5 Perang Terbesar Umat Islam Dalam Sejarah

1
542

Peperangan yang terjadi selama penyebaran agama islam terjadi karena kesombongan kaum kafir yang selalu ingin menghancurkan kaum muslimin. Inilah 5 Perang Terbesar Umat Islam Dalam Sejarah, perang ini terjadi selama penyebaran agama islam.

  1. Perang Badar

Perang Badar terjadi pada tanggal 17 Maret 624 SM atau 17 Ramadhan 2 Hijriyah, yaitu perang antara kaum muslimin dengan jumlah 313 orang melawan kaum Quraisy dari Mekkah dengan jumlah 1.000 orang. Pasukan kaum muslimin berhasil memukul mundur pasukan kaum kafir Quraisy. Kaum Quraisy pada saat itu terkenal kuat dan kaya di Jazirah Arab, tetapi berhasil di kalahkan oleh kaum muslimin atas izin Allah SWT.
Semangat juang kaum muslimin untuk mempertahankan agamanya memang sangat kuat, sehingga kemenangannya pun membuat suku-suku lain di Jazirah Arab mengakui kekuatan Islam. Dari sinilah mulai banyak orang-orang dari suku Arab memeluk islam dan membangun kerja sama dengan kaum muslimin di Madinah.

2. Perang Uhud

Perang ini terjadi pada tanggal 22 Maret 625 M atau 7 Syawal 3 Hijriyah, setahun setelah Perang Badar terjadi. Kaum muslimin yang di pimpin langsung oleh Rasulullah hanya berjumlah 700 orang sementara kekuatan musuh kaum kafir yang di pimpin Abu Sufyan berjumlah 3.000 orang. Perang ini terjadi di dekat bukit Uhud, sehingga disebut sebagai Perang Uhud. Kaum muslimin berhasil memukul mundur pasukan lawan, namun pasukan tergiur akan harta rampasan perang. Pada saat kaum muslimin sibuk mengambil rampasan perang, tiba-tiba pasukan kaum kafir kembali dan memukulmundur pasukan muslimin. Atas izin Allah SWT pasukan muslimin tetap dapat memenangkan peperangan ini.

3. Perang Mu’tah

Perang ini terjadi pada tahun 629 Masehi, 5 Jumadil AwAL, 8 Hijriyah. Pada saat perang ini, kaum muslimin berperang melawan Kekaisaran Romawi di dekat kampung yang bernama Mu’tah yang terletak di sebelah timur Sungai Yordan dan Al Karak. Perang ini merupakan perang awal dalam penaklukkan kaum Nasrani. Perang ini terjadi karena utusan Rasulullah, Al-Harits bin Umair yang ditugaskan untuk menyampaikan surat kepada pimpinan Bashra ditangkap kemudian dipenggal oleh Syurahbil bin Amr yang merupakan gubernur di wilayah Balqa, Syam. Kaum muslimin mengerahkan sekitar 3.000 orang prajurit dan Kekaisaran Romawi mengerahkan pasukan sekitar 100.000 prajurit. Kekaisaran Romawi juga memperoleh bantuan dari pasukan lainnya yakni Lakhm, Balqin, Bahra dan Judzam dengan total sekitar 100.000 prajurit, sehingga kekuatan musuh menjadi 200.000 prajurit.

4. Perang Khandaq

Perang Khandaq terjadi antara kaum muslimin dengan kaum kafir Quraisy. Kaum kafir Quraisy dan Bani Nadir mengepung Madinah pada tanggal 31 Maret, 627 Hijriyah dan berlangsung selama 27 hari. Sekitar 20 pimpinan Bani Nadhir mendatangi Mekkah dan mengajak beberapa kaum dan kabilah-kabilah Arab untuk bergabung memerangi kaum muslimin. Gabungan pasukan mereka disebut pasukan Ahzab yang berjumlah sekitar 10.000 prajurit. Karena akan menghadapi kekuatan pasukan musuh yang banyak, maka Salman Al-Farisi dari kaum muslimin menggali parit untuk menghalangi pasukan Ahzab masuk ke Madinah.

5. Perang Tabuk

Perang Tabuk ini merupakan lanjutan dari Perang Mu’tah pada tahun 630 Masehi atau 9 Hijriyah. Kekaisaran Romawi dan Raja Ghassan mengerahkan sekitar 40.000 prajurit untuk menyerang kaum muslimin. Meskipun kaum muslimin sedang dilanda kelaparan dan kemarau yang panjang, tidak mematahkan semangat juang Rasulullah dan kaum muslimin lainnya. Rasulullah pun berhasil mengumpulkan sekitar 30.000 orang untuk di kirim ke Tabuk. Tetapi tidak terjadi peperangan di Tabuk ini, karena saat kaum muslimin sampai di Tabuk, mereka tidak melihat adanya pasukan dari Bizantium. Saat Rasulullah akan meninggalkan Tabuk, rombongan kaum muslimin di datangi oleh pendeta-pendeta Kristen di Lembah Sinai. Setelah rasulullah berdiskusi dengan para pendeta tersebut, terjadilah perjanjian seperti Piagam Madinah yang berisi perdamaian anatar umat Islam dan Kristen di daerah itu.

Nah itulah tadi 5 Perang Terbesar Umat Islam Dalam Sejarah semoga menjadi pelajaran dan bisa mendekatkan kita kepada Allah SWT Aamiin…

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here