jasanya luar biasa.

5. Layanan penukaran uang,
Menjelang hari raya khususnya Idul Fitri kamu bisa dengan mudah menjumpai layanan tukar uang di jalan-jalan. Menukar uang pecahan besar ke recehan entah Rp 2000-an, Rp 5000-an, dan seterusnya akan menjadi kebutuhan menjelang hari raya. Maka uang THR yang diterima biasanya sudah dibagi-bagi dan salah satunya untuk memberi angpao bagi ponakan-ponakan sehingga perlu ditukar dulu.

Tak perlu jauh-jauh pergi ke bank dan menukar dalam jumlah besar karena banyak tukang tukar uang di jalan bisa disambangi. Anda bahkan bisa menukar uang hanya Rp 100ribu untuk ditukar ke dalam pecahan Rp 2000-an. Padahal jika ke bank minimal untuk pecahan Rp 2000-an biasanya wajib minimal Rp 500ribu – 1jutaan. Rupanya profesi ini juga tidak dijumpai di luar negeri sebab untuk menukar uang masyarakat harus datang langsung ke lokasi money changer.

Itu dia lima profesi unik yang memang hanya bisa ditemui di negara sendiri, maka Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Banyak orang sekitar yang sangat kreatif sehingga apa yang tadinya dianggap biasa dan tidak bisa menghasilkan uang menjadi sumber rezeki menguntungkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here